Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, August 16, 2016

Awas Ancaman Lho | Gunakan Gadget Ditempat Yang Gelap Sanggup Memicu Kebutaan Sementara

Ponsel sudah jadi benda yang hampir tak dapat lepas dari tangan insan di jaman ini. Bahkan di kamar gelap ketika hendak tidur pun alat komunikasi tersebut selalu ada di genggaman. Padahal sudah ada kasus kesehatan yang dilaporkan wacana kebutaan sementara yang dialami dua orang perempuan akhir memainkan ponsel di kamar gelap.

 Ponsel sudah jadi benda yang hampir tak dapat lepas dari tangan insan di jaman ini Awas Bahaya lho | Gunakan Gadget Ditempat Yang Gelap Dapat Memicu Kebutaan Sementara
Gunakan Gadget Ditempat Yang Gelap Dapat Memicu Kebutaan Sementara


Dilansir laman Kompas Tekno dari Independent.co.uk, dua orang perempuan asal Inggris itu mendatangi dokter dengan kondisi mata yang mengalami “transient smartphone blindness”.

Keluhan perempuan berusia 40 dan 22 tahun itu hampir sama, yaitu mereka sering mengalami kehilangan penglihatan selama kurang lebih 15 menit. Akan tetapi ketika dokter mengecek kondisi matanya, tak ada kelainan yang dialami. Semua baik-baik saja.

Kasus unik itu dimuat oleh New England Journal of Medicine. Dokter Gordon Plant, dokter seorang andal mata yang bekerja di Rumah Sakit Mata di Moorfield, Inggris, alhasil berkesimpulan bahwa alasannya kasus yang dialami dua pasiennya lantaran mereka menggunakan ponsel di kamar yang gelap.

Hal itu lantaran mereka bercerita sendiri wacana apa yang mereka lakukan sebelum mengalami kebutaan sementara tersebut.

Saat sedang berbaring di kamar, mereka kerap mengecek ponselnya sembari berbaring miring. Kadang hanya satu mata yang melihat ke ponsel sementara mata lainnya teerpejam atau tertutup bantal.

Jadi satu mata mereka mengikuti keadaan dengan cahaya lantaran melihat layar ponsel, sementara yang lain mengikuti keadaan dalam gelap,” terang dokter Plant.

Namun dokter lain menyebut bahwa dua kasus saja tak cukup untuk menciptakan kesimpulan dalam hipotesis. dokter Rahul Khurana dari American Academy of Ophthalmology menyampaikan tidak semua orang akan mengalami kebutaan sementara bila melihat ponsel di kamar gelap.

Previous
Next Post »

Post a Comment