Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, August 11, 2016

Cara Gampang Menanam Tanaman Gaharu Semoga Cepat Besar Dan Tinggi

Kali ini saya akan membuatkan teknik bagaimana  cara biar bibit gaharu yang kita tanam cepat pertumbuhannya tinggi dan besar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gaharu, selain dari faktor kesesuaian jenis gaharu dengan jenis tanah dan lingkunagan ada beberapa hal yang harus kita lakukan diantaranya ialah sebagai berikut. 


 1. Pemangkasan Cabang
    Agar tumbuhan Gaharu cepat besar dan tinggi perlu dilakukan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan ini bertujuan biar nutrisi yang diserap akar terpfokus pada pertumbuhan pohon. Pohon yang bercabang semenjak dini mempunyai pertumbuhan yang agak lamban. Pemangkasan ranting dan cabang sebaiknya dilakukan setiap terjadinya cabang, yakni dikala cabang masih muda sepanjang 2/3 cm saja. Namun sanggup juga dilakukan secara bersiklus menyerupai dua ahad sekali menyerupai tampak pada gambar 1. namun ini kurang efektif lantaran cabang yang kita potong sudah banyak menyerap unsur hara yang diperlukan pohon untuk tumbuh. Pilihlah cabang yang besar lengan berkuasa dan subur untuk di pelihara. lakukan hal tersebut hingga bibit berukuran 2 m menyerupai tampak pada gambar 2. Namun bisa terus dilakukan bila dianggap masih perlu. Gunakan Pisau yang tajam atau gunting tanaman.   Daun hasil pemangkasan sanggup anda jadikan teh gaharu. 
Gmabar 1
Gmabar2

2. Pemupukan
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi lakukan pemupukan secara rutin dan diubahsuaikan dengan kebutuhan pohon. Anda sanggup mengunakan pupuk organik menyerupai kompos dan pupuk kandang sanggup dilakukan 6 bulan sekali kalau bisa pupuk organik lebih kami sarankan. Atau sanggup juga mengunakan pupuk anorganbik sanggup anda beli di toko pertanian menyerupai NPK, lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali. Ikutilah tatacara pemupukan yang benar sesuai dengan kebutuhan pohon untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini

3. Pembasmian Hama
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi ialah dengan mengendalikan hama pada tumbuhan gaharu. Ada banyak jenis hama yang menyerang tumbuhan gaharu. Seperti wangi akar ganguan ulat pemakan daun dan serangan hama kutu putih. untuk membasmi kutu putih silahkan buka Cara Membasmi kutu putih Untuk menghindari hal-hal tersebut lakukan pencucian secara rutin, hindari naungan yang menjadikan tumbuhan terlalu lembab dan berilah kapur dolomit biar kondisi tanah tidak telalu asam yang akan menjadikan wangi akar. Lakukan penyemprotan secara rutin baik dikala terjadi serangan hama ataupun sebagai perawatan.Untuk menghidari ganguan hama menyerupai babi gunakan karung bekas menyerupai tampak pada gambar diatas.
4. Naungan
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi bibit gaharu memerlukan naungan. Gaharu termasuk jenis pohon yang dalam pertumbuhannya memerlukan naungan biar ia sanggup tumbuh secara optimal. Naungan sanggup berupa naungan berbentuk tumbuhan seperti, singkong pepaya dll. atau naungan dari atap daun ilalang pelepah kelapa paranet dll.
5. Jarak Tanam yang sesuai
    Agar tumbuhan gahau cepat pertumbuhannya besar dan tinggi jarak tanam mempunyai peranan yang segnipikan. Sebab berkaitan akrab dengan ketersedian unsur hara yang diperlukan tanamn gaharu dan juga kebutuhan gaharu akan cahaya. Secara umum ada dua teladan penanaman gaharu yakni monokultul (khusus tumbuhan gaharu saja) dan tumpang sari (tanaman gaharu di tanam bersamaan dengan tumbuhan lainnya).
a. Untuk tumbuhan gaharu teladan monokultur ada beberapa jarak tanam yang dianjurkan
  1. Jarak tanam gaharu 2 m x 2 m ini cocok untuk anda yang mempunyai modal yang banyak dan atau keterbatasan lahan.
  2. Jarak tanam gaharu 3 m x 3 m ini cocok untuk anda yang mempunyai modal menengah
  3. Jarak tanam gaharu 4 m x 4 m ini cocok bagi anda yang mempunyai modal yang sederhana. atau liahat jarak tanam gaharu
 Untuk tahap awal tumbuhan gaharu membutuhkan naungan sebagaimana saya jelaskan diatas.
b. Adapun bila anda menentukan tumbuhan dengan teladan tumpang sari maka jarak tanamnya sangat fleksibel. Di sesuaikan dengan jenis tumbuhan yang menjadi kawan tumbuhan gaharu tersebut. Seperti karet, sawit kelapa dll. Tanam bibit Gaharu ditengah baris  tanamn mitranya dan Usahakan Tanaman gaharu  jangan terlalu rapat. Dari hasil pengamatan kami teladan penanam tumpang sari dengan tumbuhan yang lain menyerupai sawit, kelapa, karet dan pisang mempunyai pertumbuhan yang lebih baik .
6. Waktu Menanam Gaharu Yang Baik
   Waktu menanam gaharu yang paling baik ialah di demam isu hujan dengan demikian kita tidak perlu melaksanakan penyiraman. Setelah tanah di lubangi dan di beri pupuk biarkan selama satu atau dua ahad kemudian tanamlah bibit gaharu dengan melepas semua polybagnya secara perlahan biar tanahnya tidak pecah meninggalkan akar bibit. Waktu penanaman yang paling baik ialah di sore hari.

Previous
Next Post »

Post a Comment