Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, December 4, 2016

Cara Menana Tanaman Ketapang Kencana Sebagai Peneduh Rumah

KETAPANG KENCANA -- Jika anda menginginkan taman rumah yang teduh dan indah, mungkin dapat menentukan Ketapang Kencana sebagai tumbuhan pilihan. Ya Ketapang kencana memang termasuk salah satu tumbuhan perdu yang sering digunakan peneduh pada taman kota. Tidak hanya peneduh saja, ketapang kencana mempunyai keindahan pada tajuk yang bertingkat-tingkat. Pohon Ketapang kencana  berbentuk pohon tinggi dengan cabang yang berjarak dengan cabang lain. Daunnya kecil-kecil dan jarang-jarang. Selain itu tumbuhan Ketapang kencana ini mempunyai manfaat sebagai penyerap polusi udara, sehingga cocok untuk ditanam di taman-taman kota dan juga taman rumah.

Konon katanya Ketapang kencana merupakan tumbuhan endemik dari kawasan Madagaskar, namun kini diintroduksi ke banyak sekali kawasan tropika, termasuk Indonesia. Kini Tanaman Ketapang kencana ini telah banyak ditemukan menghias taman-taman rumah maupun taman lainnya.  Untuk penghias taman, tumbuhan ketapang kencana ini akan sangat cantik apabila dipasang di area landscape dengan di sinari lampu taman dari bawah dengan lampu tembak.

Bagi anda yang belum familiar dengan tumbuhan ketapang kencana ini, anda dapat mengamati tumbuhan dengan ciri-ciri  yang  berkembang biak dengan biji, mempunyai batang utama yang tegak lurus dan jarang bercabang. Karakteristik lainnya dari tumbuhan ini terletak dari daunnya yang berwarna hijau kecil lembut dan rapat dengan pertumbuhan tumbuhan yang dapat mencapai hingga 10 meter. Dan tak kalah pentingnya, tumbuhan ini tahan terhadap paparan sinar matahari yang terik.

Cara Menanam Ketapang Kencana

Untuk menanam ketapang kencana dalat dilakukan dengan banyak sekali jalan,Salah satu cara yang gampang menanam ketapang kencana yaitu melalui cangkok. Seperti pada umumnya mencangkok, ada beberapa hal yang harus di perhatikan terlebih dahulu, yakni pilihlah batang yang bagus, tidak cacat dan lurus. Selanjutnya Kerat batang pohon dan hilangkan lendir yang ada pada batang. Timpal dengan tanah dan balutlah dengan plastik bening. Sesudah itu, siramlah secara terencana hingga akarnya tumbuh banyak. Lalu potong dan simpan ditempat yang lembab.

Media tanam dari Ketapang Kencana  sebaiknya Anda olah tanah dengan pupuk kandang/kompos (1:1) hingga merata. Buat lubang tanam sedalam 30 cm kemudian tanam dan padatkan areal tanam disekitar bibit. Siram semoga media tanam lembab. 

Setelah Ketapang Kencana ditanam pada media yang baik, selanjutnya yaitu dengan melaksanakan perawatan yang baik. Perawatan Tanaman Ketapang Kencana salah satunya yaitu penyiraman .Penyiraman Ketapang kencana dilakukan  seperlunya saja, tidak usah setiap hari, terlebih yang ditanam di pekarangan atau lahan luas. Dan yang tidak kalah penting yaitu berikan nutrisi berupa pupuk baik buatan atau organik secara terencana setiap 2-3 bulan sekali.

Nah dengan perawatan dan penanaman pada media yang baik, ketapang kencana akan tumbuh subur dan indah, dengan dahan yang bersusun indah serta teduh.



Previous
Next Post »

Post a Comment