Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, July 22, 2017

Dongeng Kisah Rakyat Yunani Rubah Yang Pintar

Pada suatu hari, seekor kucing rumahan bertemu seekor rubah dipinggir hutan. Kucing yang gres pertama kali melihat  rubah berpikiran bahwa hewan itu sangat pandai dan banyak pengalaman. Kucing pun menyapa rubah dengan ramah, "Selamat siang, Tuan Rubah ! Kau niscaya hewan yang hebat. Buktinya, kau masih hidup hingga sekarang. Padahal, banyak pemburu yang mengincarmu? Bagaimana cara kau melepaskan diri dari para pemburu dan anjing-anjing mereka?"

Dongeng Cerita Rakyat Yunani "Rubah Yang Pintar"

dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Dongeng Cerita Rakyat
cerita%2Bbinatang%2Bbabi%2Bhutan%2Bdan%2Brubah.gif" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> seekor kucing rumahan bertemu seekor rubah dipinggir hutan Dongeng Cerita Rakyat Yunani Rubah Yang Pintarcerita%2Bbinatang%2Bbabi%2Bhutan%2Bdan%2Brubah.gif" title="Dongeng Cerita Rakyat Yunani Rubah Yang Pintar" width="320" />
dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Dongeng Cerita Rakyat Yunani

"Ah, dasar makhluk belang bodoh. Kau niscaya sangat kurang pandai hingga menanyakan hal itu? Tentu saja saya bisa selamat dengan gampang dari incaran pemburu. Aku punya banyak keahlian. Tidak menyerupai kau. Kau niscaya makhluk tidak berkhasiat dan tidak punya keahlian, kan?" kata rubah sombong.

"Wah, benar. Kau memang hewan yang hebat. Aku percaya kau punya banyak keahlian. Kalau saya sih hanya punya satu keahlian," kata kucing mengagumi rubah.

"Memangnya apa keahlianmu?" tanya rubah sambil menyindir.

"Saat anjing-anjing pemburu mengejarku, saya bisa naik ke atas pohon untuk menyelamatkan diri," jawab kucing.

"Hanya itu?" kata rubah meledek kucing

"Aku punya ratusan keahlian dan siasat. Akulah hewan paling pandai di hutan ini," kata rubah lagi.

Tiba-tiba, terdengar bunyi anjing pemburu dari arah desa. Dari kejauhan, terlihat ada empat ekor. Dengan cepat, kucing pun naik ke atas pohon dan duduk di dahan pohon paling tinggi.

Sementara, rubah berlari kencang untuk menghindari kejaran anjing pemburu. Tapi, secepat apapun rubah berlari, empat anjing pemburu berhasil mengepungnya.

"Pergunakan keahlianmu yang banyak itu!" teriak kucing pada rubah!

Tapi terlambat, anjing-anjing pemburu telah berhasil melumpuhkan rubah. Rubah yang sombong pun mati diterkam empat anjing pemburu.

Menyaksikan hal itu, kucing merasa kasihan kepada rubah. "Ah, Tuan Rubah. Ternyata ratusan keahlianmu tidak satu pun yang bisa menyelamatkanmu dari anjing pemburu. Andai saja kau bisa naik keatas pohon menyerupai aku, niscaya akan selamat." kata kucing dengan bunyi pelan.
Dongeng dari Yunani lainnya => dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Pahlawan Achilles

Previous
Next Post »

Post a Comment