Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, December 4, 2016

Cara Menciptakan Tanaman Kelengkeng Dapat Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah - Kelengkeng marupakan jenis buah-buahan yang isinya ibarat rambutan namun kulitnya mirip duku namun agak keras. Di Indonesia, Buah ini mempunyai banyak jenis yang tumbuh, diantaranya ialah jenis Kelengkeng pingpong (buah agak besar dan rasa manis), kelengkeng diamond river (rasa buahnya manis), puan ray (perpaduan antara diamond river dan pingpong), dan kelengkeng aroma durian (rasa buahnya ada aroma durian).
Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah Cara Membuat Tanaman Kelengkeng Bisa Berbuah Lebat Sepanjang Tahun
Buah kelengkeng selain yummy dimakan, ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kelengkeng bagi kesehatan diantaranya:
  1. Sebagai anti-depresan, kandungan vitamin dalam buah kelengkeng sanggup merelaksasi sistem saraf sehingga sanggup mengurangi potensi depresi.
  2. Melancarkan sirkulasi darah dalam badan jikalau dikonsumsi secara rutin.
  3. Menangkal radiasi radikal bebas, sehingga dapat menghindari terjadinya kanker.
  4. Vitamin C dalam buah kelengkeng membantu menjaga kekebalan badan orang yang mengkonsumsinya.
Itulah beberapa manfaat dari kelengkeng, tentunya jikalau kita baca dari beberapa rujukan lain masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh kelengkeng bagi kesehatan manusia. Untuk membudidayakan kelengkeng juga tidak begitu sulit, kelengkeng sanggup dibudidayakan dengan melalui biji dan juga melalui stek batang (cangkok). Untuk menghasilkan tumbuhan kelengkeng yang cepat berbuah, sanggup dilakukan dengan cara pencangkokan atau okulasi. Berikut beberapa langkahnya: 

Menyiapkan Bibit

Pilihlah jenis kelengkeng yang anda sukai, dan langkah selanjutnya ialah menentukan dahan yang akan dicangkok, sebaiknya pilih dahan yang tidak terlalu bau tanah dan tidak terlalu muda. dan yang niscaya sangat penting ialah Pohon kelengkeng yang akan dicangkok ialah pohon kelengkeng yang sudah pernah berbuah. Lakukan pencangkokan dengan cara pencangkokan yang benar biar menghasilkan akar yang baik dan siap tanam. Kelengkeng hasil cangkokan yang telah mengeluarkan akar sanggup dipotong dan dimasukkan dalam polybag kecil yang telah diisi tanah dan pupuk kandang dengan terlebih dahulu dilepas pengikat cangkokannya, letakkan di area yang teduh dan lakukan penyiraman secara teratur biar bibit kelengkeng sanggup menyesuaikan dengan kondisi yang baru.

Jika anda tidak mau repot, bibit kelengkeng sanggup dibeli di kios-kios penjual bibit tanaman dengan kisaran kisaran harga 75.000 - 300.000 tergantung dari kualitas tumbuhan dan kemampuan buahnya. Pilihlah batang yang terlihat segar daunnya, jangan terlalu banyak cabang, dan tidak terjangkit hama (ulat, jamur). 

Menyiapkan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam di perkarangan rumah atau kebun anda dengan ukuran 50cm x 50 cm dengan kedalaman 50cm-60cm. Jika anda ingin menanam kelengkeng dalam jumlah yang banyak, maka buatlah lubang tanam dengan jarak 10 meter antar lubang, sebab kelengkeng sangat membutuhkan ruang tumbuh.

Masukkan pupuk kandang dalam lubang hingga 2/3 cuilan terisi, kemudian biarkan lubang tanam selama 2 ahad sebelum ditanami. Ini untuk memastikan pupuk kandang terserap tepat dalam tanah, dan kondisi unsur hara tanah stabil sehabis dilakukan penggalian.

Menanam Kelengkeng

Ambil bibit kelengkeng yang telah disiapkan, buka platisk polybag secara perlahan biar tanahnya tidak pecah, sebab tanah tersebut berfungsi sebagai masakan awal hingga akar menjulur ke tanah asli. Masukkan bibit ke dalam lubang dengan menyibakkan pupuk kandang yang sudah ada di lubang dan tutup memakai tanah sisa yang ada di sekitar lubang, namun terlebih dahulu tambahkan pupuk kandang sebagai campurannya. Padatkan secara perlahan dengan menginjaknya, kemudian lakukan penyiraman.

Lakukan hal yang sama pada setiap lubang jikalau anda menanam dalam jumlah banyak. 

Merawat Kelengkeng 

Kelengkeng sebanarnya tidak membutuhkan perawatan yang rumit, perawatan standar yang diharapkan ialah membersihakan rumput atau semak yang tumbuh di dekatnya, serta lakukan pemupukan kembali sehabis kelengkeng berumur 1 bulan dari penanaman, sebaiknya memakai pupuk kandang untuk menghasilan buah yang sehat dan organic. Jika anda menginginkan mwnggunakan pupuk kimia, maka pupuklah dengan memakai NPK.

Pemangkasan juga perlu dilakukan dikala kelengkeng berumur 1 tahun, hal ini diharapkan biar pohon kelengkeng mempunyai banyak cabang dan tidak terlalu tinggi. Semakin banyak cabang maka daerah buah keluar juga semakin banyak. 

Memanen Hasil

Tanamn kelengkeng hasil cangkokan biasanya akan berbuah sehabis berumur 1,5 tahun - 2 tahun sehabis penanaman. Buah yang siap petik ialah buah yang sudah atang dengan ciri-ciri, kulit buahnya sudah coklat muda/cerah, berbau harum, dan jikalau dipencet terasa lunak/empuk.

Cara memanen kelengkeng yang benar dapat dilakukan dengan memotong tangkainya, jangan hanya memetik buahnya. Cara ini dipercaya sanggup mempertahankan kelengkeng biar tetap berbuah banyak di animo selanjutnya.

Itulah beberapa cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah, dan beberpa keuntungannya bagi kesehatan manusia. Selain ditanam ke tanah langsung, kelengkeng juga sanggup ditanam di dalam pot. Selain diambil buahnya, kelengkeng yang ditanam di pot sanggup memperlihatkan nilai estetika bagi halaman rumah.

Previous
Next Post »

Post a Comment