Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, November 15, 2018

Dongeng Fabel Kera Sombong Dan Kuda

Scud Story yaitu Portal Edukasi yang memuat artikel wacana Kisah Dongeng F Dongeng Fabel Monyet Sombong dan Kuda
Scud Story yaitu Portal Edukasi yang memuat artikel wacana Kisah Dongeng Fabel Monyet Sombong dan Kuda, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Dikisahkan, hari itu matahari sangat terik. Di tepi sebuah hutan, ada sekawanan monyet sedang bergerombol diatas pohon. Rupanya mereka sedang melihat pasukan berkuda yang melintas di jalan setapak sempurna di bawah pohon daerah mereka berada. Menyaksikan kegagahan para prajurit berkendara di atas pelana kuda, seekor monyet pun menyombongkan diri bahwa menunggang kuda itu problem mudah, dan ia kan membuktikannya!

Monyet yang lain tertawa dan tidak percaya apa yang dikatakan oleh monyet yang sombong itu. "Hahahahah.... mana mungkin kau dapat naik kuda, mendekati kuda saja kau sudah takut". Ucap salah satu dari mereka. "Lihat saja nanti!". Kata monyet sombong kepada kawannya. Saat itu, kebetulan ada seorang dari pasukan berkuda yang sedang istirahat minum di bawah pohon daerah monyet-monyet berada. ketika pasukan berkuda istirahat. Untuk menunjukan perkataannya itu si monyet sombong mengendap-endap mendekati seekor kuda yang tidak jauh dari pohon. Hup! Dengan lincah, si monyet naik ke atas punggung kuda dan bergaya di depan pada teman-temanya yang menyaksikan cemas dari atas pohon. dengan impulsif monyet menarik tali kekang sekuat tenaganya. Kuda yang mencicipi hentakan berat di atas punggungnya, terkejut. Ia juga merasa kesakitan alasannya tarikan erat pada surainya. Maka, ia pun segera meringkik, berlari kencang, sambil menggoyangkan liar badannya ke kiri dan ke kanan dan keatas bawah seolah kegelian. Monyet yang tidak dapat mempertahankan keseimbangan badannya, terlempar, terpelanting dan jatuh ke tanah dengan keras.

Dari atas pohon, teman-teman si monyet ramai menertawakan kebodohan si monyet sombong. Monyet pun tertunduk aib sambil menahan rasa sakit yang menjalari tubuhnya. Ternyata menunggang kuda tidak semudah yang ia kira! Katanya, "Kapok dah. Cukup sekali saja saya menunggang kuda! Ternyata tidak sehebat dan seenak yang saya bayangkan, apalagi tadi kuda itu sangat sukar dikendalikan macam kuda Rodeo. Memang sudah menjadi nasibku, saya tidak akan menunggang kuda lagi seumur hidupku. Aku tidak mau mengulangi lagi kesalahan yang sama."

Saat itu, monyet yang tertua di kelompoknya menjawab, "Jatuh memang menyakitkan, tetapi bukan berarti di lalu hari kau tidak akan jatuh lagi, entah dari pohon dan darimana pun. Yang perlu ketahui dan dipelajari yaitu mengapa kau jatuh? Jika kita mau berguru untuk tahu kenapa dapat jatuh, maka kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama di lalu hari."

Pesan Moral Cerita Dongeng Fabel Monyet Sombong dan Kuda yaitu : Janganlah sombong, dan jangan sok arif dan merasa dapat pada sesuatu hal kalau kita tidak benar-benar menguasainya.

Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan kisah dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita.


Previous
Next Post »

Post a Comment