Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, November 29, 2016

Cara Gampang Menanam Wortel Hidroponik Untuk Pemula

Anda tidak perlu menggali di tanah atau bahkan memiliki halaman untuk menanam sayuran sendiri. Anda juga tidak perlu banyak peralatan mahal. Sebuah sistem hidroponik sederhana memungkinkan Anda menanam sayuran di halaman rumah anda. Pada kesempatan ini hidrafarm akan membahas bagaimana cara budidaya wortel hidroponik. 


Wortel (Daucus carota L) berasal dari Asia Tengah yang kemudian tersebar ke banyak sekali wilayah di seluruh dunia, termasuk famili Umbelliferae. Tanaman ini banyak ditanam di tempat beriklim temperate (sedang) pada animo dingin. Bila ditanam di dataran rendah akan tumbuh tinggi saja dan tidak terbentuk umbi.

PERSYARATAN TUMBUH
Suhu optimum untuk pertumbuhan tumbuhan wortel ialah 15-210C. Suhu demikian cocok untuk pertumbuhan akar dan penggalan atas tumbuhan sehingga warna dan bentuk akar sanggup optimal. Tanah yang cocok untuk pertumbuhan wortel ialah tanah yang drainasinya baik, kaya materi organik dan subur dengan ketinggian 1200-1500 m dpl. Tanah lempung berpasir cocok untuk budidaya wortel alasannya ialah gampang untuk penetrasi akar sehingga pertumbuhannya sanggup mencapai ukuran panjang dan besar yang optimal. pada tanah dengan pH 5-8. Kelembaban tanah merupakan hal yang sangat penting untuk pertumbuhan tumbuhan wortel, termasuk ketika pesemaian supaya diperoleh bibit dengan pertumbuhan yang seragam dan pertumbuhannya cepat sesudah ditanam di lapangan.
Pertanaman tumpang sari tidak terlalu banyak dipakai dalam budidaya wortel, namun jikalau akan dipakai memerlukan pemilihan tumbuhan yang selektif.

CARA MENANAM
Benih wortel disemai terlebih dahulu dalam wadah dengan media tanam arang sekam atau tanah berpasir. Usahakan sering disemprot dengan air untuk menjaga kelembaban tanah. Benih akan menumbuhkan daun batang dan umbi wortel.


Setelah umbi wortel dan batang daun cukup kuat, semaian wortel diambil dari media tanam dan dibersihkan. Bibit wortel siap dipindahkan ke sistem hidroponik yaitu dengan sistem tetes/ drip irigation. Media tanam yang dipakai sanggup dengan clay ball atau pecahan kerikil bata.
 Wortel dalam media tanam clay ball tampak pada gambar di bawah ini.
 Atau sanggup juga memakai media pecahan arang kayu menyerupai gambar di bawah ini.








Previous
Next Post »

Post a Comment