Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, June 20, 2017

Cara Budidaya Cabai Di Area Persawahan

Budidaya cabai untuk mendapat hasil maksimal sebetulnya gampang untuk dilakukan jikalau kita paham dan mengerti bagaimana tehniknya. Salah satunya menanam cabe disawah. Sebagaimana yang kita tahu bahwa cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang mempunyai prospek besar jikalau dikembangkan dengan baik. Karena permintaan konsumsi cabai ini semakin meningkat. Buktinya dari hasil survei dipasar-pasar tradisional mengambarkan bahwa rata-rata 80 % orang belanja kepasar niscaya akan membeli cabe. Memang cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang berfungsi untuk memperlihatkan rasa pedas. Bahkan konsumsi cabai yang nantinya akan dijadikan sambal ini semakin meningkat.
Budidaya cabai untuk mendapat hasil maksimal sebetulnya gampang untuk dilakukan jikalau kita  Cara Budidaya Cabe Di Area Persawahan
Untuk memenuhi kebutuhan cabai tersebut, maka banyak kini petani yang beralih ke budidaya cabe. Menanam cabe, baik itu cabe merah, cabai hijau, atau cabai rawit mempunyai tehnik yang berbeda-beda. Setiap orang atau para petani cabe pastinya mempunyai tehnik budidaya cabai tersendiri. Namun mau bagaimana pun sebetulnya menanam cabe hampir sama. Yang dibutuhkan ialah skil atau keahlian, baik dari segi pengolahan lahan cabe, penanaman cabe, perawatan tanaman cabe, hingga pemupukan cabe, sehingga jikalau kita mempunyai setidaknya kemampuan tersebut, maka hasil panen yang diperoleh akan baik.

Berbicara dilema budidaya cabe, tentu anda sudah pernah mendengar budidaya cabai dengan metode mulsa. Memang keunggulan menanam cabe dengan plastik mulsa sangat baik dan menguntungkan. Banyak manfaat yang diperoleh dari budidaya cabai memakai plastik mulsa ini, sehingga menciptakan para petani banyak yang menggunakannya.
Selain memakai metode mulsa, budidaya cabai juga bisa dilakukan secara hidroponik. Apa itu hidroponik dalam pertanian? Hidroponik merupakan cara budidaya dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Kaprikornus menanam tumbuhan memakai tehnik hidroponik ini sangat gampang dan simpel, namun hasilnya bisa maksimal dibanding memakai metode yang lain. 
Bagi anda yang mau mencoba budidaya cabai secara hidroponik, bisa anda baca Tips Budidaya Cabe Merah Secara Hidroponik. Melakukan pembudidayaan cabe, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian, alasannya ialah jikalau kita tidak sabar dan teliti, maka bisa saja hasilnya tidak akan maksimal. Banyak metode yang bisa dipakai untuk memaksimalkan tanaman cabe. Sehingga apabila metode yang dipakai benar, maka hasil panen cabai akan meningkat. 

Namun yang menjadi hambatan para petani ialah apabila ekspresi dominan kemarau datang. Jika kemarau sudah datang, maka banyak para petani yang gagal panen cabe. Karena budidaya cabai dimusim kemarau memang sangat menyulitkan. Jika kita tidak tahu tehniknya maka bisa jadi tidak panen cabe, alhasil kita akan rugi.

Oke kembali pada topik kita kali ini yakni dilema budidaya cabai diarea persawahan. Menanam cabai bisa dilakukan dimana saja asalkan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Salah satunya ialah menanam cabe dilahan sawah. Jika anda mempunyai lahan persawahan yang kosong, anda bisa tanami cabe. Untuk tahu bagaimana cara menanam cabai disawah silahkan ikuti tipsnya dibawah ini.

Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan


  1. Sebelum anda menanam cabe disawah, sebaiknya anda lakukan pembajakan terlebih dahulu. Yaitu dengan menggemburkan dan membolak-balikkan tanah biar menjadi gembur. Setelah tanah dipersawahan menjadi gembur, selanjutnya ialah menciptakan gundukan atau bedengan.
  2. Dalam menciptakan bedengan ini, anda bisa memakai alat menyerupai cangkul. Lakukan pembedengan dengan metode memanjang, menyerupai pada gambar yang ada di atas.
  3. Setelah final menciptakan bedengan, langkah selanjutnya ialah menyemai biji cabe. Dalam menyemai biji cabai ini, anda bisa melakukannya dengan satu daerah saja. Untuk menambah wawasan anda bagaimana menyemai biji cabe, silahkan baca Tips Sederhana Menyemai Biji Cabe Agar Cepat Tumbuh.
  4. Setelah biji disemaikan, tunggu hingga tumbuh dan siap tanam. Setelah benih siap tanam, maka silahkan anda tanamkan pada lahan persawahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Lakukan perawatan intensif pada tanaman cabe yang sudah anda tanam. Karena budidaya cabai dilahan persawahan berbeda dengan menaman cabai didataran tinggi. Kaprikornus anda harus cendekia dalam merawatnya. Pemupukan juga harus dilakukan dengan benar supaya pertumbuhan cabai sanggup maksimal.

Mungkin itu saja Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan kali ini, mudah-mudahan sedikitnya sanggup menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment