Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, January 16, 2017

4 Manfaat Jerami Dalam Dunia Pertanian Yang Masih Banyak Orang Belum Tau

Tahukah anda apa itu Jerami? Jika selama ini sering kita mendengar kata jerami, biasanya hal itu berafiliasi dengan flora padi. Ya..memang jerami ini merupakan salah satu limbah dari hasil pertanian ibarat padi ini. Adapun pengertian dari jerami ini sebagaimana dikutip dari wikipedia, Jerami ialah hasil samping usaha pertanian yang berupa tangkai dan batang flora jenis serealia yang telah kering, sehabis biji-bijiannya dipisahkan. Kaprikornus maksudnya ialah bahwa jerami ini sama dengan limbah pertanian flora serealia, salah satunya ialah flora padi.

Biasanya pasca panen padi, para petani padi akan memanfaatkan jerami padi ini untuk beberapa keperluan, ibarat pakan ternak, menciptakan pupuk kompos, dan lain-lain. Tapi ada juga sebagian petani yang kurang pemahaman wacana manfaat jerami padi ini, sehingga mereka banyak yang membuang atau bahkan membakarnya, padahal kalau diteliti manfaat aben jerami padi itu tidak ada, bahkan akan memperburuk keadaan tanah atau lahan sawah. Membakar jerami padi akan mengurangi kandungan unsur hara pada tanah, bahkan kalau terlalu sering membakarnya pribadi dilahan sawah, akan mengakibatkan tanah menjadi keras dan tandus.

Apakah ada manfaat jerami padi ini? Kalau kita berbicara problem manfaat atau kegunaan jerami padi tentu saja banyak sekali. Maka dari itu disini dasar-pertanian akan membagikan warta dan pengetahuan kepada anda semua apa saja manfaat jerami padi.

Mari sama-sama kita simak klarifikasi wacana manfaat atau kegunaan dari jerami padi, mudah-mudahan nanti dengan adanya warta ini sanggup menambah wawasan kita semua betapa pentingnya ilmu pengetahuan ini.

 Jika selama ini sering kita mendengar kata jerami 4 Manfaat Jerami Dalam Dunia Pertanian Yang Masih Banyak Orang Belum tau

Beberapa Manfaat Jerami Padi


1. Jerami padi bermanfaat untuk pakan ternak

Mungkin hal ini sudah sering kita dengar dan ketahui bahwa manfaat jerami padi ini sanggup untuk pakan ternak, ibarat sapi. Jika animo panen padi sedang berlangsung, maka para peternak ibarat ternak sapi, maka ini merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi mereka alasannya ialah akan lebih gampang mencari pakan ternak. Seperti kebiasaan masyarakat tempat kami, mereka akan beramai-ramai mengumpulkan jerami padi untuk pakan ternak mereka, biasanya mereka akan pribadi memperlihatkan pada ternak, atau mereka keringkan terlebih dahulu untuk kemudian diberikan pada binatang ternak. Manfaat jerami padi untuk pakan ternak ini juga sangat baik alasannya ialah beberapa kandungan nutrisi dan gizi pada jerami padi sangat baik untuk ternak.

2. Manfaat jerami padi untuk pupuk

Pernahkah anda mendengar kalau jerami padi sanggup dibentuk pupuk kompos? Perlu anda ketahui bahwa limbah dari padi ini bahwasanya sanggup dimanfaatkan sebagai materi utama pembuatan pupuk kompos. Salah satunya manfaat jerami padi ini ialah sanggup dibentuk pupuk Bokashi. 

3. Manfaat jerami padi untuk atap gubuk

Tidak hanya bermanfaat untuk pakan ternak dan pupuk saja, ternyata manfaat jerami padi ini juga sanggup dipakai untuk menciptakan atap gubuk. Biasanya para petani akan memanfaatkan jerami padi untuk menciptakan atap atau menutupi gubuk mereka diladang. Dengan demikian akan menciptakan gubuk mereka menjadi lebih sejuk dan nyaman.

4. Manfaat jerami padi untuk pengganti plastik mulsa

Plastik mulsa merupakan salah satu alat untuk membantu meningkatkan hasil pertanian yang fungsinya menutupi lahan pertanian, terutama pada bedengan flora supaya kondisi tanah tetap terjadi kesuburannya. Tidak hanya itu, manfaat penggunaan plastik mulsa untuk flora ini juga bertujuan supaya flora terhindar dari gulma atau rumput liar, sehingga pemupukan atau pertolongan nutrisi pada flora sempurna sasaran. Namun kalau anda tidak mempunyai cukup biaya untuk membeli plastik mulsa ini, ada juga sanggup memanfaatkan jerami padi untuk pengganti mulsa. Bahkan manfaat jerami padi ini kalau dipakai sebagai mulsa, akan menyuburkan tanah dan menciptakan hasil pertanian anda semakin baik, ramah lingkungan, dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Itulah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui, mudah-mudahan warta ini bermanfaat dan sanggup menambah ilmu dan wawasan anda semua.

Previous
Next Post »

Post a Comment