Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 18, 2016

Wah Begini Belakang Layar Pengobatan Diabetes Dengan Memakai Petai Cina


Petai cina atau juga disebut dengan lamtoro ternyata mempunyai khasiat untuk menormalkan fungsi pankreas penghasil hormon insulin. Hormon inilah yang menormalkan kadar gula darah badan yang sangat diharapkan oleh penderita penyakit diabetes.

Petai cina (Leucaena leucocephala) merupakan flora yang mempunyai batang pohon keras dengan ukuran sedang. Tanaman yang juga biasa disebut dengan lamtoro ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Saat ini, petai cina sudah banyak ditemukan diberbagai negara termasuk di tanah air.

Para petani seringkali memanfaatkan tumbuhan petai cina ini sebagai tumbuhan pagar, pupuk hijau dan sebagainya. Tumbuhan ini lebih cocok hidup di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 1.500 meter dpl. Di Indonesia sendiri, petai cina hampir musnah alasannya yakni rentan dengan serangan hama wereng.


Petai cina ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati banyak sekali penyakit mematikan. Menurut situs manfaatdaunku.com, sebuah penelitian mengungkap kandungan zat baik yang terkandung dalam petai cina, diantaranya mineral dan kalsium dengan kadar tinggi. Daun serta buah dari tumbuhan petai cina yang seringkali dimanfaatkan sebagai obat penyakit mematikan ibarat diabetes dan kanker.

Rasa petai cina yang sedikit elok bercampur dengan rasa pahit, diketahui juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium dan energi. Banyaknya kandungan zat yang bermanfaat untuk badan tersebut, menciptakan petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati disentri, menyehatkan kulit dan membunuh cacing dalam badan (bagi yang menderita cacingan).

Bagaimana flora petai cina bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit diabetes?

Konsumsi rutin petai cina ternyata bisa menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin. Seperti diketahui, hormon insulin inilah yang menormalkan kadar gula darah dalam badan penderita penyakit diabetes.

Cara menciptakan obat penyakit diabetes dari petai cina yakni sebagai berikut :
Ambil buah petai cina secukupnya lalu digoreng tanpa minyak. Selanjutnya, tumbuk halus petai cina tersebut sampai halus berbentuk bubuk. Seduh 1 atau 2 sendok debu petai cina tersebut dan seduh dengan air panas layaknya menciptakan kopi.
Konsumsi rutin 1 gelas per hari akan menciptakan kadar gula darah penderita penyakit diabetes akan normal. Disarankan untuk berolahraga serta tetap menjaga asupan makan yang mengandung gula dan makanan/minuman elok lainnya untuk tetap menjaga kadar gula darah tetap normal.

[via Tribunnews]

Previous
Next Post »

Post a Comment