Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, November 22, 2016

Cara Membangun Greenhouse Ekonomis Biaya

contoh rak NFT bertingkat
Kadang kala ketika kita mau berusaha / bisnis biasanya awal ada kendalanya dana untuk memulai,nah banyak orang beranggapan untuk berhidroponik harus memakai green house, memang tidak salah sih. Namun kalau anda memang benar benar mau ber hidroponik greenhouse tentu saja bukan halangan untuk memulai. Ada banyak jalan untuk dapat berhidroponik. Ada tumpuan pelaku hidroponik yang sudah berproduksi tanpa memakai greenhouse, kalo gak salah namanya pak Kunto, kemarin sempat baca di majalah Trubus,hehe

Dan ternyata pun dapat berhasil, tentu saja dengan teknik khusus supaya air hujan dan hambatan lingkungan tidak menjadi masalah,atau setidaknya dapat diminimalkan.  untuk artikel wacana kelebihan dan kekurangan greenhouse anda dapat membaca selanjutnya tentu saja terserah anda ya, kalau memang modal anda cukup anda dapat eksklusif membangun greenhouse.Untuk Hobi anda dapat menciptakan greenhouse dengan kapasitas kecil dulu contohnya ukuran 3x5 meter, atau 6x9 meter. atau silahkan diadaptasi dengan ukuran lahan yang anda miliki. 

Untuk ukuran 3x5 anda sudah dapat menciptakan rak NFT bertingkat 2 rak dengan panjang 4 meter. untuk 1 rak bertingkat biasanya 1 sisi dapat berisi sampe 7 pralon jadi kalo 2 sisi 14 pralon, namun ada juga yang hanya 5 pralon.. monggo diatur aja. 

Untuk 7 tingkat maka anda anda dapat menciptakan 2 rak NFT dengan total 28 pralon dengan panjang 4 meter. Jika setiap pralon masing masing 20 lubang tanam maka dengan greenhouse ukuran 3x5 saja anda dapat menciptakan 2 rak NFT dengan total 560 lubang tanam. 

artinya anda dapat menanam flora ibarat lettuce sebanyak 560 benih, kalau rata2 per kg isi 10 flora lettuce ketika panen maka anda dapat panen total 56 kg dalam satu kali periode tanam. menarik?? silahkan anda coba...Jika anda sudah mempunyai sasaran pasar anda dapat meningkatkan produksi anda, misal disetting mau panen setiap hari berapa kg lettuce atau jenis sayuran lainnya. 

selamat mencoba

supaya sukses


Previous
Next Post »

Post a Comment