Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, December 4, 2016

Cara Gampang Menanam Cemara Udang

MENANAM CEMARA UDANG -- Cemara udang menjadi tumbuhan favorit penghias taman dan kebun. Biasanya Tanaman cemara udang digunakan untuk lebih memberi kesan lembut pada bangunan dan taman. Ini sesuai dengan bentuk daun cemara udang yang lembut. Kombinasi tumbuhan cemara udang pada taman biasanya dikombinasi dengan kolam taman, Cemara udang akan menawarkan kesan manis pada kolam ikan. Salah satu hal yang diminati orang menanam cemara udang ialah karaker tumbuhan cemara udang yang tumbuh natural ibarat bonsai.

Tanaman Cemara Udang

Mengapa Disebut Cemara Udang?

Tanaman Cemara Udang tumbuh dengan tinggi sekitar empat meter, batang cemara ini tidak tumbuh lurus ke atas layaknya cemara tapi cenderung meliuk. Tidak mengherankan, sehabis berpuluh-puluh tahun bentuknya jadi mirip udang yang bongkok. Apalagi ranting-ranting kecilnya yang panjang tumbuh rapat, mirip kaki-kaki yang keluar dari badan udang.  Inilah sebab-musabab penduduk Madura menyebutnya cemara udang.

Cemara Udang mempunyai daun yang  lurus bagaikan jarum , mempunyai panjang sekitar 10—15 cm, tumbuh rimbun di ranting-rantingnya. Saking rimbunnya, ketika matahari bersinar terik pun kondisi di bawah cemara ini teduh meskipun daunnya berbentuk mirip jarum. Cemara ini mempunyai nama ilmiah Casuarina equisetifolia.


Penempatan Cemara Udang di Taman

Dalam menanam Cemara Udang di taman, penataan cemara Udang seyogyanya  di kawasan yang banyak terkena sinar matahari.  Selain itu penempatan Tanaman Cemara Udang harus terlihat mencolok, lantaran kiprahnya sebagai fokus pandangan. Cemara udang harus dipelihara lebih tinggi ketimbang tanaman-tanaman di sekelilingnya. Untuk mendapat tampilan mirip bonsai, hobiis butuh waktu sekitar 4 bulan biar daunnya terlihat bagus.

Cemara Udang akan tampak lebih indah bila ditampilkan bersamaan dengan beberapa jenis tanaman hias lain disekitarnya.  Tanaman lain yang cocok untuk dipadukan dengan cemara udang ditaman mirip katis kodok, lili paris, dan Miranda palm. Nah tanaman-tanaman tersebut mempunyai warna yang cocok bila dipadukan dengan keindahan liukan cemara udang.

Cara Merawat Cemara Udang

Menanam Cemara Udang dapat dimulai dengan membeli Cemara udang bakalan, setengah jadi atau sudah jadi dan sudah dibuat ibarat bonsai bahkan sudah menjadi bonsai. Namun untuk harga yang murah anda dapat membeli bakalan Cemara Udang.

Menanam Cemara udang dapat dilakukan di dalam pot dan juga dapat pribadi di dalam tanah. Menanam Cemara Udang pribadi di dalam tanah akan lebih cepat tumbuh besar dan berkembang. Tanah harus cukup subur dan diberikan pupuk kandang terlebih dahulu. Sebelum tumbuh besar, sebaiknya tumbuhan Cemara udang diliarkan akar batang besar, gres dibuat sesuai dengan yang dikendaki.

Berikut beberapa langkah merawat Cemara Udang:
- Gunakan serutan kayu untuk media penamnaman Cemara Udang di dalam pot.
- Lakukan penyiraman air pada Pagi dan sore.
-   Setiap hari pot diperiksa biar tidak dihuni rayap
-   Bersihkan daun-daun dari sarang laba-laba
-   Berikan pupuk NPK untuk menyuburkan pertumbuhan daun dan batang
-   Penyemprotan pestisida dilakukan seminggu sekali
-   Cegah serangan kutu daun dan batang dengan menyemprotkan pestisida sebulan sekali
-   Setiap bulan potong daunnya untuk meratakan pertumbuhannya
-     Pemberian pupuk kandang jangan berlebihan

Untuk menyebarkan Tanaman Cemara Udang dapat dilakukan dengan Cara stek batang. Cara Stek batang pada tumbuhan cemara udang dilakukan dengan memotong penggalan batang cemara udang lalu ditanam . Cara perbanyakan Cemara Udang dapat dilakukan dengan stek batang. Cara stek dilakukan dengan mengambil cabang kecil berdiameter 1 mm dan panjang 5 cm dan lalu direndam dalam larutan naphthalene-1-acetic acid (NAA) sebelum ditanam dalam pot plastik.

Nah itulah banyak sekali langkah dan cara merawat Tanaman Cemara udang, cukup  gampang bukan? Selanjutnya anda sudah dapat mempunyai taman yang indah dengan Cemara Udang yang menawan.




Previous
Next Post »

Post a Comment