Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, May 25, 2013

Makna Mitos Dalam Kekuasaan Raja-Raja Mataram Islam

Makna Mitos dalam Kekuasaan Raja-Raja Mataram Islam*



Oleh Machrus**

Pendahuluan
Beberapa waktu yang kemudian ketika ada gejala gunung Merapi akan meletus pemerintah tempat setempat menginstruksikan warganya yang berada di sekitar lereng gunung Merapi untuk mengungsi di tempat-tempat yang dianggap aman. Instruksi tersebut dimaksudkan biar warga yang berada di sekitar tempat itu terhindar dari tragedi letusan gunung.

Tentu saja pemerintah tempat setempat dalam menginstruksikan penyelamatan warganya dengan pertimbangan yang rasional yaitu biar tidak ada korban jiwa. Hal ini mengingat letusan-letusan sebelumnya, contohnya yang terjadi pada tanggal 22 November 1994, telah menimbulkan guguran lava pijar, sumbatan gas beracun di dalam bumi, banjir lahar, erosi, dan ciri khas berupa awan panas (Nuess ardente) telah menimbulkan kerugian tidak saja harta benda tetapi juga jiwa insan yang tidak ternilai harganya. Atas arahan tersebut, warga diliputi perasaan galau antara mengikuti arahan atau tetap tinggal di rumah. Warga khawatir harta benda mereka akan dijarah apabila mengungsi, meski karenanya mereka dengan terpaksa mengungsi demi keselamatan jiwa mereka sambil membawa harta benda apa saja yang bisa dibawa termasuk hewan ternak.

Berbeda halnya dengan sosok fenomenal, Mbah Marijan yang menentukan tetap tinggal di rumahnya di dusun Kinahrejo desa Umbulharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman. Tempat tinggal Mbah Marijan tersebut merupakan tempat yang oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian termasuk kategori tempat terlarang. Ia ialah juru kunci gunung Merapi yang sering diminta nasehatnya baik oleh masyarakat Merapi maupun pejabat pemerintah. Ia mendapat gelar dari keraton Yogyakarta, Mas Ngabehi Sureksohargo. Seakan merasa bertanggung jawab atas kiprah yang diberikan oleh raja Yogyakarta untuk “menjaga” gunung Merapi, Mbah Marijan tetap tidak mau maninggalkan tempatnya. Ia mau mengungsi meninggalkan tempat tinggalnya jikalau yang memerintah raja Yogyakarta sendiri. Seperti halnya yang terjadi pada tanggal 17 Januari 1997 dikala gunung Merapi meletus Mbah Marijan dan para abdi dalem Keraton Yogyakarta tetap melaksanakan upacara Labuhan. Ia dan para abdi dalem seolah tidak memperdulikan nasib diri mereka sendiri. Mereka secara totalitas patuh tunduk kepada perintah sang Sultan. Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa mereka sedemikian tunduk dan patuh kepada sang Sultan hingga ia tidak menghiraukan nasibnya sendiri?

Keberadaan keraton Yogyakarta banyak diselimuti oleh mitos. Bagi masyarakat Jawa yang tinggal di sekitar lereng gunung Merapi mengenal tiga simbol kekuasaan, yaitu gunung Merapi (api), keraton Mataram (udara), dan Laut Selatan (air). Gunung Merapi melambangkan kekuasaan, Laut Selatan melambangkan kerakyatan, dan keraton Yogyakarta melambangkan keseimbangan. Ketiga simbol kekuasaan jawa tersebut dihubungkan oleh kali Opak. Bagi kehidupan keraton Mataram dan kesultanan Yogyakarta, kali Opak mempunyai arti penting, lantaran keraton Yogyakarta keberadaannya tidak bisa dipisahkan dengan bahari Selatan. Antara gunung Merapi dan bahari Selatan dihubungkan oleh kali Opak. Sudah menjadi mitos umum bahwa raja-raja Mataram semenjak zaman Senopati, pendiri kerajaan Mataram, mempunyai kekerabatan khusus dengan penguasa bahari Selatan, yaitu Kanjeng Ratu Kidul. Kanjeng Ratu Kidul merupakan permaisuri khusus Senopati. Sang Ratu berjanji akan selalu melindungi Senopati dan keturunannya. Jika Kanjeng Ratu Kidul ialah penguasa lautan dan Senopati ialah penguasa daratan di Mataram, maka gunung Merapi ialah lambang menonjol bagi kekuatan di Mataram. Senopati dianggap sakti lantaran mempunyai kekerabatan khusus dengan gunung Merapi.

Artikel ini akan membahas kekerabatan antara mitos dan kekuasaan di seputar keraton Yogyakarta. Di sini tidak akan dibahas mengenai benar dan tidaknya mitos tersebut, lantaran mitos itu sendiri merupakan sesuatu yang misteri. Pembahasan akan difokuskan pada bagaimana memaknai mitos tersebut. Kepercayaan perihal Mitos Bagi penganut fatwa positivisme, kepercayaan terhadap mitos mungkin dianggap sebagai sesuatu yang mengada-ada, lantaran mitos bukan sesuatu yang “positif”; tidak bisa diamati dan diukur. Demikian pula bagi masyarakat yang tidak merasa “terlibat” suatu mitos yang dipercayai oleh masyarakat lain akan mengatakan, bahwa mitos itu tidak benar. Tetapi masalahnya bukan benar dan salah melainkan bahwa mitos itu riil ada di masyarakat. Dengan kata lain mitos ialah suatu realitas.

Mitos ialah sesuatu yang universal, artinya masyarakat di manapun di dunia ini mengenal mitos meskipun ada yang mengalami penurunan (demitologi) terutama bersamaan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Dalam masyarakat yang sudah maju pun masih mempercayai adanya mitos. Di Barat ada mitos bahwa angka 13 merupakan angka sial. Masih banyak dijumpai hotel-hotel atau apartemen bertingkat yang menghindari angka 13 yang seharusnya memperlihatkan tingkat tiga belas. Namun mitos hanya “mengikat” bagi masyarakat yang mempercayainya. Bagi suatu masyarakat yang tidak mempunyai kekerabatan kepercayaan terhadap mitos masyarakat lain terperinci mitos itu tidak berarti sama sekali. Mitos muncul berkaitan dengan keterlibatan masyarakat yang bersangkutan. Bagi bangsa Timur misalnya, angka 13 tidak mempunyai makna tertentu. Bagi bangsa Timur dan mungkin bangsa-bangsa lain, yang tidak terlibat dengan mitologi angka 13, angka 13 tidak mempunyai makna tertentu kecuali ia ialah urutan angka sesudah 12 dan sebelum 14.

Masyarakat Jepang yang sudah sedemikian maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masih mempercayai mitos. Sampai dikala ini masyarakat Jepang masih mempercayai bahwa para kaisar Jepang merupakan titisan yang kuasa Matahari Amaterasu Omikami. Barangkali perlakuan masyarakat Jepang terhadap kaisar yang ada kini tidak mirip pada 60 tahun yang kemudian yang disembah sebagai titisan dewa, tetapi mitos mengenai kaisar sebagai titisan yang kuasa masih dipegangi. Sebagian masyarakat Jawa khususnya Daerah spesial Yogyakarta dan sekitarnya mempercayai bahwa bahari Selatan (Segoro Kidul), bahari di sebelah selatan pulau Jawa, ada “penguasa halus” yang dikenal dengan Kanjeng Ratu Kidul. Sering insiden yang terjadi di bahari tersebut dikaitkan dengan keberadaan Kanjeng Ratu Kidul. Peristiwa terseretnya orang-orang yang ada di pantai oleh ombak bahari Selatan hingga meninggal dipercaya bahwa sang penguasa minta korban. Masyarakat tempat tersebut tidak melihat insiden itu sebagai tragedi alam yang juga bisa terjadi di pantai mana saja. Bagi masyarakat lain yang tidak mempercayai adanya mitos penguasa bahari Selatan akan melihat insiden itu sebagai kecelakaan biasa yang mungkin diakibatkan keteledoran orang-orang tersebut atau insiden alam yang kebetulan kecepatan anginnya sangat kencang sehingga menjadikan ombak bergelora dengan dahsyat.

Mitos merupakan dongeng keagamaan atau dongeng rakyat yang sakral (sacred folk tales) yang mengisahkan perihal asal-usul insiden bumi, dewa-dewa, orang atau masyarakat tertentu dan sebagainya. Kadang-kadang dongeng tersebut yang mempunyai arti penting dalam masyarakat yang belum mengenal baca tulis, merupakan belahan dari tradisi verbal (oral tradition) yang diaktualisasikan dalam bentuk ritual. Mircea Eliade mengatakan, bahwa mitos berkaitan dengan sebuah dongeng sakral yaitu insiden primordial yang terjadi pada dikala permulaan waktu. Namun menghubungkan dengan sebuah dongeng yang sakral sama dengan mengungkapkan sebuah misteri. Pribadi-ribadi yang ada dalam mitos bukanlah insan tetapi para yang kuasa atau para hero dalam budaya.

Oleh lantaran itu keberadaannya diliputi misteri. Manusia tidak sanggup mengetahui sikap mereka jikalau mereka tidak menampakkannya kepada manusia. Seperti kata Wisnu Minsarwati, bahwa mitos bukanlah merupakan pemikiran intelektual dan bukan pula hasil logika, namun merupakan pandangan mental dan spiritual untuk berafiliasi dengan sesuatu yang supranatural. Bagi suatu masyarakat yang mempercayai suatu mitos, mitos berarti suatu dongeng yang benar dan dongeng yang benar itu menjadi milik mereka yang paling berharga. Ia merupakan sesuatu yang sakral dan bermakna, sehingga menjadi pola model bagi tindakan manusia, memperlihatkan makna dan nilai pada kehidupan ini.

Sudah usang mitologi menjadi materi kajian para antropolog. Paling tidak ada empat alasan bagi mereka dalam mengkaji perihal mitos, yaitu:

  1. Sebagai sebuah sumber dari data quasi-sejarah mengenai suatu masyarakat yang tidak mempunyai catatan tertulis.
  2. Sebagai sebuah petunjuk tertentu mengenai nilai sentral dari suatu masyarakat.
  3. Sebagai sebuah ungkapan simbolik metaforikal dari jiwa perennial dan tekanan sosial mirip Oedipus.
  4. Sebagai pengungkapan, melalui nalar mitos, struktur-struktur universal dari pikiran manusia.


Para mahir yang mempunyai otoritas di bidang mitologi telah membahas perihal “realitas” mitos sebagaimana berbeda dari aspek-aspek fantasi dan tidak nyata. Malinowski menggambarkan bagaimana mitos yang ada di sebuah masyarakat liar (a savage community) ialah bukan hanya suatu dongeng verbal tetapi suatu kenyataan yang hidup. Mitos bukan suatu dongeng berhala namun suatu kerja keras kekuatan aktif. Bagi C.G. Jung, mentalitas primitif tidak menemukan mitos, tetapi mentalitas primitive mempunyai pengalaman mitos. Mitos tidak lain ialah alegoris dari proses-proses fisik. Mitos mempunyai arti penting. Ia merupakan kehidupan mental dari suku primitif yang akan segera hancur dan kehilangan kekuatannya ketika kehilangan warisan mitologinya. Sementara itu bagi Mircea Eliade mitos ialah selalu berkaitan dengan penciptaan. Mitos akan menyampaikan bagaimana sesuatu itu dicapai, sesuatu mulai ada.

Itulah sebabnya mengapa mitos terkait erat dengan ontologi. Ia hanya akan bicara perihal realitas, perihal apa yang sesungguhnya terjadi, perihal apa yang seharusnya terwujud. Ada perbedaan arti dari realitas atau pengalaman yang disampaikan oleh tiga orang mahir tersebut. Perhatian utama Malinowski ialah mengaitkan mitos penduduk Trobriand dengan pengalaman sosial dan budaya mereka. Dengan demikian mitos mengenai munculnya nenek moyang dari lubang tanah dihubungkan dengan topografi yang sesungguhnya hingga kepada penyebaran terkini dari klan Trobriand dan pola kekerabatan Trobriand serta stratifikasi sosial. Dengan “realitas”, Malinowski mengartikan, bahwa mitos merupakan charter perihal lembaga-lembaga sosial yang lebih luas. Meskipun charter tersebut menyebut makhluk-makhluk fiktif, point demi point secara detail berkaitan dengan penataan-penataan sosial dan budaya yang merupakan aspek-aspek nyata dari pengalaman penduduk Trobriand. Berlawanan dengan Malinowski, Jung menganggap mitos bukan sebagai daftar kata dari charter untuk lembaga-lembaga budaya, tetapi sebagai realitas psikologi sebagaimana ungkapan-ungkapan perihal “archtypes” atau kesan primordial dari ketidaksadaran kolektif. Ini merupakan hal yang nyata dalam konteks mereka merepresentasikan bentuk atau pola yang diwarisi yang hadir di setiap manusia. Awalnya bentuk tersebut ialah tanpa isi pemikiran yang spesifik. Isi diberikan oleh budaya spesifik. Mitos memberi suatu kebiasaan lokal dan suatu nama bagi bentuk-bentuk umum dan memberi mereka “realitas” dengan mewujudkannya kepada kesadaran.

Sedangkan bagi Eliade yang dimaksud dengan realitas ialah realitas sakral. Kesakralan menghadirkan dirinya sebagai sesuatu yang berbeda sama sekali dengan kenyataan natural (profan). Dengan demikian bagi Malinowski, realitas ialah kultural, bagi Jung ialah psikologis, dan bagi Eliade ialah spiritual. Menarik untuk diperhatikan ialah pandangan Ernest Cassirer yang dikutip oleh Minsarwati. Menurut Cassirer seseorang sanggup mencapai wawasan semantik dan bentuk dasar mitologi bukan melalui klarifikasi asal mula mitos atau mengidentifikasi obyek atau motif khususnya, tetapi melalui penentuan sumber ekspresinya dan tipe kesadarannya yang secara positif menghasilkan mitos. Menurutnya ada dua pementingan mengenai mitos yang perlu diperhatikan: pertama, ialah pementingan pada bentuk struktural yang mendasari fantasi dan pemikiran mitos; kedua, ialah pementingan pada simbolisme. Dalam pementingan simbolisme ini ia mencoba menjelaskan bagaimana kesadaran mitos membentuk simbol-simbol. Ia bergantung pada bentuk yang dimodifikasi dalam wangsit mentalitas primitive yang merupakan sumber pembentukan konsep-konsep, ide-ide, dan simbol-simbol mitos.

Makara realitas mitos, terlepas dari benar atau salah, merupakan kepercayaan yang ada dalam masyarakat. Mitos merupakan kisah suci yang diliputi misteri. Akan terjadi demitologi apabila misterinya sudah terungkap. Jika hal ini terjadi maka akan bisa terjadi pula desakralisasi yang bisa berakibat hilangnya kepercayaan terhadap mitos. Sejarah berdirinya kerajaan Mataram Islam banyak diselimuti kisah-kisah mitos. Informasi mengenai sejarah berdirinya kerajaan Mataram kebanyakan bersumber dari naskah-naskah kuno yang dikenal dengan nama babad. Namun sebagian masyarakat Jawa masih menganggap bahwa informasi yang terdapat dalam babad merupakan kebenaran historis. Di kalangan sarjana Barat, babad perihal berdirinya kerajaan Mataram merupakan mitos belaka, sebagaimana kata C.C. Berg, bahwa Senopati yang dianggap oleh masyarakat Jawa sebagai pendiri kerajaan Mataram merupakan tokoh mitologis dari pada tokoh historis. Pendapat ini bagi kalangan keraton Yogyakarta dianggap sebagai konspirasi kolonial untuk mendiskreditkan sultan. Kalangan keraton akan memperlihatkan makam Senopati apabila keberadaannya dianggap sebagai mitos. Menurut Berg, Senopati merupakan leluhur yang mitis yang sengaja dimunculkan di masa kekuasaan Sultan Agung (1613-1645) yang oleh Berg justru dianggap sebagai pendiri yang sesungguhnya dari dinasti Mataram. Namun demikian Senopati, dengan segala kemungkinannya mirip yang diceritakan dalam babad, bukanlah seorang raja yang besar. Ia tetap merupakan tokoh historis yang penting.

Mataram yang semula kadipaten yang tunduk pada Pajang bermetamorfosis kerajaan. Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati menjadi raja yang pertama mendapat banyak tantangan lantaran politik ekspansinya. Cita-cita Senopati ialah memperluas wilayah kekuasaannya sehingga tunduk kepada kerajaan Mataram. Hampir wilayah Jawa belahan tengan dan timur tunduk di bawah kekuasannya kecuali tempat Blambangan yang tetap bertahan dan belum memeluk Islam.

Berdirinya kerajaan Mataram Islam merupakan kelanjutan dari proses konversi keraton-keraton Jawa ke dalam Islam. Untuk membenarkan pendirian kerajaan Mataram dibuatlah ramalan-ramalan mistis. Salah satu ramalan mistis tersebut ialah Kanjeng Ratu Kidul, penguasa bahari pantai selatan sebagai istri semua raja dari dinasti Mataram. Di dalam babad ia dikatakan sebagai anak raja Galuh, seorang raja mitologis pra Hindu. Saat Ratu Kidul dilahirkan, ibunya didatangi oleh sekelompok bidadari yang suaranya sanggup didengar di seluruh pelosok kerajaan. Bersamaan dengan itu muncul goro-goro di semua tempat angker. Roh-roh pada tiba di hadapan raja untuk dikorbankan sebagai penghormatan anak tersebut. Segera sesudah dilahirkan, Ratu Kidul eksklusif berbicara sebagai berikut: “Saya ialah Ratu Ayu yang menguasai seluruh roh di Jawa. Istanaku berada di bahari Selatan”. Setelah itu muncul raja Sindula, raja yang sudah usang meninggal, menyatakan bahwa Ratu Kidul ialah cucunya dan kekuasaannya tidak sanggup ditandingi. Dia meramalkan bahwa Ratu Kidul hanya akan kawin dengan pendiri kerajaan Mataram yang di masa mendatang akan menguasai Jawa dan menetapkan Islam sebagai agama kerajaan. Ramalan tersebut disertai dengan ledakan petir dan bunyi para roh sebagai tanda bahwa para yang kuasa menyetujui. Pada karenanya Ratu Kidul memberitahu Panembahan Senopati, pendiri Mataram, bahwa Allah mengabulkan keinginannya untuk menguasai seluruh Jawa. Ratu Kidul kemudian oke untuk kawin dengannya dan dengan semua raja-raja berikutnya dari dinasti Mataram. Dengan adanya dongeng mitos yang memproyeksikan sejarah Mataram pada masa kemudian yang sangat jauh akan memperlihatkan pembenaran konversi ke Islam. Demikian pula dengan memproyeksikan sejarahnya sendiri ke masa lampau yang penuh dengan mitos, Mataram menghadirkan dirinya sebagai sebuah kerajaan yang sah. Ia naik ke kekuasaan yang disahkan oleh para penguasa pra Hindu orisinil dari dunia roh Jawa.

Untuk menampah kewibawaan dan legitimasi, Ki Ageng Pemanahan yang juga ayah Senopati membuat suatu silsilah untuk memperlihatkan bahwa keturunan raja-raja Mataram dari garis ibu ialah keturunan para wali yang berujung pada Nabi Muhammad. Silsilah dari garis ibu disebut dengan silsilah penengen. Sedangkan silsilah dari garis keturunan bapak mereka berasal dari keturunan para yang kuasa dan Nabi Adam. Silsilah dari garis keturunan bapak tersebut dinamakan silsilah pengiwa. Dengan menampilkan silsilah penengen dan pengiwa dimaksudkan biar rakyat mengetahui raja-raja Mataram merupakan keturunan dari tokoh-tokoh yang berpengaruh dan populer sehingga akan menambah legitimasi dan wibawa mereka.

Untuk memperkokoh posisi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi kerajaan, raja merupakan penguasa yang mempunyai dasar sebagai yang kuasa raja atau khalîfatullah. Hal ini mengindikasikan bahwa raja mempunyai kharisma dan kekuatan yang melebihi insan biasa. Konsep yang kuasa raja pada masa Hindu Jawa memandang raja sebagai inkarnasi yang kuasa dan hal ini berlanjut pada masa Islam dalam pengertian khalîfatullah. Khalîfatullah yang berarti wakil Tuhan di dunia memberi pengertian, bahwa seorang raja ialah penguasa tunggal yang mempunyai kekuasaan terhadap kesetiaan dan ketaatan penuh dari bawahannya. Institusi yang berafiliasi dengan ketaatan, kesetiaan, kewibawaan, dan keagungan cukup memperlihatkan fungsinya bagi budaya kehidupan masyarakat Jawa. Mendapat perintah raja atau ngemban dawuh dalem merupakan pujian tersendiri sehingga rakyat sanggup menerimanya dengan bahagia hati. Oleh lantaran itu dari klarifikasi ini bisa dimengerti tindakan Mbah Marijan yang tidak mau meninggalkan tempat tinggalnya meskipun tempat tinggalnya masuk kategori zone terlarang, tempat yang terlebih dulu dilanda letusan Merapi atau luncuran awan panas.

Dalam pandangan tradisional masyarakat Jawa, raja digambarkan sebagai wenang misesa ing sanagari yang berarti mempunyai kekuasaan tertinggi di seluruh negeri. Tidak saja ia mempunyai kekuasaan terhadap negara dan harta benda, tetapi juga terhadap rakyat (para kawula) dengan segala kehidupan pribadinya. Di samping itu kekuasaan digambarkan dalam ungkapan mbaudendha nyakrawati, yaitu berwenang menghukum dan berkuasa memerintah dunia. Bahkan lebih dari itu, bahwa raja berkuasa segala-galanya, yaitu memerintah, mangatur, menghukum, menguasai daerah-daerah lain, menguasai militer, dan termasuk mengatur persoalan agama mirip yang terungkap dalam Senopati ingalaga Ngabdurachman Sayidin Panatagama. Kekuasaan tersentral pada diri raja, tidak terbagi-bagi dan merupakan kebulatan yang tunggal, tiada yang bisa menandingi. Ungkapan raja yang tak tertandingi berbunyi endi ono surya kembar yang berarti tidak dibenarkan ada kekuasaan lain yang sederajat dengan dirinya.

Untuk bisa mengatur kerajaan dengan bijaksana dan adil raja harus mempunyai kesaktian (supernatural power) yang melebihi siapapun. Keadilan yang ditegakkan oleh raja yang mempunyai kesaktian akan menjamin kesejahteraan rakyat. Rakyat juga akan merasa kondusif di manapun mereka berada dan ke manapun mereka pergi lantaran dilindungi oleh rajanya. Seperti yang digambarkan oleh G. Moedjanto bahwa seorang raja yang ideal ialah ia yang mempunyai predikat gung-binathara, baudhendha nyakrawati, dan ber budi bawa leksana. Penjelasan dari predikat tersebut ialah bahwa kekuasaan raja begitu luar biasa besarnya. Semua harus tunduk pada aturan sehingga kedamaian dan keadilan bisa ditegakkan. Semua orang menjalankan tugas-tugas mereka dan hak-hak mereka dijamin. Raja yang demikian pantas untuk diagungkan. Raja tidak lagi sebagai insan biasa, tapi agak menyerupai “dewa” atau “manusia super”.

Oleh lantaran itu raja sebagai pemilik segala-galanya di dalam wilayah kerajaannya. Memaknai Mitos Mitos yang melingkupi kehidupan keraton yang hingga kini masih dipercayai sangat menguntungkan bagi kelanjutan kekuasaan raja-raja Mataram. Raja-raja Mataram sudah sedemikian rupa dianggap mempunyai kelebihan-kelebihan yang supranatural menjadikan mereka sangat disegani. Masyarakat cenderung membiarkan mitos di keraton Yogyakarta tetap hidup tanpa perlu mempertanyakan kebenarannya. Toh selama ini kekuasaan raja-raja Mataram tetap berjalan sebagaimana adanya tanpa gejolak kontradiksi antara masyarakat dan pihak keraton.

Masyarakat pun tidak mau mengusiknya lantaran yang penting raja bisa membuat ketenangan dan sanggup mengayomi masyarakat. Di sini mitos harus dilihat dari fungsinya, bukan dilihat dari benar tidaknya mitos itu. Menurut Wisnu Minsarwati, mitos mempunya empat fungsi, yaitu:

  1. Sebagai interpretasi terhadap keberadaan insan dan dunia.
  2. Bisa memperlihatkan mengapa dunia itu ada.
  3. Mengatur pengalaman insan dan menjadi paradigma.
  4. Melegitimasi tradisi yang ada.

Mitos mirip yang sudah dijelaskan di depan mengandung sesuatu yang sakral dan misteri. Selama mitos masih diselimuti misteri, maka nilai kesakralannya juga akan tetap senantiasa mengiringi mitos tersebut dan masyarakatpun akan tetap mempercayainya. Sebaliknya apabila mitos itu sudah terkuak aspek misterinya maka mitos itu juga akan kehilangan kesakralannya, mirip misalnya, pesanggrahan Sultan dan rumah-rumah di sekitarnya selamat dari awan panas akhir letusan gunung Merapi pada tahun 1994. Pada waktu itu awan panas menghanguskan sebagian lereng gunung Merapi dan sebelum tiba di pesanggrahan Sultan tadi letaknya di Kaliurang berjarak tujuh kilo meter dari puncak gunung Merapi berhenti mengamuk. Padahal beberapa kilometer persegi hutan di sekitar pesanggrahan tersebut hangus kecoklatan akhir awan panas yang suhunya berkisar antara 400 - 600 derajat celcius. Mitos yang berkembang ialah bahwa Kyai Sapu Jagad sebagai penguasa gunung Merapi masih melindungi pesanggrahan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Posisi pesanggrahan itu sendiri ditutupi oleh bukit Turgo dan Plawangan yang berdasarkan mitos kedua bukit tersebut dianggap lebih renta keberadaannya daripada gunung Merapi. Memang secara stratigrafi gunung api kedua bukit tersebut ialah sebagian dari badan gunung Merapi yang tua. Oleh lantaran itu kalaupun pesanggrahan Sri Sultan HB X itu selamat dari awan panas hal itu disebabkan posisinya yang terlindungi oleh bukit Turgo, sehingga secara fisik bukit itu menghalangi awan panas.

Sebenarnya dari kebijaksanaan sehat tersebut secara common sense bagi sebagian masyarakat mitos mengenai pesanggrahan tersebut sudah mengalami demitologisasi. Namun tetap saja bagi sebagian masyarakat lainnya masih tetap menganggapnya sebagai mitos.

Teori fungsionalisme dalam sosiologi bisa digunakan untuk melihat mitos
Dalam perspektif fungsionalis mengatakan, bahwa bagian-bagian dalam masyarakat mempunyai fungsi yang menjaga stabilitas secara keseluruhan. Masyarakat diibaratkan dengan organisme-organisme yang hidup (living organism), suatu pandangan yang dipelopori oleh Herbert Spencer dan Emile Durkheim. Setiap organisme mempunyai sebuah struktur yaitu seperangkat komponen yang saling terkait mirip kepala, kaki, jantung, dan sebagainya. Setiap komponen mempunyai fungsi yaitu konsekuensi positif bagi seluruh sistem yang dalam hal ini ialah suatu organisme hidup. Demikian pula suatu masyarakat juga mempunyai sebuah struktur yang saling terkait mirip keluarga, agama, militer, dan sebagainya. Secara ideal setiap komponen tersebut mempunyai fungsi yang menyokong stabilitas secara keseluruhan dari sistem kemasyarakatan. Teori fungsional memandang bahwa masyarakat dilihat dalam term sistemik, setiap sistem yang ada dipandang mempunyai keperluan dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjamin kelangsungan hidup. Ketika dipandang sebagai sebuah sistem, masyarakat dilihat sebagai adonan dari bagian-bagian yang secara bersamaan saling berkaitan. Analisis dari bagian-bagian yang saling terkait tersebut terfokus pada bagaimana bagian-bagian tersebut memenuhi persyaratan dari keseluruhan sistem dan menjaga kenormalan sistem atau ekuilibrium. Bahkan dalam fungsionalisme ada kaidah yang fundamental bagi antropologi yang berorientasi pada teori yaitu dictum metodologis yang menyampaikan bahwa ciri sistemik budaya harus dieksplorasi. Maksudnya ialah diketahui bagaimana kaitan antara institusi-institusi atau struktur-struktur suatu masyarakat, sehingga membentuk suatu sistem yang bulat.

Dalam interpretasi para fungsionalis, fungsionalisme merupakan metodologi untuk mengeksplorasi ketergantungan. Mereka juga menyampaikan bahwa fungsionalisme merupakan teori perihal proses kultural. Di samping mengeksplorasi adanya saling ketergantungan banyak sekali macam ragam unsur-unsur budaya para fungsionalis juga menjelaskan mengapa terjadi pola-pola tertentu atau mengapa pola-pola itu bisa bertahan. Ketika menjelaskan magic Trobriand sehubungan dengan fungsinya untuk mengurangi kecemasan mengenai hal-hal yang tidak sanggup dipahami, Malinowski seolah menjelaskan alasan kehadiran dan kelestarian magic itu dalam budaya Trobriand. Demikian pula ketika Radcliffe-Brown yang menjelaskan keberadaan dan persistensi upacara keagamaan dalam kaitannya dengan pemberian upacara keagamaan itu untuk kerekatan sosial. Sementara itu Melford Spiro berupaya menjelaskan kepercayaan bangsa Ifaluk mutakhir terhadap roh jahat sehubungan dengan cara-cara kepercayaan itu dalam menyalurkan agresi.

Penjelasan Spiro berbeda dengan Malinowski dan Radcliffe-Brown. Penjelasannya tidak mengenai asal-usul kepercayaan tersebut melainkan hanya membuktikan mengapa kepercayaan itu tetap bertahan meskipun kelihatannya (oleh pengamat dari luar) nyata-nyata tidak berfungsi. Selanjutnya David Kaplan dan Albert A. Manners menyampaikan bahwa dasar semua klarifikasi fungsional ialah perkiraan bahwa sistem budaya mempunyai syarat-syarat fungsional tertentu untuk memungkinkan eksistensinya. Dengan kata lain sistem budaya mempunyai kebutuhan yang semuanya harus dipenuhi biar sistem itu sanggup bertahan hidup. Dengan demikian jikalau kebutuhan sistem fungsional itu tidak dipenuhi maka sistem itu akan mengalami disintegrasi dan “mati” Atau ia akan bermetamorfosis sistem lain yang berbeda jenis.

Berdasarkan teori fungsional tersebut, yang menjadi perhatian ialah apakah mitos itu mempunyai fungsi sosial? Untuk menjawab pertanyaan tersebut patut diperhatikan klarifikasi Robert Merton mengenai konsep “fungsi”. Merton membedakan antara fungsi manifes dan fungsi laten. Fungsi manifes ialah konsekuensi obyektif yang memperlihatkan pemberian pada penyesuaian atau pembiasaan sistem yang dikehendaki dan disadari oleh partisipan sistem tersebut. Sedangkan fungsi laten merupakan konsekuensi obyektif dari suatu ikhwal budaya yang “tidak dikehendaki maupun disadari” oleh warga masyarakat. Dengan konsep Merton tersebut para fungsionalis tidak hanya menyampaikan bahwa suatu unsur tertentu mempunyai fungsi laten tertentu melainkan juga bahwa fenomena budaya itu tetap bertahan lantaran fungsi laten yang diembannya. Merton mengamati tarian hujan suku Hopi. Menurut kepercayaan suku Hopi dengan mengadakan ritual tarian hujan akan mendatangkan hujan lebat.

Ritual tersebut senantiasa dilakukan tatkala ingin mendatangkan hujan. Namun dalam kenyataannya sesudah ritual tersebut dilakukan tidak selalu turun hujan. Meskipun demikian ritual tersebut mempunyai fungsi laten, yaitu memperkokoh identitas kelompok melalui suatu insiden periodic ketika para warga yang terpencar berhimpun guna melaksanakan kegiatan kelompok secara bersama. Makara berdasarkan Merton, suku Hopi yang terus melaksanakan tarian hujan tidak hanya keliru mempercayai bahwa ritual itu menghasilkan hujan, melainkan tindakan tersebut melaksanakan fungsi laten yaitu menggalakkan solidaritas kelompok. Lalu mengapa suku Hopi selalu melaksanakan ritual tarian hujan? Menurut Kaplan dan Manners, setidaknya ada dua alasan 1) ritual itu memang mendatangkan hujan, atau dianggap mendatangkan hujan atau akan mendatangkan hujan; dan 2) mereka menikmati upacaranya, menyukai program berkumpulkumpul, dan menikmati ritual itu sendiri. Mungkin ada juga ketakutan pada hukuman adikodrati jikalau melalaikan upacara itu, atau lantaran moral kebiasaan.

Dengan memakai pendekatan fungsional tersebut mitos, mirip halnya agama, ialah salah satu komponen yang turut berperan dalam menjaga stabilitas dan ketertiban masyarakat di wilayah kekuasaan keraton Yogyakarta yang merupakan kelanjutan dari kekuasaan kerajaan Mataram Islam. Inilah yang oleh Robert Merton dikatakan sebagai fungsi laten. Menggugat keberadaan mitos bisa menjadikan terganggunya sistem-sistem yang ada di masyarakat. Hal itu bisa menimbulkan instabilitas, sehingga sanggup mengacaukan masyarakat secara menyeluruh. Bisa saja lambat dan alamiah akan terjadi demitologisasi keraton seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun konsekuensinya sistem masyarakat yang sudah terbentuk akan mati atau berubah ke sistem lain mirip yang dikatakan oleh Kaplan dan Mannes di atas.

_______________
* Artikel ini diambil dari Teologia, Volume 19, Nomor 1, Januari 2008 (saya mendapatkannya dalam bentuk ebook format pdf). Makara sebenarnya, sudah sangat lama, tapi lantaran saya pikir masih sangat relevan dengan kekinian, sengaja saya share di sini. Semoga bermanfaat.
** Penulis ialah dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang.

Previous
Next Post »

Post a Comment