Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, October 7, 2018

7 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi Dan Warta Grafisnya

Energi fosil minyak bumi yang ketersediaannya terus berkurang alasannya ialah tingkat konsumsi masyarakat dunia yang tinggi membuat banyak negara mencari solusi melalui pemberdayaan energi alternatif. Energi alternatif diyakini sanggup menggantikan tugas dan ketergantungan masyarakat terhadap minyak bumi. Contohnya di Brazil, mereka memakai etanol yang berasal dari tebu sebagai materi bakar motor pencetus menggantikan materi bakar bensin, di Venejuela yang memakai minyak jarak sebagai biodisel menggantikan solar untuk materi bakar mesin dieselnya, dan masih banyak lagi.

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Pengetahuan seputar energi alternatif pengganti minyak bumi harus kita miliki dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi kelangkaan materi bakar fosil yang tak usang lagi niscaya akan terjadi. Oleh alasannya ialah itu, pada artikel kali ini, tim penulis Blog akan membahas beberapa energi alternatif pengganti minyak bumi ini untuk menambah cakrawala pengetahuan kita.

1. Ethanol

Etanol ialah salah satu materi yang sanggup berkhasiat sebagai sumber energi alternatif minyak bumi yang ketersediaannya sanggup terus diperbaharui. Bahan bakar etanol merupakan produk yang dihasilkan dari fermentasi karbohidrat secara anaerob. Padi, jagung, tebu, dan beberapa komoditas yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi ialah materi baku produksi etanol sehingga ketersediaan materi bakar satu ini niscaya sanggup terus diperbaharui. Namun, terlepas dari hal tersebut, penggunaan ethanol diyakini akan kuat terhadap peningkatan harga dan ketersediaan pangan dunia.

Energi fosil minyak bumi yang ketersediaannya terus berkurang alasannya ialah tingkat konsumsi masy 7 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi dan Info Grafisnya

2. Gas Alam

Ketersediaan gas alam yang jauh lebih tinggi dibandingkan cadangan minyak bumi dunia mengakibatkan energi fosil ini menjadi salah satu alternatif utama pengganti minyak bumi dalam waktu dekat. Emisi yang dikeluarkan dalam pembakaran gas alam juga relatif lebih ramah lingkungan. Tak heran kalau kegiatan konversi minyak tanah ke gas yang dilakukan oleh mantan Wapres Jusuf Kalla sempat menerima apresiasi dari banyak penggiat kelestarian lingkungan dunia.

3. Listrik

Energi alternatif pengganti minyak bumi selanjutnya ialah listrik. Ya, meski listrik masih umum diproduksi melalui pembangkit tenaga uap dan kerikil bara, namun penggunaannya secara luas diyakini sanggup menekan kerusakan lingkungan. Penggunaan listrik yang relatif mudah, sanggup disimpan, dan sanggup diisi ulang juga menjadi kelebihan tersendiri.

4. Hidrogen

Hidrogen yang dicampur gas alam sanggup menghasilkan materi bakar yang efisien untuk kendaraan. Bahan bakar ini juga sanggup dipakai pada mesin berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan. Meski demikian, penggunaan materi bakar hidrogen ketika ini masih belum populer, mengingat teknologi dan harga yang dikeluarkan untuknya, tergolong masih sangat mahal.

5. Biodiesel

Biodiesel ialah energi alternatif pengganti minyak bumi yang berasal dari minyak tumbuhan atau lemak binatang. Beberapa tumbuhan yang mempunyai kandungan minyak tinggi menyerupai kelapa sawit, jarak pagar, dan kelapa merupakan impian terakhir di ketika minyak bumi kelak sudah tak ada lagi. Mesin-mesin kendaraan diesel yang memakai materi bakar solar sanggup memakai materi bakar ini. Selain ramah lingkungan alasannya ialah jumlah karbon yang terlepas dari pembakarannya, penggunaan biodiesel juga tak mengenal kata habis. Maksudnya materi bakar ini masih sanggup terus diperbarui selama tumbuhan atau binatang penghasil minyak masih sanggup dibudidayakan.

Energi fosil minyak bumi yang ketersediaannya terus berkurang alasannya ialah tingkat konsumsi masy 7 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi dan Info Grafisnya

6. Metanol

Metanol atau hidrokarbon rantai pendek yang dihasilkan dari proses fermentasi karbohidrat ini juga sanggup menjadi salah satu energi alternatif pengganti minyak bumi yang cukup ramah lingkungan. Tak menyerupai materi bakar yang berasal dari beberapa fraksi minyak bumi dengan rantai hidrokarbon yang panjang, rantai hidrokarbon yang pendek dari materi bakar metanol membuat pembakarannya pada mesin hanya akan melepaskan sedikit karbon ke udara sehingga kelestarian lingkungan akan tetap terus terjaga.

Energi fosil minyak bumi yang ketersediaannya terus berkurang alasannya ialah tingkat konsumsi masy 7 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi dan Info Grafisnya

7. P-Series

P-series ialah materi bakar alternatif pengganti minyak bumi yang merupakan adonan dari senyawa ethanol, gas alam, dan Metyhl Tetra Hydro Furan (MeTHF). P-series sangat efektif dan efisien bagi kerja mesin alasannya ialah nilai oktan yang dimilikinya cukup tinggi. Penggunaan bakar ini pun sangat mudah, akan tetapi, sampai ketika ini produsen kendaraan yang membuat kendaraan dengan materi bakar P-Series masih belum ada.

Nah, itulah 7 energi alternatif pengganti minyak bumi yang suatu ketika niscaya dekat dengan kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment