Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 25, 2016

Panduan Cara Gampang Budidaya Cacing Sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra - Cacing yang banyak oleh para peternak ikan hias maupun para pembudidaya ikan ikan air tawar, cacing sutra ini sangat dibutuhkan untuk masakan benih ikan yang masih kecil kecil. cacing sutra ini merupakan cacing yang bisa hidup dengan air yang ph nya sangat rendah. contohnya menyerupai cumberan,limbah dapur,sungai atau pun kali cilek/ kalen. Cacing sutra sangat bermanfaat sekali untuk pertumbuan larva {anak ikan} Seperti lele, gurameh,nila,bawal,tombro dll.
Tubifek/cacing sutra sangat cocok untuk masakan larva lantaran ukuranya yang sangat kecil dan bisa bertahan hidup diair selama 3hari. Disanping itu mempunyai kadar protein yang sangat tinggi yaitu mencapai 70% dan kadar lemak 13% jadi sangat pas untuk kebutuhan larva.
 Cacing yang banyak oleh para peternak ikan hias maupun para pem<b><a href=budidaya ikan ikan air taw Panduan Cara Praktis Budidaya Cacing Sutra" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihgce7fdmp69Ymi3b1k3KhhylILz1H8S51H33lCFUMpUsbZbAU1fk9BT-x7Tc897hY3Q4WBGQMNPfuSJnfGUqfv9RgJhn3JLfHzsNP9A0MLL5Gtk1aIben-WpbGLcxRzxUoO5jSN_o1gw/s1600/tubifex.jpg" />
Cacing sutera atau cacing darah ini kebanyakan diperoleh dari sumber alam yaitu dengan memanen dari sungai atau parit. Hal ini tentu saja tidak sanggup mengimbangi perkembangan kebutuhan para breeder ikan akan pakan alami tersebut. Dewasa ini usul ikan baik hias maupun produksi semakin melejit. Para pembudidaya ikan semakin maju dalam menerapkan teknik budidaya yang lebih modern baik secara intensif maupun ekstensif. Mereka semakin efisien dan efektif dalam administrasi budidaya ikan. Waktu panen produksi ikan dibutuhkan semakin cepat lantaran akan meningkatkan turnover produksi yang nota bene juga akan meningkatkan kocek para pembudidaya ikan. Kecepatan panen tentu saja harus diimbangi dengan penyedian pakan yang bergizi tinggi sehingga masa panen akan semakin pendek. Oleh alasannya ialah itu penyediaan pakan alami menyerupai cacing sutera harus berimbang dengan kebutuhan para petani ikan tersebut.

Saat ini kebutuhan akan cacing sutera memang tidak terbatas lantaran banyaknya perjuangan budidaya perikanan. Sedangkan para penyedia cacing sutera belum bisa memenuhi sepenuhnya usul yang ada. Cacing sutera hasil tangkapan dari alam tidak sepanjang waktu tersedia. Cacing ini biasanya gampang dijumpai pada dikala ekspresi dominan kemarau dimana air sungai surut. Namun pada dikala ekspresi dominan penghujan dimana air sungai meluap, habitat cacing akan tersapu air sungai sehingga sulit diperoleh sehingga pasokannya menurun drastis. Sehingga budidaya cacing tubifex ini peluang emas yang sanggup mendatangkan rejeki lantaran kebutuhan pasar yang tinggi, minim lahan dan minim biaya pemeliharaan.

Cara Budidaya Cacing Sutra

Langkah langkah untuk memulai budidaya cacing sutra sebagai berikut :

1. persiapkan kolam
2. persiapkan media
3. perawatan

Persiapkan kolam
Dalam persiapkan bak perlu diperhatikan kondisi dan daerah yaitu jangan terlalu panas dan jangan terkena sinar matahari secara langsung.
Kebutuhan sinar matahari hanya butuh 30% saja.
Cara menciptakan kolam 
-tanah digalih 5-10 cm
-plastik/terpal dipasang dengan ukuran 50-100 cm panjang 5-15m
-platek/penyanggah plastic

Persiapan media
Dalam persiapan media yang baik akan mengakibatkan cacing akan berkembang biak dengan baik.
Bahan yang perlu disiapkan kotoran ayam potong,sapi,puyuh,pospat, kapur,formula,vitamin tetes tebu semua di fermentasi biar menjadi lumpur yang halus .
Semua materi direndam selama 4 hari dan airnya dibuang dan diisi lagi setinggi 5cm dan dibiarkan selama 10 hari air dibuang diisi air benih siap ditebar.
Setelah itu gres diberi formula dan vitamin lagi.

Perawatan
Dalam perawatan air harus mengalir/diberi sirkulasi.
Pakan cacing sutra tidak perlu mahal hanya sederhana sekali yaitu:
1. ampas tahu/tahunya.
2. telur.
3. bekatul.
4. tetes tebu.
Untuk ukuran pakan 1x15m cukup 4 papah tahu 2kg bekatul 2telor 2tutup tetes tebu ini untuk 3 hari.

Masa panen
Untuk pertumbuhan yang manis dalam 1x1m menghasilkan 5 glas the [untuk penebaran benih 15m membutuhkan 9 glas induk.
Setelah itu tidakl perlu menebar benih lagi ataupun media.
Untuk 5tahun kedepan cacing sutra akan menjadi pakan yang sangat diminati para pembudidaya ikan . Inipun dikala ini pembenih ikan lele kekurangan cacing sutra untuk pakan.
Di pati budidaya/pembenihan lele sangat banyak sekali.
Daerah pati budidaya lele sangat banyak dan budidaya cacing sutra masih belum nampak dikala ini masih mengandalkan pencarian di sungai dan got.

Demikianlah langkah langkah budidaya cacing sutra yang aku ambil dari blog sahabat, semoga ini membantu sobat teman yang sedang ingin memulai perjuangan dan bisa menjadi salah satu pilihan perjuangan yang mau anda jalani. 

Previous
Next Post »

Post a Comment