Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, November 13, 2016

Cara Menanam Blewah Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Blewah Yang Baik dan Benar - Blewah merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah menyerupai melon, buah blewah banyak dimanfaatkan sebagai materi baku pembuat minuman penyegar. Sekilas buah ini menyerupai dengan labu (waluh) dengan bentuk kulitnya yang membentuk bundar bergelombang. Buah yang sau ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi, beberapa manfaat blewah bagi kesehatan diantaranya: Menurunkan berat badan, Menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung, serta mencegah risiko penyakit kanker.
 Blewah merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah menyerupai melon Cara Menanam Blewah Yang Baik dan Benar

Cara membudidayakan blewah tidak jauh berbeda dengan cara menanam melon, berikut beberapa langkah cara menanam blewah yang benar:

Menyiapkan Bibit Blewah
Bibit blewah sanggup diperoleh di kios-kios pertanian, baca dan periksa kemasan bibit dengan benar. Jangan hingga ada kerusakan kemasan dan kadaluarsa.
Periksa juga syarat tumbuh dari blewah yang ada, sesuaikan dengan kondisi di kawasan anda. Pada dasarnya tanamannya blewah sanggup tumbuh dengan gampang di semua kawasan tropis baik dataran rendah maupun tinggi.
Bibit blewah sanggup eksklusif di tanam ke lahan tanam permanen, tapi juga sanggup dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Namun semoga tidak repot sebaiknya biji blewah sanggup eksklusif ditanam ke lahan tanam permanen. 
Menyiapkan Lahan 
Lahan tanam harus digemburkan terlebih dahulu memakai bajak atau cangkul, sesudah itu bentuklah bedengan dengan ukuran lebar 80cm - 120cm meter dan ketinggian 40 cm. Taburkan pupuk kandang secara merata dan bila ada jerami sisa panen padi sanggup juga ditebarkan di atas tegalan. Jika anda menginginkan pelatik mulsa, pasanglah pelastik mulsa untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput di area tanam blewah. Biarkan lahan taman selama seminggu sebelum ditanami. 
 Blewah merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah menyerupai melon Cara Menanam Blewah Yang Baik dan Benar

Menanam Biji Blewah
Seperti halnya menanam kedelai di sawah atau menanam jagung, biji blewah ditanam dengan tunjangan tugal (kayu yang diruncingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak 70 cm x 70cm antar lubang tanam. Jika anda memakai pelastik mulsa, maka sebelum menciptakan lubang tanam sebaiknya anda menciptakan lubang pada mulsa terlebih dahulu dengan memakai besi bundar yang dipanaskan.
 Blewah merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah menyerupai melon Cara Menanam Blewah Yang Baik dan Benar
Masukkan 2-3 biji blewah ke dalam lubang tanam, dan lakukan penutupan lubang dengan menekan tanah yang ada diskitar lubangnya secara perlahan. Biji blewah akan tumbuh dan muncul tunas pada umur sekitar 7-10 hari sesudah tanam. Lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari, terutama dikala demam isu kemarau. Jika demam isu penghujan penyiraman sanggup diabaikan.

Perawatan Tanaman Blewah
Lakukan penyulaman bila biji yang ditanam tidak tumbuh, bersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. Dan lakukan pemupukan dengan pupuk kandang pada umur 3 minggu, bila diharapkan lakukan pemupukan dengan pupuk kimia yaitu pupuk NPK secukupnya. 
Pemanenan Buah Blewah
Tanaman buah blewah biasanya akan menghasilkan buah yang siap panen pada umur 3 bulan dari penanaman. Pemetikan dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau gunting. 
Itulah beberapa langkah cara menanam buah blewah semoga menghasilkan buah yang banyak. Tanaman buah blewah selain dibudidayakan di kebun, tanaman buah melon ini juga sanggup di tanam di dalam pot atau polybag. Cara menanam blewah di pot atau polybag tentunya hampir sama dengan menanam blewah di kebun, hanya saja lahan tanam yang perlu disiapkan ialah pot atau polybag.

Previous
Next Post »

Post a Comment