Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, August 17, 2016

Hal Sepele Tapi Berbahaya | Kurangi Kebiasaan Membunyikan Jari, Alasannya Yaitu Beresiko Bagi Kesehatan

 Membunyikan jari-jemari ketika lelah sampai berbunyi "krek" rasanya sungguh nikmat. Tak hanya jari-jemari yang menjadi sasaran. Sendi leher, punggung, pergelangan lengan sampai jari-jari kaki pun tak luput dibunyikan. Sebelum melanjutkan kebiasaan Anda tersebut, ketahui dulu yuk dampaknya bagi kesehatan!

 Sebelum melanjutkan kebiasaan Anda tersebut Hal Sepele Tapi Berbahaya | Kurangi Kebiasaan Membunyikan Jari, Karena Beresiko Bagi Kesehatan
Kebiasaan Membunyikan Jari, Karena Beresiko Bagi Kesehatan


Mengapa sendi kita sanggup berbunyi ketika digertakkan?

Manipulasi sendi dengan menggertakkan sanggup menghasilkan suara "krek" pada sendi. Sendi di badan Anda (termasuk sendi jari tangan) mempunyai semacam kantong kecil yang terisi oleh cairan sendi atau cairan sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas biar tidak terjadi tabrakan eksklusif ketika sendi Anda digerakkan.

Ketika Anda menarik, memutar atau menggertakkan sendi, volume di antara rongga tersebut akan melebar dan bertambah. Volume yang melebar tersebut akan menyebabkan terjadinya tekanan negatif yang mengisap cairan sendi ke rongga yang baru. Cairan yang masuk secara tiba-tiba ini akan menciptakan timbulnya suara "krek" ketika Anda menggertakkan.

Apakah bahayanya jikalau kita sering membunyikan jari?

Banyak mitos yang mengklaim bahwa kebiasaan membunyikan jari sanggup meningkatkan risiko terjadinya arthritis atau radang sendi. Terdapat suatu studi yang dipublikasikan di Journal of American Board Family Medicine tahun 2011 yang dilakukan pada 215 orang (usia 50-89), yang membandingkan antara mereka yang sering membunyikan jari dan yang tidak.

Hasil dari studi ini menyebutkan bahwa kebiasaan membunyikan jari tidak menyebabkan seseorang mengalami peningkatan risiko osteoarthtritis, meskipun orang tersebut sering melakukannya. Studi lain juga mendukung hal yang sama. Bahwa tidak ada peningkatan risiko arthtritis pada mereka yang mempunyai kebiasaan membunyikan jari.  

Namun, kebiasaan membunyikan jari sanggup meningkatkan risiko pembengkakan tangan dan menurunkan kekuatan genggaman tangan.

Previous
Next Post »

Post a Comment