Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, June 19, 2017

Teknologi Cara Budidaya Ubi Jalar Biar Cepat Sukses

Cara budidaya ubi jalar atau ketela rambat sanggup dikatakan cukup gampang dan simpel. Karena menanam ubi jalar tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya butuh kerja keras dan ketekunan dalam merawatnya. Ubi jalar atau biasanya kita kenal dengan nama ketela rambat dan mempunyai nama latin Ipomoea batatas, yakni salah satu jenis tumbuhan jenis umbi-umbian yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Ubi jalar atau ketela rambat ini sangat gampang dibudidayakan jikalau anda mau menanamnya. Tanaman merambat ini dimanfaatkan umbinya atau ketela nya untuk dikonsumsi. Pada masyarakat tradisional, ketela rambat ini dijadikan sebagai masakan pokok pengganti nasi. Karena mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, maka jikalau kita makan akan mempunyai sifat mengenyangkan perut.
Cara <b><a href=budidaya ubi jalar atau ketela rambat sanggup dikatakan cukup gampang dan simpel Teknologi Cara Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses" src="https://i.ytimg.com/vi/xwlLlTRrApI/maxresdefault.jpg" />
Cara menanam ubi rambat yang baik dan benar sanggup anda lihat dibawah ini, sebab pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan warta perihal Panduan Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses. Kaprikornus silahkan anda ikuti bagaimana cara aku dalam menanam ketala rambat dirumah sendiri. Berikut penjelasannya.


Panduan Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses


1. Pemilihan bibit

Sebelum anda menanam ketela rambat, terlebih dahulu anda harus mempunyai bibit atau benih ketela rambat yang akan dibudidayakan. Untuk bibit ketela rambat ini sanggup anda gunakan ubi dari ketela rambatnya eksklusif atau sanggup tangkai atau batang dari tumbuhan ubi rambat tersebut. Silahkan anda tentukan bibit yang akan ditanam. Cara menentukan bibit ketela rambat yang baik dan benar bahwasanya cukup gampang dan anda niscaya tahu bagaimana ciri-cirinya. Jika anda pilih ubi sebagi bibitnya, maka pilihlah ubi ketela rambat yang sudah bau tanah dan mempunyai banyak akar. Jika anda pilih bibit dari batangnya, maka pilih batang ketela rambat yang sudah tua.

2. Mengolah lahan

Setelah bibit ketela rambat sudah anda siapkan, maka kini waktunya anda mengolah lahan atau kebun yang akan dipakai untuk menanam ubi jalar atau ketela rambat. Untuk tehnik mengolah lahan yang akan dipakai sebagai temapt menanam, anda harus menciptakan bedengan atau gundukan dengan memakai cangkul atau alat yang lainnya. Jarak antar bedengan sanggup menyesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Karena ubi jalar ini sifatnya menjalar, maka anda harus membatasi lahan untuk menanam ubi jalar ini dengan tumbuhan lainnya.

3. Memberi pupuk dasar

Setelah anda final menciptakan bedengan, maka anda sanggup berikan puuk dasar, berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Biarkan dulu hingga tanah bercampur dengan pupuk selama kurang lebih 3 hari, sesudah itu gres lahan siap ditanami ubi jalar.

4. Menanam ubi jalar

Cara menanam ubi jalar ini cukup mudah, silahkan anda masukkan atau benamkan bibit pada lahan yang sudah disiapkan tadi. Atur jarak tanam kira-kira 10x10 cm antar lubang tanam. Setelah bibit dibenamkan segera tutup lubang kembali dengan tanah.

5. Tahap perawatan

Agar mendapat hasil penen dari budidaya ubi jalar atau ketela rambat ini, maka diharapkan perawatan yang baik. Perawatan ini sanggup berupa menyiram secara rutin, memberi pupuk, dan membasmi hama penyakit supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik, membersihkan gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman, dan sebagainya.

6. Pemanenan

Masa panen ubi jalar ini biasanya mencapai sekitar 3-4 bulan sesudah tanam. Jika anda igin memanen ubi jalar, sebaiknya dalam keadaan kering dan tidak demam isu hujan. Tanaman ubi jalar yang baik dan berkualitas ditandai pada setiap 1 lubang atau tumbuhan akan menghasilkan 1 kg ubi jalar.

Demikianlah Panduan Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses, semoga sanggup menambah wawasan kita semua.

Previous
Next Post »

Post a Comment