Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, October 5, 2018

10 Pola Seni Rupa Murni, Gambar, Dan Keterangannya

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas wacana pengertian seni rupa murni. Di antara Anda mungkin ada yang masih belum paham wacana ibarat apa bekerjsama fungsi dan jenis-jenis seni rupa murni itu. Nah, untuk semakin memperjelas pemahaman Anda, di kesempatan kali ini, kita akan membahas 10 contoh seni rupa murni lengkap dengan gambar dan keterangannya baik itu yang berwujud 2 atau 3 dimensi, maupun yang berasal dari tempat di nusantara atau mancanegara. Silakan disimak!

Contoh Seni Rupa Murni

Berbeda dengan seni rupa terapan, seni rupa murni hanya berfokus wacana bagaimana suatu karya yang dihasilkan sanggup mempunyai nilai estetis yang tinggi, tanpa menghiraukan nilai mudah dan kegunaannya dalam membantu kehidupan manusia. Seni rupa murni sendiri biasanya berfungsi sebagai pajangan saja. Di antara banyak karya yang dihasilkannya, 10 referensi seni rupa murni ibarat patung, relief, lukisan, dan lainnya di bawah ini mungkin sanggup menciptakan Anda semakin memahami hakikat bekerjsama dari seni rupa murni.

 kita telah membahas wacana pengertian seni rupa murni 10 Contoh Seni Rupa Murni, Gambar, dan Keterangannya

1. Patung

Patung ialah seni rupa murni 3 dimensi yang merupakan hasil dari verbal jiwa yang diungkapkan dalam bentuk visual untuk tujuan estetis. Biasanya,patung diletakan di lobi gedung, di atas meja, taman, atau persimpangan jalan. Adapun wujudnya patung umumnya berupa sosok makhluk mitologiatau makhluk hidup ibarat hewan, tumbuhan, dan manusia.

2. Relief

Reliefadalah seni lukis yang berwujud 3 dimensi namun dituangkan di atas bidang 2 dimensi. Relief sanggup ditemukan pada candi, musium, atau tugu peringatan. Biasanya, referensi seni rupa murni satu ini berisi diorama yang mengandung nilai sejarah tertentu.


3. Lukisan

Lukisan ialah referensi seni rupa murni 2 dimensi yang dibentuk dengan mengoleskan cat memakai kuas atau peralatan lain pada sebuah media kanvas. Lukisan hanya mempunyai kegunaan sebagai pengindah dekorasi ruangan. Ia tidak mempunyai nilai mudah apapun.

4. Karikatur

Seni karikatur telah mengalami perkembangan yang luar biasa remaja ini. Seni ini juga merupakan referensi seni rupa murni alasannya ialah pemanfaatannya hanya sekedar dilihat dari nilai estetikanya saja.

5. Kriya Keramik

Kriya keramik yang menghasilkan karya-karya berupa guci atau piring hias ialah referensi seni rupa murni yang tidak sanggup dilupakan begitu saja. Guci atau keramik mustahil dipakai dalam memudahkan hidup kita. Piring hias misalnya, meski sanggup dipakai untuk tempat makan, namun lebih sempurna rasanya jikalau ia hanya dipakai sebagai pajangan.

6. Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi ialah referensi karya seni rupa yang lebih menekankan keindahan. Bentuk-bentuk karakter disusun dan dimodifikasi sehingga terlihat menarik dan mempunyai nilai estetis. Huruf sanggup disusun menjadi kaligrafi contohnya karakter Hijaiyah, karakter Jawa, karakter Jepang, dan lain-lain.

7. Mosaik

Mosaik ialah karya seni rupa murni yang dibentuk dengan merangkai potongan kecil atau potongan darikeramik, batu, kulit telur, atau kaca. Mosaik sanggup kita temukan di rumah, gereja, atau arsitektur romawi. Meski dibentuk secara sederhana, namun jikalau dilihat dengan seksama, mosaik kadang kali mempunyai nilai estetis yang tinggi.

8. Seni Ukir

Seni ukir ialah seni memahat atau mengukir kayu atau kerikil menjadi suatu bentuk tertentu. Sama halnya ibarat seni patung, bentuk gesekan yang dibentuk pada umumnya berupa mahluk hidup. Ukiran biasanya menjadi hiasan dalam ruangan atau benda-benda pakai ibarat bangku kayu, meja, dipan, lemari, dan lain sebagainya.

9. Fotografi

Seiring kemajuan teknologi kamera, seni fotografi sekarang kian digemari kaula muda. Mereka memakai fotografi sebagai alat untuk berekspresi. Fotografi sendiri telah menjadi bisnis baru. Jasa fotografi untuk moment-moment penting begitu diminati di masa kini.

10. Topeng

Topeng ialah benda seni yang difungsikan sebagai epilog wajah. Topeng mempunyai ekspresi-ekspresi tertentu, ibarat marah, sedih, kecewa, senang, dan lain sebagainya. Contoh seni rupa murni satu ini sanggup dibentuk dari kertas karton, plastik fiber, kain, kayu, atau logam.

Demikianlah 10 referensi seni rupa murni yang sanggup dibahas di kesempatan kali ini. Semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menciptakan Anda semakin memahami hakikat dari pengertian seni rupa. Salam.

Previous
Next Post »

Post a Comment