Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Tuesday, October 9, 2018

Sejarah Asal Undangan Angklung Dan Jenisnya

Angklung merupakan salah satu alat musik bernada ganda (multitonal) warisan budaya Sunda yang terbuat dari materi bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara menggoyangkan sedemikian rupa sampai pipa bambu membentur bambu bab dalam dan menghasilkan suara nada. Alat musik yang ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya mulut non bendawi pada November 2010 silam ini ketika ini sudah dikenal seantero penjuru dunia. Kendati demikian, asal usul alat musik yang satu ini masih menjadi misteri.

merupakan salah satu alat musik bernada ganda  Sejarah Asal Usul Angklung dan Jenisnya

Sejarah Asal Usul Angklung

Hingga ketika ini, sejarah asal usul angklung masih belum diketahui secara niscaya alasannya keterbatasan bukti-bukti sejarah yang sanggup ditemukan. Namun, menurut beberapa penelitian para arkeolog, angklung diperkirakan mulai ada semenjak zaman kerikil Neolitikum dan terus berkembang sampai awal masa penanggalan modern. Dari hal itulah, alat musik ini dianggap sebagai warisan orisinil budaya Indonesia

Pada periode terbaru, angklung tergambarkan dalam sirat Babad Sunda. Dalam kitab itu, asal usul angklung diceritakan sangat dekat kaitannya dengan budaya masyarakat Sunda yang bersifat agraris yang mengandalkan pertanian sebagai penghidupan. Angklung dikaitkan dengan ritual memanggil Dewi Sri Pohaci yang merupakan Dewi Padi. Ketika hendak menanam padi, masyarakat Sunda zaman dahulu memainkan angklung di tengah sawah yang akan ditanaminya. Dengan begitu, mereka percaya padi yang akan ditanamnya akan tumbuh baik dan menghasilkan panen yang banyak.

Jenis-jenis Angklung

Angklung sanggup dibentuk memakai 2 jenis bambu ialah bambu hitam atau awi wulung dan bambu putih atau awi temen. Dari dua varian bambu ini, angklung sanggup dibentuk menjadi beberapa jenis ialah Angklung Dogdog Lojor, Angklung Kanekes, Angklung Badeng, Angklung Gubrag, Angklung Indung, Angklung Panempas, Angklung Enclok, Angklung Ambrug, Angklung Pancer, Angklung Bungko, Angklung Badud, Angklung Ciusul, Angklung Sunda, Angklung Padaeng, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai asal usul angklung dan jenis-jenisnya. Semoga dengan mengetahui angklung lebih jauh, kita sanggup lebih melestarikan warisan nenek moyang Indonesia ini.

Previous
Next Post »

Post a Comment