Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, July 19, 2017

Dongeng Dongeng Rakyat Yunani Jagoan Achilles

Selain Herkules yang sangat termasyhur, peradaban Yunani kuno memiliki satu satria lagi yang sangat dikagumi dialah Achilles anak dari Peleus dan Thetis yang lahir di Kota Larissa di Thessalia. Dialah putra Peleus yang terakhir, yang sanggup diselamatkan. Achilles kebal terhadap banyak sekali macam senjata, alasannya ialah badannya dimandikan di dalam sungai Styx oleh ibunya. Namun, alasannya ialah ibunya memegangnya pada tumitnya, di daerah itu ia tetap sanggup dilukai.

Dongeng Cerita Rakyat Yunani "Pahlawan Achilles"

dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Dongeng Cerita Rakyat
dongeng%2Bcerita%2Brakyat%2Byunani%2Bpahlawan%2Bachilles.gif" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> peradaban Yunani kuno memiliki satu satria lagi yang sangat dikagumi dialah Achilles a Dongeng Cerita Rakyat Yunani Pahlawan Achillesdongeng%2Bcerita%2Brakyat%2Byunani%2Bpahlawan%2Bachilles.gif" title="Dongeng Cerita Rakyat Yunani Pahlawan Achilles" width="320" />
dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Dongeng Cerita Rakyat Yunani

Sejak kecil ia diasuh oleh Raja Phoenix dari Dopolos, dan lalu dididik oleh Chiron, sang Kentaur yang populer pada masanya. Chiron mengisi tabiat cerdas Achilles dengan banyak sekali pengetahuan yang berguna, dan juga tidak lupa membuatkan fisiknya. Ia menggunakan otak singa dan harimau untuk memberinya keberanian dan kekuatan yang tak terkalahkan.

Waktu ia masih kecil ibunya yang merupakan seorang dewi, bertanya kepadanya : "Wahai anakku, apa yang kau pilih antara hidup usang namun tak dikenal, atau hidup pendek namun menjadi masyhur?". Achilles menentukan yang terakhir. Ibunya juga mengetahui bahwa kota Troya tidak akan sanggup dikalahkan tanpa proteksi Achilles, dan bahwa Achilles memang akan tewas di depan dinding Troya. Karena itu ia diberi pakaian perempuan oleh ibunya dan dikirimnya sebagai gadis ke istana Raja Lycomedes di Scyrus . 

Ketika para raja Yunani hendak mengepung kota Troya, maka jago sihir Calchas yang dimintai nasihat, menyampaikan bahwa Troya tidak sanggup ditaklukan tanpa Achilles. Kemudian penyihir itu juga memberitahukan daerah persembunyian Achilles. Lalu Raja Odysseus, menyamar sebagai pedagang, tiba ke Scyrus dan memperlihatkan kepada para putri dagangan berupa permata dan senjata. Langsung kelihatanlah siapa sebetulnya yang bukan putri, yaitu Pyrrha nama samaran Achilles dikala menyamar jadi wanita. Dia (Achilles) sama sekali tidak melihat permata, namun memegang-megang senjata. Odysseus pribadi membawanya untuk ikut berperang melawan Troya. Lalu ibunya (Thetis) menyampaikan pakaian tempur buatan Hephaistos (Vulcanus) kepadanya.

Achilles pribadi memperlihatkan diri sebagai satria Yunani yang paling mendapat pujian. Ia ditakuti musuh. Achilles telah berhasil mengalahkan beberapa kota di Troas dan Cilicia, kota Theba di Troas, daerah kelahiran Andromache, istri satria Troya (Hector).

Ketika kota Chryse ditaklukan, anak gadis berjulukan Chryseis (anak pendeta pemuja Dewa Apollo), ditawan oleh bangsa Yunani dan diberikan pada Agamemnon (pemimpin pasukan Yunani). Lalu ayah gadis itu tiba ke medan Yunani untuk membeli kembali anaknya, namun Agamemnon menolak. Karena penolakan itu Dewa Apollo menghukum tentara Yunani dengan menjadikan penyakit menular kedalam tubuhnya. Menurut saran penyihir Calchas, dianjurkan supaya Agamemnon mengembalikan gadis itu pada ayahnya biar penyakit sanggup mereda. Terpaksa Agamemnon melakukannya.

Ketika dalampertempuran selanjutnya, sobat karib Achilles (Patroclus) dikalahkan oleh Hector dan dirampas pakaian tempur yang dipinjamkan Achilles kepadanya. Achilles mohon pakaian tempur gres dari ibunya dan membalas tewasnya Patroclus. Ia berhasil membunuh Hector dan mengikat mayatnya di kereta tempurnya dan mennarik mayit itu mengelilingi dinding Troya tiga kali dan juga mengelilingi kuburan Patroclus. Lalu ayah Hector, yaitu Priamus yang sudah renta itu dengan penuh tangis memohon kepada Achilles untuk mengembalikan mayit itu. Dalam Homerus (Ilias) adegan itu diceritakan dengan sangat mengharukan.

Achilles kesannya tewas tanggapan kemarahan Dewa Apollo. Tangan Apollo membimbing panah Paris di depan salah satu pintu gerbang Troya. Achilles terluka di tumitnya (satu-satunya daerah yang tidak tahan senjata) dan kesannya tewas. Mayat Achilles lalu ditawan oleh orang-orang Troya. Sehari penuh orang Yunani bertempur untuk mendapat mayatnya kembali. Kesembilan Dewi Musa menyanyikan nyanyian sedih. Dewi Thetis keluar dari ombak laut, sedangkan para Nereides yang lain juga duduk disebelah mayatnya. Tujuh belas hari lamanya orang Yunani menangisi satria mereka yang tak tergantikan. Pada hari kedelapan belas kesannya mayatnya dibakar. Abunya disatukan dengan debu sobat karibnya (Patroclus) dan disimpan dalam daerah debu yang terbuat dari emas. Di Pantai Hellespontos didirikan tugu kuburan bagi kedua sobat itu.
Dongeng dari Yunani lainnya => dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Rubah Yang Pintar

Previous
Next Post »

Post a Comment