Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, May 30, 2018

Contoh Tawaran Penelitian

Berikut ini yaitu sebuah contoh proposal penelitian ilmiah yang sanggup anda jadikan tumpuan untuk menciptakan tawaran sendiri kalau suatu ketika memerlukannya.

Proposal Penelitian

A. JUDUL PENELITIAN
Pengaruh Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pemberian Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri

B. PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah

Hancurnya industri keuangan global yang dipicu oleh naiknya harga minyak serta pangan dan semakin diperparah dengan terjadinya krisis keungn di Amerika Serikat telah menyebabkan melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Dampak dari krisis di Amerika Serikat yang berdampak pada peningkatan inflasi di beberapa negara serta diikuti dengan kenaikan suku bunga dan nilai tukar mata uang setempat. Hal ini terjadi alasannya sistem keuangan suatu negara tidak sanggup bangkit sendiri.Selallu terkait dengan sistem keuangan pada negara lain secara global. Hal ini lah yang mendorong penulis untuk melkukan penelitian mengenai fenomena yang sedang terjadi tersebut melalui penelitian ilmiah yang berjudul "Pengaruh Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pemberian Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri"

Pada tahun 2008, Bank Indonesia pernah melaksanakan penelitian terhadap dampak empiris inflasi terhadap pertumbuhan dan kualitas kredit perbankan di Indonesia. Hasil dafri penelitian mengatakan bahwa secara signifikan inflasi mensugesti pertumbuhan dan kualitas kredit.
Perumusan Masalah
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis akan mencoba merumuskan masalah dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut :

  • Bagaimana efek nilai tukar Rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap proteksi kredit di bank Mandiri?
  • Bagaimana efek suku bunga di Indonesia, Amerika, Inggris, dan Jepang terhadap proteksi kredit di bank Mandiri?


Tujuan Penelitian
Penelitian ilmiah ini bertujuan untuk :

  • Mengetahui dan menganalisis efek nilai tukar Rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap proteksi kredit di bank Mandiri?
  • Mengetahui dan menganalisis efek suku bunga di Indonesia, Amerika, Inggris, dan Jepang terhadap proteksi kredit di bank Mandiri?

Kegunaan Penelitian
Penelitian ilmiah yang akan dilakukan penulis ini mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi penulis sendiri maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan.
1. Manfaat akademis
Penelitian yang sangat bekerjasama dengan administrasi dana bank, administrasi perkreditan, serta keuangan internasional dibutuhkan sanggup lebih dipahami oleh pihak yang berkepentingan
2. manfaat dalam implementasi
Penelitian ini difokuskan pada bank Mandiri sebagai objek penelitian sehingga dibutuhkan hasil penelitian ini sanggup dipakai sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.

Batasan Masalah
Untuk menghindari melebarnya topik yang akan diteliti, maka penulis membatasi permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut :
1.   Penelitian hanya akan memakai aktiva pada bank Mandiri
2. Aktiva sutu bank terdiri dari banyak pos, dan penulis hanya membatasi untuk memakai pos-pos  yang sesuai dengan skala prioritas penggunaan dana, yaitu :

  • kredit untuk nasabah; terdiri dari kredit yang diberikan
  • investasi untuk pendapatan; terdiri dari penyertaan.

3. Dalam penelitian ini penulis hanya membatasi penggunaan data suku bunga, inflasi, serta kurs Rupiah terhadap negara Amerika, Inggris, dan jepang
4. Alat bantu yang dipakai untuk menganalisa data statistik semoga sanggup diolah, ditampilkan, dan dimanipulasi sehingga sanggup menyajikan suatu gosip dalam penelitian ini memakai software SPSS

C. TINJAUAN PUSTAKA
Neraca Bank
Menurut Soedijono pada kuliah Institusi Depositori dan Pasar Modal, Neraca sebuah bank sanggup dibagi menjadi dua bagian, yaitu aktiva dan pasiva. Selanjutnya pasive sebuah bank terdiri dari utang dan modal.

Inflasi
berdasarkan www.Organisasi.org , inflasi yaitu suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikn dan berlangsung dalam waktu yang usang dan terus menerus

Suku Bunga
berdasarkan John Maynard keynes, bahwa suku bunga ditentukan oleh penawaran dan seruan terhadap uang.

D. PERUMUSAN HIPOTESA
Hipotesa yang akan dicoba untuk dirumuskan berdasarkan kerangka pedoman diatas yaitu :

  • H01: Tidak ada efek nilai tukar rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap proteksi kredit untuk nasabah bank Mandiri.
  • H02: Tidak ada efek suku bunga Indonesia , Amerika, Inggris, dan Jepang terhadap proteksi kredit untuk nasabah bank mandiri.

E. METODOLOGI PENELITIAN
Data Penelitian
1. Sumber data
data diperoleh dari Laporan tahunan Bank Indonesia dan Laporan keuangan Publikasi Triwulan Neraca PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk
2. jenis Data
a. ativa bank mandiri
aktiva bank berdikari yang terdiri dari :
kredit untuk nasabah, terdiri dari kredit yang diberikan
investasi untuk pendapatan, terdiri dari penyertaan.
b. kurs Rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY
c. Suku bunga inflasi di Indonesia, Amerika, Inggris, dan jepang
3. Tipe Data
data yang diteliti yaitu data sekunder yang diterbitkan oleh bank Indonesia dalam bentuk buletin

Objek Penelitian
Objek penelitian yaitu bank Mandiri

Periode Penelitian
data yang dipakai merupakan data triwulan dari triwulan IV 2000 hingga dengan triwulan II 2008

Alat Yang Digunakan
Alat bantu yang dipakai dalam penelitian ilmiah ini yaitu software SPSS

Model Analisis
Model analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier dengan metode kuadrat terkecil

F. RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana, maka semua biaya penelitian ini akan ditanggung oleh penulis

G. JADWAL PENELITIAN
Minggu I : Persiapan
Minggu II - IV : pengumpulan dan analisis data
Minggu V - IX : penyusuna laporan
Minggu X-XII : laporan akhir

Previous
Next Post »

Post a Comment