Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, August 17, 2016

Cara Menanam Kelapa Bibit Unggul Yang Baik Dan Benar

Kelapa (Cocos nucifera) yaitu anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh insan sehingga dianggap sebagai flora serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga yaitu sebutan untuk buah yang dihasilkan flora ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. Varietas kelapa yang paling populer adalah:

Perawatan yang dilakukan yaitu dengan pencucian rumput atau gulma yang ada disekitar bonggol batang kelapa, lakukan penyiangan hingga radius 1 meter dari batang ketika usia tumbuhan masih kecil. Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk urea pada ketika umur tumbuhan 1 bulan, taburkan pupuk di sekitar batang dengan jarak 20cm dari batang. Selanjutnya lakukan pemupukan 2 kali dalam setahun. Pemupukan juga sanggup memakai pupuk kandang yang diletakkan disekitar pohon dengan terlebih dahulu dibentuk lubang.

Pelepah yang sudah menguning atau layu debaiknya dipotong atau dibiarkan jatuh jikalau sudah terlalu tinggi untuk memotongnya.

Budidaya pohon kelapa akan menghasilkan nilai hemat bagi penanamnya, Buah kelapa yaitu bab paling bernilai ekonomi. Selain itu bab lain juga sangat bermanfaat ibarat Sabut kelapa, bab mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai materi bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebenarnya yaitu bab endokarp, digunakan sebagai materi bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan materi baku banyak sekali kerajinan tangan.

Selain itu buah kelapa juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : air kelapa sanggup menetralisisr racun, menurunkan berat badan, baik untuk ibu hamil, mengurangi dehidrasi, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, pengganti ion tubuh, menjaga tekanan darah, mengatasi migrain, dan lain sebagainya.

    Previous
    Next Post »

    Post a Comment