Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, March 7, 2018

Puisi Ibu - Pulanglah Ibu

Puisi Ibu oleh Anonim

Tubuhmu kaku…
Matamu kaku…
Mulutmu membisu…
Nafasmu terhenti sudah…

Aku tahu…
Ibu telah pergi ke alam sana…
Yang tak pernah ada dalam bayanganku…
Juga ku dengar bisikan…

Oh Ibu…
Tak usang ibu telah terkubur ditanah merah…
Hanya sendiri…
Dukaku ibu niscaya tau menjalar sekujur tubuh…
Biarlah ibu pulanglah dengan tenang.
Pernah saya ditegur
Katanya untuk kebaikan
Pernah saya dimarah
Katanya membaiki kelemahan
Pernah saya diminta membantu
Katanya semoga saya pandai
Ibu…
Pernah saya merajuk
Katanya saya manja
Pernah saya melawan
Katanya saya degil
Pernah saya menangis
Katanya saya lemah
Ibu…
Setiap kali saya tersilap
Dia aturan saya dengan nasihat
Setiap kali saya kecewa
Dia bangkit di malam sepi kemudian bermunajat
Setiap kali saya dalam kesakitan
Dia ubati dengan penawar dan semangat
Dan Bila saya mencapai kejayaan
Dia kata bersyukurlah pada Tuhan
Namun…
Tidak pernah saya lihat air mata dukamu
Mengalir di pipimu
Begitu kuatnya dirimu…
Ibu….
Aku sayang padamu…
Tuhanku…
Aku bermohon padaMu
Sejahterakanlah dia
Selamanya…

Previous
Next Post »

Post a Comment