Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 16, 2018

Kepompong Dan Semut Sombong

Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Dongeng Semut d Kepompong dan Semut Sombong
Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel perihal Dongeng Kepompong dan Semut Sombong, Dongeng Bahasa Sunda, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Pada zaman dahulu kala di sebuah hutan belantara yang sangat lebat, tinggalah sekawanan hewan, mereka hidup dalam hening dan bahagia, diantara mereka ada dari kawanan semut, gajah, harimau, singa, burung, ular dan sebagainya. Pada suatu hari datanglah angin puting-beliung yang sangat dahsyat melanda hutan. Badai itu tiba seketika sehingga menciptakan panik seluruh binatang penghuni hutan itu. Semua binatang berlari ketakutan berusaha menyelamatkan diri dan menghindari angin puting-beliung yang tiba tersebut.

Keesokan harinya, matahari muncul dengan sangat hangatnya dan kicauan burung terdengar dengan merdunya, namun apa yang terjadi? banyak pohon di hutan tersebut tumbang berserakan sehingga menciptakan hutan tersebut menjadi hutan yang berantakan.

Seekor Kepompong sedang menangis dan bersedih akan apa yang telah terjadi di sebuah pohon yang sudah tumbang. “Hu..huu…betapa sedihnya kita, diterjang angin puting-beliung tapi tak ada daerah satupun yang kondusif untuk berlindung..huhu..” sedih sang Kepompong menyesali keadaan.

Dari dalam lubang tanah, muncul seekor semut yang dengan sombongnya berkata “Hai kepompong, lihatlah aku, saya terlindungi dari angin puting-beliung kemarin, tidak ibarat kau yang ada diatas tanah, lihat tubuhmu, kau hanya melekat di pohon yang tumbang dan tidak dapat berlindung dari badai” kata sang Semut dengan sombongnya.

Si Semut semakin sombong dan terus berkata demikian kepada semua binatang yang ada di hutan tersebut, hingga pada suatu hari si Semut berjalan diatas lumpur hidup. Si Semut tidak tahu kalau ia berjalan diatas lumpur hidup yang dapat menelan dan menariknya kedalam lumpur tersebut.

“Tolong…tolong….aku terjebak di lumpur hidup..tolong”, teriak si semut. Lalu terdengar bunyi dari atas, “Kayaknya kau lagi sedang kesulitan ya, semut?” si Semut menengok ke atas mencari sumber bunyi tadi, ternyata bunyi tadi berasal dari seekor kupu-kupu yang sedang terbang diatas lumpur hidup tadi.

“Siapa kau?” tanya si Semut galau. “Aku ialah kepompong yang waktu itu kau hina” jawab si Kupu-kupu. Semut merasa aib sekali dan meminta proteksi si Kupu-kupu untuk menolong beliau dari lumpur yang menghisapnya. “Tolong saya kupu-kupu, saya minta maaf waktu itu saya sangat sombong sekali dapat bertahan dari angin puting-beliung cuma hanya alasannya saya berlindung dibawah tanah”. Si kupu-kupu karenanya menolong si Semut dan semutpun selamat serta berjanji ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut.

Pesan Moral dan Hikmah Dongeng: Sebagai sesama makhluk, kita harus mencintai dan menghormati semua makhluk ciptaan Tuhan. Intinya semua ciptaan Tuhan harus kita kasihi dan dilarang kita menghina makhluk yang lain.

Dongeng Bahasa Sunda
Dina jaman kapungkur basa di hiji leuweung belantara anu leubeut pisan,jumeneng macem-macem sato,maranehanana jumeneng dina tengtrem sarta bingah, maranehanana aya gorombolan sireum,gajah,maung,singa,manuk,oray sarta sajabana. Dina hiji dinten aya angin puting-beliung anu dahsyat pisan nandangan leuweung. Badai eta sumping anjog-anjog ku kituna midamel panik sakumna sato nunyicingan leuweung eta. Sadaya sato lumpat sieun perjuangan nyalametkeun salira ti angin puting-beliung anu sumping kasebat.

Enjing poena,sarangenge weton kalawan haneut pisan sarta kicauan manuk kadenge kalawan halimpu na,nanging naon anu lumangsung? seueur tangkal di leuweung kasebat runtuh ambacak ku kituna midamel leuweung kasebat barobah kaayaan leuweung anu bakrek.

Seekor Kepompong haturan nangis sarta bersedih bade naon anu parantos lumangsung di hiji tangkal anu parantos runtuh. “Hu..huu…hanjelu na urang,keuna angin puting-beliung nanging teu aya daerah hiji oge anu kondusif kanggo ngalindung..huhu..” hanjelu sang Kepompong hanjelu kalawan kaayaan.

Ti dina lombang taneuh,weton sireum anu kalawan songong na nyarios “Hai kepompong, tingali kuring ,kuring wilujeng ti angin puting-beliung kamari,henteu sepertos anjeun anu aya di luhur taneuh,tingali salira anjeun,anjeun ngan tepang di tangkal anu runtuh sarta henteu iasa ngalindung ti badai” saur sang Sireum kalawan songong na.

Si Sireum beuki songong sarta teras nyarios kitu ka sadaya sato anu aya di leuweung kasebat,dugi dina hiji dinten si Sireum mapan di luhur leutak jumeneng. Si Sireum henteu uninga menggah manehna mapan di luhur leutak jumeneng anu iasa nelen sarta metot na ka lebet leutak kasebat.

“Tolong…tolong….kuring kajebak di leutak jumeneng..tolong”,gorowok si sireum. Kaliwat kadenge soanten ti luhur,“ Jigana anjeun deui haturan kahese nya,sireum?” si Sireum ngalayad ka luhur pilari asal soanten tadi,tetela soanten eta asalna ti kupu-kupu anu haturan ngapung di luhur leutak jumeneng.

“Saha anjeun?” pariksa si Sireum galau. “ Kuring nyaeta kepompong anu waktos eta anjeun hina” waler si Kupu-kupu. Sireum rumaos lingsem kalintang sarta pundut proteksi si Kupu-kupu kanggo nulungan anjeunna ti leutak anu ngenyot na. “Tolong kuring kupu-kupu,kuring pundut hapunten waktos eta kuring songong pisan,kuring iasa tahan ti angin puting-beliung mung ngan margi kuring ngalindung handap tanah”. Si kupu-kupu ahirna nulungan si Sireum, sarta si sireum wilujeng sarta jangji manehna moal ngece sadaya makhluk ciptaan Pangeran anu aya di leuweung kasebat.

Talatah Moral sarta Hikmah Dongeng: Minangka sasama makhluk,urang kedah mencintai sarta ngajenan sadaya makhluk ciptaan Pangeran. Intina sadaya ciptaan Pangeran kedah urang kasihi sarta henteu kenging urang ngece makhluk anu sanes.

Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik Cerita Dongeng yaitu mencakup Tema Cerita Dongeng, Amanat/Pesan Moral Cerita Dongeng, Alur Cerita/Plot Cerita Dongeng, Perwatakan/Penokohan Cerita Dongeng, Latar/Setting Cerita Dongeng, serta Sudut pandang Cerita Dongeng. dan kadang disertai  unsur Ekstrinsik Cerita atau Dongeng.

Previous
Next Post »

Post a Comment