Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, November 5, 2017

Ciri Ciri Pantun, Pengertian Dan Jenis Jenis Pantun

Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun - Berbicara perihal pantun, tentu sudah tidak ajaib lagi di indera pendengaran kita alasannya ialah memang pantun sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia dan di beberapa negara lain, namun demikian, meskipun banyak orang yang dapat menciptakan pantun tetapi tidak tau atau tidak mengerti bagaimana sesungguhnya ciri ciri pantun yang benar, bahkan ada juga yang dapat menciptakan pantun namun sama sekali tidak mengerti perihal apa itu pantun serta apa saja jenis jenis pantun.

Menyikapi duduk perkara di atas, melalui artikel ini akan saya jelaskan secara singkat perihal apa saja yang menjadi ciri ciri pantun, menjelaskan perihal pengertian pantun, dan jenis jenis pantun. Baik kita mulai bahas satu persatu.

 tentu sudah tidak ajaib lagi di indera pendengaran kita alasannya ialah memang pantun sudah sangat familiar d Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun
ceritadandongengrakyat.blogspot.co.id/" target="_blank">https://ceritadandongengrakyat.blogspot.co.id/

Ciri Ciri Pantun

  • Pada umumnya pantun terdiri dari 4 baris/larik.
  • Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
  • Kata di selesai baris bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a.
  • Beris pertama dan kedua merupakan sampira, yaitu pengantar menuju isi.
  • Baris ketiga dan keempat merupakan isi.
  • Sampiran dan isi merupakan hal yang terpisah.
  • Pantun ialah karya yang bersifat anonim, artinya tidak diketahui pengarangnya.

Dari beberapa ciri pantun di atas tentunya anda dapat dengan gampang mengenali bahwa bagaimana sebuah goresan pena dapat di kategorikan sebuah pantun.

Pengertian Pantun


Pantun adalah puisi melayu orisinil yang sudah mengakar usang di budaya masyarakat. Pantun salah satu jenis karya sastrayf yang lama. Lazimnya puisi hanya terdiri atas 4 lari (baris) bersajak ab-ab atau aa-aa. Pada awal mulanya pantun merupakan sastra lisan, tapi sekarang pantun juga ada dalam bentuk tulisan. Keseluruhan bentuk pantun hanyalah berupa sampiran dan isi. Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua dan biasanya tidak bekerjasama secara pribadi dengan bab kedua. Baris ketiga dan keempat ialah bab isi yang merupakan tujuan dari puisi tersebut.

Jenis Jenis Pantun


Jenis Jenis Pantun menurut isi
Pantun Teka-teki
Adalah pantun yang berisi perihal teka-teki atau tebak-tebakan.
Pantun Persahabatan
Adalah pantun yang berisi perihal kisah-kisah persahabtan. Biasanya mengungkapkan perihal korelasi baik dengan teman atau sahabat.
Pantun Anak-anak
Adalah pantun yang bersisi perihal keceriaan anak-anak. Pantun bawah umur pertanda kegembiraan dan kebahagiaan yang cocok dengan kehidupan anak kecil.
Pantun Nasehat
Adalah pantun yang berisi perihal nasehat-nasehat yang dipakai untuk menunjukkan saran kepada orang lain.
Pantun Budi Pekerti
Adalah pantun yang berisi perihal kesopanan dan perilaku.
Pantun Agama 
Adalah pantun yang berisi perihal hal-hal yang menyangkut keagamaan. Tidak jarang pantun agama biasanya berisi petuah-petuah dan usul menuju kebajikan.
Pantun Jenaka
Adalah pantun yang berisi perihal hal-hal yang lucu dan jenaka.
Pantun Cinta
Adalah pantun yang berisi perihal hal-hal yang berkaitan dengan percintaan.
Pantun Pahlawan
Adalah pantun yang berisi perihal pengorbanan dan usaha kolam seorang pahlawan.
Pantun Perpisahahan
Adalah pantun yang berisi kata-kata perpisahan atau kata-kata penutup.

Jenis Jenis Pantun menurut keterkaitan sampiran dan isi
Pantun Mulia
Pantun mulia ialah pantun yang mempunyai keterkaitan sampiran dan isi. Kata-kata yang diungkapkan pada sampiran merupakan indikasi keterkaitan terhadap isi.
Pantun tak Mulia
pantun tak mulia ialah pantu yang tidak mempunyai keterkaitan antara sampiran dan isi. Pantun tak mulia ialah lawan dari pantun mulia.
Artikel terkait

Ini saja yang dapat saya jelaskan pada artikel kali ini, biar klarifikasi singkat di atas bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun.

Previous
Next Post »

Post a Comment