Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, October 5, 2018

15 Fatwa Seni Rupa, Ciri, Pola Gambar, Dan Tokohnya

Dalam dunia seni musik kita sanggup menemukan bermacam-macam jenis anutan musik yang mirip dangdut, pop, jazz, keroncong, rock, dan lain sebagainya. Begitupun dengan seni tari, seni arsitektur, dan ragam seni lainnya. Namun, bagaimana dengan seni rupa? Apakah seni rupa juga terbagi atas beberapa anutan tertentu? Apa saja aliran seni rupa tersebut dan bagaimana contohnya? Untuk lebih mengetahui seputar hal ini, silakan simak pembahasan berikut ini!

Aliran Seni Rupa

Ternyata, seni rupa telah berkembang semenjak usang dan telah melahirkan bermacam-macam anutan yang semuanya mempunyai kekhasannya masing-masing.  Ada anutan naturalisme, realisme, romantisme, impresionisme, dan lain sebagainya.

1. Aliran Naturalisme

Naturalisme ialah anutan seni rupa yang berusaha melukiskan sebuah objek yang sama persis dengan keadaan alam. Ciri anutan seni yang satu ini ialah wujudnya yang sama persis dengan sesuatu yang dilihat oleh mata kita. Proporsi, perspektif, keseimbangan, pewarnaan, dan prinsip-prinsip seni rupa lainnya tergambar dengan sempurna sesuai pemandangan sebenarnya. Beberapa tokoh seni rupa yang mengikuti anutan ini antara lain Basuki Abdullah, Gambir Anom, Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, William Hogart, dan Frans Hall.

Dalam dunia seni musik kita sanggup menemukan bermacam-macam jenis anutan musik yang mirip dangdut 15 Aliran Seni Rupa, Ciri, Contoh Gambar, dan Tokohnya

2. Aliran Realisme

Realisme ialah anutan seni rupa yang menggambarkan keadaan faktual yang benar-benar ada. Ciri anutan seni yang satu ini ialah lebih ditekankannya suasana dibanding objek dari kenyataan tersebut. Beberapa seniman atau tokoh yang menentukan anutan seni ini antara lain Fransisco de Goya, Gustove Corbert, dan Honore Daumier.


3. Romantisme

Romantisme ialah anutan seni rupa yang lebih menampilkan nilai-nilai fantastis, indah, irasional, dan absurd. Umumnya menceritakan kisah-kisah romantis atau dramatis. Beberapa ciri karya seni yang menganut anutan romantisme antara lain permainan warna yang lebih meriah, objek lebih sedikit, adanya objek laki-laki gagah atau perempuan yang lembut. Tokoh atau seniman yang menganut anutan ini antara lain Raden Saleh, Theobore, dan Gerriwult.

4. Ekspresionisme

Ekspresionisme ialah aliran seni rupa yang lebih mengutamakan curahan batin pembuatnya secara bebas, baik dari dalam batin, imajinasi maupun perasaannya. Objek-objek yang dilukiskan dalam anutan ini biasanya mempunyai nuansa kekerasan, kengerian, kemiskinan, kesedihan, dan tingkah manusia. Adapun beberapa tokoh yang menganut anutan ini antara lain Popo Iskandar, Paul Gaugiuin, Vincent Van Gogh, Ernast Ludwig, Emile Nolde, Karl Schmidt, JJ. Kandinsky, Affandi, Zaini dan Paul Klee.

5. Impresionisme

Impresionisme ialah aliran seni rupa yang lebih mengutamakan kesan selintas pada suatu obyek yang ditunjukan atau dilukiskan. Ciri anutan seni rupa ini yang paling menonjol ialah objek yang digambarkan tidak mendetik atau agak kabur. Beberapa seniman yang menganut anutan impreionisme antara lain Casmile Pissaro, Claude Monet, Aguste Renoir, SIsley, Kusnadi, Solichin, Edward Degas, Mary Cassat, dan Afandi.

6. Kubisme

Kubisme ialah aliran seni rupa yang cenderung menandakan perjuangan abstraksi objek ke dalam bentuk geometri tertentu untuk mendapat sensasi dan nilai seni. Corak yang menjadi ciri utama anutan ini ialah adanya citra yang bentuknya ibarat bidang-bidang mirip segiempat, segitiga, silinder, lingkaran, bola, kubus, kerucut, dan kotak-kotak. Tokoh-tokoh yang menentukan anutan musik ini contohnya Pablo Picasso, Gezanne, Metzinger, Albert Glazes, Braque, Fernand Leger, Francis Picabia, Robert Delaunay, dan Juan Gris.

Dalam dunia seni musik kita sanggup menemukan bermacam-macam jenis anutan musik yang mirip dangdut 15 Aliran Seni Rupa, Ciri, Contoh Gambar, dan Tokohnya

7. Fauvisme

Fauvisme ialah sebuah anutan seni rupa yang muncul sekitar era XX Masehi. Pelukis-pelukis muda yang lahir di masa itu menghasilkan karya dengan ciri warna yang liar, beberapa tokoh dalam anutan ini antara lain Andre Dirrain, Henry Matisse, Rauol Dufi, Maurice de Vlamink, dan Kess Van Dongen.

8. Dadaisme

Dadaisme ialah anutan seni rupa yang justru dianggap antiseni dan antiperasaan alasannya lebih merefleksi kekerasan dan kekasaran. Prinsip seni rupa dan ciri-ciri karya yang memakai anutan ini antara lain tergambarnya sifat dan abjad gila dari suatu objek contohnya lukisan Ratu Monalisa yang diberi kumis, WC gila diberi judul dan dipamerkan. Adapun beberapa tokoh yang memakai anutan seni rupa satu ini diantaranya Max Ernst, Juan Gross, Marcel Duchamp, Hans Arp, dan Picabia.

9. Futurisme

Futurisme ialah anutan seni rupa yang menggambarkan keindahan dan menjadi anutan pendobrak Kubisme yang dibilang statis. Objek dalam anutan ini mempunyai ciri yang cenderung lebih mengabadikan gerak, contohnya lukisan kucing yang berkaki > 4. Adapun beberapa tokoh seni dunia yang memakai anutan ini contohnya Severini, Boccioni, Umberto, Carlo Cara, Gioccomo Ballad, dan Ruigi Russalo.

10. Surealisme

Surealisme ialah anutan seni rupa yang ditujukan untuk menggambarkan objek yang sering dijumpai dalam mimpi. Ciri objek dalam anutan ini ialah keganjilan dan kontrol di bawah sadar dari bentuk objek tersebut. Beberapa tokoh dalam anutan ini antara lain Salvador Dali darl Andre Masson. Joan Miro, Sudiardjo, dan Amang Rahman.

Dalam dunia seni musik kita sanggup menemukan bermacam-macam jenis anutan musik yang mirip dangdut 15 Aliran Seni Rupa, Ciri, Contoh Gambar, dan Tokohnya

11. Konstruktivisme

Aliran konstruktivisme lahir pertama kali di Rusia tahun 1915. Beberapa tokoh yang berperan dalam anutan seni rupa satu ini ialah Laszlo Moholy-nagy, Victor Pasmore, Liubov Popova, Oskar Schlemmer, dan Naum Gabo.

12. Post Modern atau Kontemporer

Post modern ialah anutan seni rupa yang tidak terikat oleh pakem dan berkembang sesuai zaman. Aliran ini merefleksikan situasi dan waktu secara tematik. Adapun beberapa ciri objek yang ditunjukan dalam anutan ini antara lain dinamis, mengutamakan kebebasan ekspresi, dan mencolok. Beberapa tokoh seni rupa Indonesia yang memakai anutan ini antara lain Sprinka, Jim Nyoman Nuarta, Supankat, dan Angelina P.

13. Popular Art atau Pop Art

Popular art ialah anutan seni yang muncul akhir kejenuhan pada seni tanpa objek. Aliran ini mengingatkan kita pada keadaan lingkungan sekitar yang telah usang dilupakan. Objek dalam lukisan yang menampilkan anutan ini umumnya menampilkan sindiran, karikatur, atau humor. Beberapa tokoh yang dalam anutan pop art antara lain George Segal, Tom Wasselman, Claes Oldenburg, Yoseph Benys, dan Cristo.

Dalam dunia seni musik kita sanggup menemukan bermacam-macam jenis anutan musik yang mirip dangdut 15 Aliran Seni Rupa, Ciri, Contoh Gambar, dan Tokohnya

14. Abstraksionisme

Abstraksionime ialah anutan seni rupa yang berkembang untuk melepaskan diri dari asosiasis atau sensasi-sensasi figuratif suatu obyek. Ada 2 jenis anutan abstaksionisme, yaitu anutan abnormal kubistis yang mengungkapkan bentuk geometri murni, dan anutan abnormal nonfiguratif yang mengungkapkan perasaan melalui garis dan warna. Tokoh anutan ini antara lain Wassily kadinsky dan Naum Goba.

15. Neo-Klasik

Neo klasik ialah anutan seni rupa yang muncul sehabis pecahnya revolusi Perancis. Objek dalam anutan ini bersifat rasional, obyektif, dan klasik. Adapun beberapa ciri-ciri lainnya antara lain objek lukisan terikat pada norma intelektual akademis, bentuknya selalu seimbang, Batasan-batasan warna higienis dan statis, hiperbolis, raut wajah hening dan terkesan agung, serta mengandung dongeng lingkungan istana. Adapun tokoh dalam anutan Neo-Klasik ini ialah Jean August Dominique Ingres.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai 15 anutan seni rupa beserta sekilas pembahasan, ciri-ciri, dan tokoh-tokoh yang berkecimpung di dalamnya. Perlu diingat bahwa meskipun masing-masing anutan mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, namun semuanya tetap sama-sama mengandung unsur-unsur seni rupa sebagai pakem nilai estetika yang dimilikinya. Semoga sanggup bermanfaat dalam menuntaskan kiprah sekolah adik-adik semua. Kami mohon artikel ini di share melalui jejaring sosial di bawah kalau Anda merasa terbantu. Terimakasih.

Sumber Gambar : MasterBama

Previous
Next Post »

Post a Comment