Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, October 6, 2018

Misteri Merah Delima Soekarno Dan Nyi Roro Kidul

Merah Delima Soekarno - Bagi sebagian besar masyarakat Kejawen, sosok presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno dikenal sebagai sosok pemimpin yang mempunyai kewibawaan dan kesaktian yang tinggi. Banyak orang yang percaya jikalau Soekarno yakni bukan ibarat halnya insan biasa. Ia bahkan diyakini masih tetap hidup sampai kini dan akan mengambil kembali negeri yang dititipkannya kepada Soeharto.

Merah Delima Soekarno

Kewibawaan dan kesaktian Soekarno memang sudah terbukti dalam banyak hal. Semua bangsa di dunia mengenal Putra Sang Fajar sebagai pemimpin yang begitu kharismatik. Dengan pakaian khasnya, tongkat komando, peci hitam, kacamata, dan cincin kerikil merah delima yang selalu dikenakannya, dia telah menjadi aktivis bagi kemerdekaan banyak bangsa di Seantero Asia dan Afrika. Bukan itu saja, Sang Proklamator juga amat dicintai oleh rakyatnya bahkan sampai ketika ini.

 sosok presiden pertama Republik Indonesia Misteri Merah Delima Soekarno dan Nyi Roro Kidul
Sejalan dengan kewibawaannya, kesaktian Soekarno juga nampaknya tak perlu diperdebatkan lagi. Beliau terbukti telah lolos dari banyak percobaan pembunuhan yang dilancarkan Belanda dan Jepang. Sedikitnya 23 kali percobaan pembunuhan yang ditujukan padanya, tak satupun yang berhasil menciptakan ia berpulang nama. Dalam satu kisah bahkan disebutkan bahwa suatu ketika tentara Jepang telah berhasil menembakan 3 timah panas sempurna di kepalanya dan menciptakan Soekarno tak bernyawa. Para tentara itu kemudian mengubur mayat Soekarno di tengah kebun karet dan pulang ke markasnya dengan penuh bahagia. Jepang merayakan keberhasilan itu namun sesudah seminggu, Soekarno diketahui telah berada di Uni Sovyet dan tengah melaksanakan lobi-lobi politik dengan banyak pemimpin dunia.

Asal Usul Kesaktian Soekarno

Kesaktian dan kewibawaan Soekarno memang sampai kini masih menjadi misteri. Saat dia ditanya, dia hanya mengaku bahwa apa yang dimilikinya itu, semuanya yakni karunia Alloh. Tak pernah dia menyebutkan sesuatu yang berkaitan dengan adanya jimat dan sebangsanya.

Pengakuan Sang Putra Fajar ini tentu tak serta merta dipercayai oleh semua orang. Menyadari begitu karismatiknya dan betapa saktinya beliau, tak sedikit orang yang kemudian menghubung-hubungkan semuanya itu dengan apa yang biasa dia kenakan, termasuk di antaranya pakaian khasnya, tongkat komando, peci hitam, kacamata, dan cincin kerikil merah delima yang selalu dikenakannya. Mereka percaya jikalau kesaktian dan kewibawaan Soekarno yakni bersumber dari benda-benda bertuah yang dikenakannya itu.

Saat ini, banyak orang yang berusaha dan berlomba-lomba untuk mempunyai benda-benda yang dikenakan Soekarno pada masa kemudian untuk dijadikan ajimat atau untuk hanya sekedar dijadikan koleksi. Namun, benda-benda tersebut oleh keluarga Soekarno tidak pernah akan dijual. Semuanya tersimpan rapi di kediaman putri Sulung Soekarno, Megawati. Semuanya ada, terkecuali cincin mustika merah delima.

Merah Delima Milik Nyi Roro Kidul

Misteri hilangnya mustika merah delima Soekarno memang bukan lagi kisah gres yang harus dihebohkan. Cincin merah delima Soekarno diketahui memang telah hilang sejak tahun 1963, sempurna ketika lawatan dia ke Jogjakarta. Peristiwa hilangnya cincin merah delima Soekarno ketika itu diyakini terjadi sebab pemiliknya sang tolong-menolong yakni Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul mengambilnya secara ghaib.

Seperti diketahui bahwa masyarakat kejawen percaya jikalau Nyi Roro Kidul dan Soekarno yakni 2 dari 4 bersaudara. Nyi Roro Kidul meminjamkan cincin itu kepada Soekarno biar Soekarno dapat menjadi raja di kerajaan insan Indonesia. Selama cincin itu tak di tangan Sang Ratu Pantai Selatan, kerajaan mistik bahari kidul diketahui banyak digempur oleh kerajaan-kerajaan ghaib disekitarnya. Oleh sebab itu, dengan sangat terpaksa Nyi Roro Kidul mengambil mustika tersebut dari jemari Soekarno meskipun ia tahu jikalau kiprah adiknya dalam memimpin kerajaan insan belum usai.

Semenjak pengambilan cincin merah delima itu, Soekarno secara berangsur-angsur hilang kesaktiannya. Beliau pada kesannya dengan gampang dijatuhkan oleh lawan politiknya, Soeharto dengan muslihat yang amat terstruktur dan sistematis.

Demikianlah pemaparan mengenai mustika merah delima Soekarno beserta kaitannya dengan kesaktian dan kewibawaan Putra Sang Fajar. Semoga kisah tersebut dapat menjadi perbaikan untuk kita semua. Amin.

Previous
Next Post »

Post a Comment