Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, October 6, 2018

19+ Pengertian Tari Berdasarkan Para Hebat Dan Pakar Seni

Tak sedikit orang yang kesulitan dalam membahasakan apa itu seni tari. Para pelajar di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas terutama sering kali diberi kiprah oleh gurunya untuk mengartikan pengertian tari. Nah, sebagai materi pertimbangan, pada kesempatan hari yang berbahagia ini, kami dari tim Penulis Blog akan memberikan beberapa pengertian tari berdasarkan para andal dan pakar seni baik dalam negeri maupun dari mancanegara.

  1. Menurut Aristoteles, tari yaitu suatu gerak ritmis yang sanggup menghadirkan huruf insan dikala mereka bertindak.
  2. Menurut C. Sachs, tari yaitu pelafalan jiwa insan melalui gerak berirama yang mempunyai nilai estetika.
  3. Menurut Cooric Hartong, tari yaitu gerak-gerak tubuh yang diberi nuansa ritmis dan dilakukan dalam suatu ruang.
  4. Menurut Bagong Sudito, tari yaitu suatu seni yang berupa gerak ritmis yang menjadi alat verbal manusia.
  5. Menurut Drs. I Gede Ardika, tari yaitu sesuatu yang sanggup menyatukan banyak hal sampai semua orang sanggup beradaptasi atau menyelaraskan geraknya berdasarkan caranya masing-masing.
  6. Menurut Haukins, tari yaitu verbal jiwa insan yang diubah menjadi gerak oleh imajinasi si penciptanya.
  7. Menurut Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay, tari yaitu bentuk seni ekspresionostis yang menggambarkan reaksi jiwa seseorang terhadap konflik dan problem di dunia modern.
  8. Menurut Judith Lynne Hanna, tari adalahseni plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.
  9. Menurut K.M.A. Theodora Retno Maruh, tari yaitu suatu karya seni yang tidak akan pernah bersifat kontemporer.
  10. Menurut Kamala Devi Chattopadhyaya, tari yaitu suatu insting atau desakan emosi di dalam diri insan yang mendorong seseorang untuk menemukan verbal pada gerak-gerak ritmis.
  11. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tari yaitu gerakan tubuh (tangan, kaki, kepala dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian menyerupai musik, gamelan dan sebagainya.
  12. Menurut La Mery, tari yaitu verbal simbolis dalam wujud lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.
  13. Menurut M. Jazuli, tari yaitu gerak-gerak tubuh yang selaras dan seirama dengan suara musik yang sanggup dipakai untuk mengungkapkan maksud dan tujuan tertentu.
  14. Menurut S. Humardani, tari yaitu ungkapan ekspresif dalam bentuk gerak yang ritmis dan indah.
  15. Menurut Soedarsono, tari yaitu verbal jiwa insan dalsm gerak-gerak yang indah dan ritmis.
  16. Menurut Soeryodiningrat, tari yaitu gerak anggota tubuh yang selaras dengan suara musik atau gamelan diatur oleh irama sesuai dengan maksud tujuan tari.
  17. Menurut Suadarsa Pringgo Broto, tari yaitu ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.
  18. Menurut Suryo, tari yaitu verbal subyektif yang diwujudkan dalam bentuk obyektif.
  19. Menurut Susan K. Lenger, tari yaitu gerak-gerak tubuh yang dibuat secara ekspresif yang diciptakan insan untuk sanggup dinikmati.

Nah, itulah beberapa pengertian tari berdasarkan para andal dan pakar seni yang kami kumpulkan dari beberapa sumber. Semoga sanggup bermanfaat dan membantu Anda yang tengah menerima kiprah untuk mengumpulkan informasi wacana pengertian seni tari. Salam.

Previous
Next Post »

Post a Comment