Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, December 23, 2016

Cara Gampang Teknik Budidaya Jagung Yang Baik Dan Benar

Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan biji-bijian dari keluarga rumput-rumputan. Berasal dari Amerika yang tersebar ke Asia dan Afrika melalui acara bisnis orang-orang Eropa ke Amerika. Sekitar masa ke-16 orang Portugal menyebarluaskannya ke Asia termasuk Indonesia. Orang Belanda menamakannya mais dan orang Inggris menamakannya corn.

Persiapan lahan yang perlu dilakukan meliputi, dukungan pupuk organik atau pupuk kandang yang sudah difermentasi. Pupuk organik diberikan dengan cara menaburkan pupuk membentuk larikan/baris diadaptasi dengan baris yang akan dipakai sebagai daerah penanaman jagung. Dosis dukungan pupuk organik cukup 2 ton/Ha.


budidaya+jagung.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">budidaya+jagung.jpg" width="640" />

Pengapuran perlu dilakukan untuk meningkatkan pH pada tanah asam sampai mendekati normal. Dosis pengapuran untuk secara umum dikuasai tanah di pulau Jawa sebanyak 400 kg/Ha. Pemberian kapur dilakukan seberti dukungan pupuk kandang, yaitu ditaburkan membentuk larikan/baris.

Pembuatan atau perbaikan drainase untuk melancarkan pembuangan air dikala ekspresi dominan hujan. Pembersihan gulma memakai herbisida pra-tumbuh dengan dosis/konsentrasi sesuai pada kemasan. Setelah penyemprotan herbisida pra-tumbuh lahan dibiarkan selama 10 hari.

Persiapan benih sebanyak 6 Kg/Ha, termasuk untuk cadangan penyulaman. Benih yang akan ditanam terlebih dahulu direndam dalam larutan insektisida selama 1 jam, pola materi aktif yang dapat dipakai ialah profenofos, betasiflutrin, klorpirifos, atau lamdasihalotrin dengan takaran sesuai pada kemasan. Tujuan perendaman benih ini ialah untuk mengantisipasi serangan semut sehabis benih ditanam.

Buat lubang tanam dengan jarak 40 cm sekaligus buat lubang sebagai daerah pemupukan dengan jarak 10 cm dari lubang tanam. Jarak antar baris selebar 70 cm. Tanam benih jagung yang sudah direndam dalam larutan insektisida sebanyak dua butir per-lubang tanam. Setelah itu lakukan pemupukan pada lubang pemupukan yang sudah dipersiapkan dengan perbandingan 2 NPK 15-15-15 dan 1 urea. Dosis pemupukan sebanyak 1 sendok makan per-lubang.

Penyulaman dilakukan pada umur 7 hari sehabis penanaman. Penyulaman dilakukan untuk mengganti benih jagung yang tidak tumbuh atau benih jagung yang terjangkit hama, menyerupai ulat.

Sanitasi lahan pada budidaya jagung mencakup pengendalian gulma dan pengaturan air. Pengendalian gulma dikukan dengan cara penyiangan memakai cangkul. Pencangkulan dilakukan tipis hanya untuk memotong gulma di permukaan. Setelah itu tanah bekas cangkulan dibalik dan dipakai untuk menimbun batang tanaman jagung semoga lebih berpengaruh jikalau diterpa angin.

Pengaturan air dilakukan dengan memperbaiki susukan irigasi pada ekspresi dominan hujan, atau penggenangan lahan jikalau diharapkan pada ekspresi dominan kemarau.

Pupuk akar diberikan dengan cara menciptakan lubang pemupukan dengan jarak 15 cm dari batang, kemudian pupuk diberikan pada lubang yang sudah dibentuk dan diurug memakai tanah. Pemupukan pertama diberikan pada umur 25 hari dengan perbandingan 2 NPK 15-15-15 dan 1 urea. Berikan pupuk sebanyak 1 sendok makan per lubang tanam. Pemupukan kedua diberikan pada umur 50 hari memakai NPK 15-15-15. Dosis pemupukan 1 sendok makan per-lubang tanam.

Pupuk daun dengan kandungan nitrogen tinggi diberikan pada umur 15, 22, 29, dan 36 hari, sedangkan pupuk daun dengan kandungan phosphat dan kalium tinggi diberikan pada umur 40, 47, 54, dan 61 hari

Cara diatas ialah cara singkat dalam metode penanaman jagung. Untuk panduan lengkap cara menanam jagung dan teknik budidayanya, termasuk cara pemupukan dan pengendalian hama, 


Previous
Next Post »

Post a Comment