Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, December 29, 2016

Cara Gampang Pemupukan Padi Sawah Yang Sempurna Dan Benar

Budidaya padi sawah menjadi kegiatan rutin masyarakat yang tinggal didaerah pedesaan khususnya mereka yang tinggal didataran rendah. Seperti halnya masyarakat kawasan kami tinggal yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani padi. Bagi para petani padi, khususnya petani padi sawah tentu sudah tidak gila lagi dengan proses pemupukan padi. Rata-rata mereka sudah paham bagaimana cara memupuk tanaman padi yang benar, berapa takaran pemupukan tanaman padi yang tepat, dan kapan aktivitas pemupukan padi sawah yang sempurna untuk dilakukan. Meskipun demikian banyak juga para petani padi yang belum begitu paham mengenai aktivitas pemupukan tanaman padi sawah ini. Karena kalau pemupukan tidak sesuai dengan hukum yang benar, maka tentu saja hal itu kurang baik untuk pertumbuhan padi.
Budidaya padi sawah menjadi kegiatan rutin masyarakat yang tinggal didaerah pedesaan khusu Cara Praktis Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar

Jadwal pemupukan padi sawah ini memang harus diperhatikan oleh para petani padi semoga nantinya pertumbuhan padi sanggup berjalan dengan normal dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pemupukan padi ini biasanya dilakukan beberapa tahap, dari mulai padi berumur 1 ahad hingga dengan padi siap untuk panen. Lalu bagaimana aktivitas pemupukan padi yang baik dan benar? Berikut ini  akan membuatkan informasi perihal Jadwal Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar. Yang mana aktivitas pemupukan ini juga diubahsuaikan dengan jenis pupuk yang digunakan.


Jadwal Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar


Adapun takaran pemupukan untuk seluruh tumbuhan padi sawah untuk satu hektar yaitu, 500 kg petroganik, 270 kg Phonska, serta 180 kg pupuk UREA. Atau sanggup juga pupuk UREA dikurangi menjadi 135 kg dan ditambah pupuk ZA sebanyak 90 kg. Jadwal pemupukannya adalah saat tumbuhan padi sudah berumur 1-2 minggu, biasanya sehabis tumbuhan padi mulai menghijau. Kalau tidak ada pupuk jenis tersebut, anda sanggup memakai UREA saja dulu, kemudian sanggup ditambah untuk pupuk susulan.

Untuk pupuk susulan sanggup diberikan sehabis tumbuhan padi berumur sekitar 1 bulan dengan pupuk PHONSKA takaran 150 kg dan 50 kg pupuk UREA per hektar. Waktu pemupukan tanaman padi ini sebaiknya jangan terlalu pagi, kira-kira jam 8-10 pagi saat embun sudah menghilang. Kalau tidak pagi sanggup juga sore sekitar jam 5. Selain itu juga harus diperhatikan kondisi cuaca, contohnya ekspresi dominan hujan tiba, maka kalau ekspresi dominan hujan pemupukan ditahan dulu semoga pupuk yang kita tebarkan tidak sia-sia. Tunggu hingga kondisi cuaca stabil dan kering.  Jika ada ajaran air irigasi yang masih hidup semoga ditutup dulu saat hendak menawarkan pupuk pada tumbuhan padi sawah ini. Kaprikornus pada pada dasarnya pemupukan padi ini kondisi sawah harus kering untuk sementara waktu.

Mudah-mudahan informasi singkat perihal Jadwal Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Previous
Next Post »

Post a Comment