Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, August 16, 2016

Cara Gampang Dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami

Cara membasmi jentik nyamuk sebetulnya sangatlah sederhana dan dapat kita lakukan secara alami dengan memakai bahan-bahan tradisional menyerupai daun sirih atau daun jeruk nipis sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli obat pembunuh jentik nyamuk yang di jual dipasaran. Selain murah meriah, penggunaan materi alami ini dapat dikatakan sangat kondusif bagi kesehatan sebab tidak mengandung kimia.

 Cara membasmi jentik nyamuk sebetulnya sangatlah sederhana dan dapat kita lakukan secara a Cara Praktis dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami
Cara Praktis dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami
Seperti yang kita ketahui, jentik nyamuk merupakan salah satu persoalan serius yang sering kali di anggap sepele, padahal apabila dibiarkan dan tidak di basmi maka jentik-jentik ini nantinya akan menjadi nyamuk sampaumur dan dapat mengembangkan wabah penyakit menyerupai demam berdarah, malaria sampai penyakit mengerikan menyerupai kaki gajah. Nah maka dari itu mulai ketika ini kita dihentikan menganggap jentik-jentik nyamuk yaitu sesuatu yang sepele, kita harus membasmi dan menutup tempat-tempat penampungan air yang terbuka semoga nyamuk tidak bersarang dan bertelur di sana.

Cara Praktis dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami

1. Daun Jeruk Nipis
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada di rumah menyerupai kolam mandi, got atau selokan di sekitar rumah maka dapat dengan memakai daun jeruk nipis. Daun jeruk nipis ini mengandung senyawa limonoid yang mana senyawa ini dapat mengganggu dan meracuni pencernaan di nyamuk sehingga nantinya jentik-jentik beserta induk nyamuk dapat mati dengan sendirinya.

Cara membasmi jentik nyamuk dengan jeruk nipis ini sangatlah sederhana yaitu Anda cukup mengambil beberapa lembar daun jeruk nipis dan kemudian remas-remas daun jeruk nipis bersama dengan 3 gelas air higienis sampai mengeluarkan anyir khas. Kemudian, taburkan air remasan daun jeruk nipis tadi pada kolam mandi, selokan atau got di sekitar rumah Anda. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dan menciptakan hewan yang satu ini enggan bersarang dan bertelur di tempat-tempat yang telah di taburi air remasan daun jeruk nipis tadi.

2. Biji Pepaya dan Tawas
Kemudian cara kedua untuk membasmi nyamuk dan jentik-jentik nya yaitu dengan memakai gabungan biji pepaya dan tawas. Namun sebelum mencampurkan kedua materi ini maka Anda harus mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu, apabila sudah kering maka sesudah itu tumbuk sampai menjadi halus. Setelah itu, haluskan juga tawas dan kemudian gres campurkan biji pepaya yang sudah halus tadi dengan tawas yang juga sudah kita haluskan. Perbandingan gabungan nya yaitu 1:2 untuk tawas dan biji pepaya ( satu sendok tawas halus dicampur sdua sendok biji pepaya halus)

Setelah kedua materi tercampur, kemudian masukan kedalam kain kasa dan direndam didalam kolam mandi. Cara ini akan menciptakan jentik-jentik nyamuk yang ada didalam kolam mandi Anda akan segera mati.

3. Daun Sirih
Daun sirih tidak hanya baik bagi kesehatan saja tetapi juga dapat dipakai sebagai obat tradisional untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih dan kemudian masukan air rebusan daun sirih tersebut pada kolam mandi Anda. Cara ini dapat membunuh dan membasmi jentik nyamuk yang berada di dalam kolam mandi Anda secara masal.

4. Melakukan 3 M
Anda mungkin sudah tidak abnormal lagi dengan gerakan 3 M yang pernah digalakan oleh pemerintah untuk membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada dirumah. Bukan hanya memberantas jentik nyamuk, gerakan 3 M ini juga dapat membasmi sarang-sarang nyamuk sehingga hewan tersebut tidak berkembang biak di sekitar rumah kita.

Apakah gerakan 3 M itu ? 3 M yaitu abreviasi dari menguras, menutup dan mengubur. Gerakan ini menganjurkan Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan dan selalu menguras kolam mandi atau daerah penampungan air lainnya yang wajib dilakukan satu kali dalam 3 hari semoga jentik-jentik nyamuk tidak berkembang biak dan nyamuk tidak bersarang di sana kolam mandi Anda.

Selain menguras,  Anda juga diharuskan untuk menutup tempat-tempat penampungan air semoga nyamuk tidak dapat bersarang dan bertelur di sana. Kemudian terakhir, mengubur barang-barang bekas menyerupai kaleng yang sudah tidak terpakai lagi semoga lingkungan Anda terbebas dari genangan air yang merupakan daerah bersarangnya nyamuk.

Itulah Cara Praktis dan Murah Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami yang dapat Anda coba lakukan dirumah. Jangan sepelekan hal ini sebab apabila dibiarkan maka bisa menjadi sumber penyakit.


Previous
Next Post »

Post a Comment