Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, August 19, 2016

Begini Cara Menanam Ciplukan, Buah Liar Yang Kaya Manfaat

Cara Menanam Buah Ciplukan Yang Benar - Buah Ciplukan atau Ceplukan atau sering disebut dengan cecenet atau cecendet (Sunda), nyurnyuran (Madura), dan kopok-kopokan (Bali) merupakan jenis flora liar yang banyak dijumpai di kebun, nama flora ini akhir-akhir ini sangat booming sebab banyaknya manfaat buah ciplukan bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah ciplukan bagi kesehatan: Mengobati kencing manis, mengobati paru-paru basah, mengobati radang tenggorokan, Mencegah epilepsi, mengobati gangguan getah bening, dan masih banyak lagi manfaat yang lain.


Budidaya buah ciplukan juga tidak begitu sulit, mengingat flora ceplukan merupakan flora liar yang gampang tumbuh dan tidak memerlukan syarat khusus untuk lahan tumbuhnya. Berikut beberapa langkah cara menanam buah ciplukan yang benar.
  1. Ambil buah ciplukan yang sudah matang, kalau perlu yang sudah mulai membusuk sebab terlalu matang.
  2. Pencet buah ciplukan semoga daging buahnya dan bijinya keluar.
  3. Pisahkan biji ciplukan dengan daging buahnya (perlu ketelatenan)
  4. Jemur Biji ciplukan selama 1 jam, angkat dan letakkan di kawasan teduh.
  5. Siapkan media persemaian ibarat cara menananm cabai rawit ialah dengan cara menggemburkan tanah dan dibuat tegalan dengan dicampur pupuk kandang.
  6. Tebarkan biji ciplukan secara merata, dan lakukan penyiraman sekali saja dalam satu hari ialah sore hari.
  7. Setelah semaian tumbuh mencapai 10-15cm, maka bibit ciplukan sanggup dipindahkan ke lahan tanam.
  8. Siapkan lahan tanam dengan cara menggemburkan tanah dan campur pupuk kandang.
  9. Pindahkan bibit ciplukan pada sore hari dan pada demam isu hujan, pindahkan dengan mengikutkan tanah semaian.
  10. Tanam ciplukan dengan jarak tanam 40cm antar tanaman.
  11. Lakukan perawatan dengan melaksanakan pemupukan ulang pada umur 2 ahad sesudah tanam dengan pupuk kandang. Bersihkan rumput yang tumbuh disekitar pohon ciplukan.
  12. Pemanenan sanggup dilakukan sesudah buah ciplukan matang, yang ditunjukkan dengan warna buah yang berubah dan kelopak buah yang mulai menguning dan mengering.
Itulah beberapa langkah cara menanam buah ciplukan yang mudah, buah hutan yang kaya manfaat ini juga sangat mahal di pasaran. Budidaya buah ciplukan menjadi salah satu inspirasi cemerlang untuk meraup pundi-pundi uang, dan juga menjaga kesehatan keluarga.

Previous
Next Post »

Post a Comment