Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, June 20, 2017

4 Cara Membasmi Hama Burung Pada Flora Padi

Hama burung merupakan problem yang sering dihadapi oleh para petani padi, baik padi darat maupun padi sawah. Burung yang biasa mengganggu tanaman padi ini yaitu burung pipit atau kami biasanya menyebut burung emprit. Jumlahnya sangat banyak dan bergerombol. Apalagi jikalau tanaman padi yang kita tanam merupakan padi yang lezat dan wangi, wah sudah jalas burung yang tiba sangat banyak. Hal ini tentu akan menciptakan para petani kerepotan untuk mengusirnya. Untuk membasmi burung yang suka mengganggu tanaman padi ini sanggup kita lakukan beberapa cara, menyerupai yang akan admin share pada postingan kali ini.

Padi merupakan komoditas pangan yang mempunyai tingkat produksi nomor wahid di aneka macam negara. Bagaimana tidak ? Kita sangat membutuhkan nasi sebagai materi pokok makanan. Sedangkan nasi berasal dari beras, beras dihasilkan dari padi yang diproduksi para petani. Makara pertanian padi ini tidak sanggup diremehkan dan dianggap sebagai pertanian biasa, kita harus mendukung para petani supaya mau dan bahagia menanam padi. 

Namun terkadang hambatan yang dihadapi para petani yaitu adanya gangguan berupa hama dan penyakit. Memang sudah sangat masuk akal jikalau setiap budidaya pertanian khususnya budidaya padi ini selalu ada hambatannya. Namun bukan berarti dengan adanya gangguan itu menciptakan kita patah semangat, menyerupai halnya gangguan hama burung pada tanaman padi. Untuk mengatasi gangguan hama burung pada tanaman padi ini bergotong-royong cukup gampang kok. Karena hal ini sudah pernah kami praktekkan sendiri dan berhasil, sehingga tanaman padi yang kami tanam kondusif dari serangan hama burung. Untuk itu silahkan anda coba tips mengatasi hama burung pada tanaman padi berikut ini.

Hama burung merupakan problem yang sering dihadapi oleh para petani padi 4 Cara Membasmi Hama Burung Pada Tanaman Padi
Hama Burung Pada Tanaman Padi

Hama burung merupakan problem yang sering dihadapi oleh para petani padi 4 Cara Membasmi Hama Burung Pada Tanaman Padi


Cara Mengatasi Hama Burung Pada Tanaman Padi


1. Selalu Menunggu Tanaman Padi
Untuk mengasasi tanaman padi semoga tidak diserang burung, cara pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menunggunya. Hal ini tentu melelahkan dan membosankan, sebab kita diharuskan untuk berhari-hari tinggal diladang hanya untuk menunggu padi. Jika cara ini tidak sesuai dengan anda, silahkan pakai cara kedua.

2. Membentangkan Tali Keseluruh Penjuru Tanaman Padi
Cara ini sanggup dibilang efektif sebab kita tidak perlu repot-repot berlari kesana kemari hanya untuk menghalau burung. Makara kinerja tali yang dipasang tadi sanggup otomatis menghalau burung, ditambah lagi kita berikan bunyi-bunyian yang riauh menyerupai bekas kaleng. Dengan tiupan angin maka tali-tali akan bergerak dan kaleng akan berbunyi riuh, sehhingga burung-burung akan takut dan pergi. 

3. Membuat Jaring
Langkah selanjutnya yang sanggup anda lakukan untuk mengatasi hama burung yaitu dengan memasang jaring yang besar disetiap area dimana burung tiba dan pergi. Memang cara ketiga ini membutuhkan banyak biaya untuk membeli jaringnya.

4. Membuat Orang-Orangan Sawah
Cara keempat untuk menghalau tanaman padi yaitu dengan menciptakan orang-orangan sawah. Yaitu kita buat memakai kayu atau bambu juga bisa, dan kita pasangi baju dan topi layaknya orang. Hal ini bertujuan untuk menakuti hama menyerupai burung, babi, dan hama lainnya.

Demikianlah sedikit tips bagaimana Cara Mengatasi hama Burung Pada Tanaman Padi, mudah-mudah bermanfaat dan menginspirasi anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment