Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Monday, August 7, 2017

Dongeng Kisah Rakyat Prancis Putri Sejati

Pada zaman dahulu di sebuah kerajaan besar ada seorang pangeran muda yang tampan. Seharusnya ia sudah beristri namun belum juga menemukan gadis yang cocok untuk jodohnya. Ia berkata kepada raja dan ratu, "Istriku harus seorang putri sejati. Itulah syarat utamanya." Maka hari itu juga pangeran pamit untuk berangkat mencari seorang putri sejati.

Dongeng Cerita Rakyat Prancis "Putri Sejati"

dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Dongeng Cerita Rakyat
dongeng%2Bcerita%2Brakyat%2Bprancis%2Bpiutri%2Bsejati.gif" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> Pada zaman dahulu di sebuah kerajaan besar ada seorang pangeran muda yang ganteng Dongeng Cerita Rakyat Prancis Putri Sejatidongeng%2Bcerita%2Brakyat%2Bprancis%2Bpiutri%2Bsejati.gif" title="Dongeng Cerita Rakyat Prancis Putri Sejati" width="320" />
dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Dongeng Cerita Rakyat Prancis

Ia berkelana bertahun-tahun. Setiap kali dilihatnya sebuah puri ia selalu mampir untuk melihat apakah di dalamnya ada seorang putri sejati. Dalam pengembaraannya itu ia banyak menjumpai perempuan muda dan cantik-cantik serta pandai, tetapi ia tidak pernah yakin apakah mereka itu putri sejati. Menurutnya putri sejati ialah orang yang sangat istimewa, dan tidak banyak orang yang ibarat itu.

Akhirnya dengan rasa murung pangeran pulang ke rumahnya. Ia belum menemukan putri yang dicarinya.

Pada suatu malam, terjadi angin kencang besar di sekeliling puri daerah pangeran tinggal bersama raja dan ratu. Curah hujan menerpa dinding puri yang sudah tua, sesekali guntur menggelegar di angkasa. Ketika kilat menyambar di langit, nampak bayangan kecil tertatih-tatih dalam hujan mengetuk pintu.

-align: justify;"> Tetapi, situasi yang angker di luar menciptakan takut para pelayan. Mereka malah bersembunyi. Maka raja sendiri pergi ke pintu untuk melihat siapa yang berada di luar pada malam-malam ibarat ini.
Ketika pintu dibuka, raja pun terkejut. Ia melihat seorang gadis bagus berdiri di luar. Gadis bagus yang masih muda itu menggigil, badannya berair kuyup dari kepala sampai kaki.

"Jangan berdiri di luar, cepatlah masuk!" seru raja.

Raja menuntun gadis yang tidak dikenalnya itu ke ruang yang hangat. Ratu dan pangeran juga berada di daerah itu.

Pangeran sangat takjub dan terpesona melihat kecantikan gadis itu. Ia eksklusif menyukai dan jatuh cinta kepadanya. Sementara si gadis membungkuk hormat sembari berkata, "Yang mulia, saya seorang putri sejati."

"Tunggu dulu...!" pikir ratu, "Kita akan segera tahu, benarkah ia putri sejati. Aku akan mengujinya."

Gadis bagus yang mengaku sebagai putri sejati diberi ganti pakaian kering. Sementara sang ratu menyiapkan ranjang untuk tidur.

Di bantalan tidur paling bawah, di atas kasur pertama, sang ratu menaruh sebutir biji kacang kapri. Kepada para palayan ia memerintahkan, "Ambilkan kasur-kasur lagi!"

Akhirnya ranjang itu siap. Kasurnya berlapis-lapis banyak sehingga diharapkan sebuah tangga untuk naik dan turun.

"Selamat tidur anakku," kata sang ratu, "Semoga mimpi indah."

Pagi-pagi sekali ratu segera mendatangai gadis itu. Ia ingin mengetahui apakah rencananya berhasil. Ternyata gadis itu sudah berdiri dan duduk di daerah tidur.

"Bagaimana tidurmu anakku?" tanya ratu.

"Maaf, rasanya saya tak sanggup tidur sama sekali," jawab gadis itu, "Rasanya ada sesuatu yang kras di bawah kasur ini sehingga tubuh saya ngilu semua."

Ratu tersenyum, "Dia memang putri sejati. Kulitnya begitu peka sehingga ia terganggu oleh sebiji kapri di bawah kasur bertumpuk sebanyak ini."

Ratu segera menemui pangeran dan menceritakan semuanya.

"Sudah kuduga semenjak semula, beliau memang putri sejati," kata pangeran dengan bahagia.

Lalu pangeran menghampiri gadis itu, "Maukah putri menjadi istriku?"

Putri tersenyum malu, "Aku mau...!"

Akhirnya sang pangeran menemukan gadis yang diidamkannya. Mereka menikah dan hidup bahagia.
Dongeng dari Prancis lainnya => dongeng-cerita-rakyat-dari-seluruh-dunia" target="_blank">Cinderella

Previous
Next Post »

Post a Comment