Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, November 15, 2018

Macam-Macam Jenis Dongeng

 yakni bentuk sastra usang yang bercerita wacana suatu insiden yang luar biasa Macam-Macam Jenis Dongeng
Dongeng yakni bentuk sastra usang yang bercerita wacana suatu insiden yang luar biasa, terjadi diluar nalar insan yang penuh Fantasi dan khayalan (fiksi). Dongeng dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi di dunia nyata. Dongeng memang sudah menjadi pelajaran usang dalam bidang studi Bahasa Indonesia. Oleh alasannya yakni itu banyak siswa dituntun untuk mengerti wacana dongeng semenjak di dingklik sekolah dasar. Mulai dari apa itu dongeng, pengertian dongeng, cara menciptakan dongeng, teladan dongeng hingga macam-macam dongeng atau jenis-jenis dongeng. Berikut yakni beberapa macam jenis-jenis dongeng yang ingin kami sampaikan dalam goresan pena kami.

Macam-Macam Dongeng atau Jenis-Jenis Dongeng
  • Fabel, yaitu dongeng yang tokohnya yakni hewan yg berperilaku menyerupai manusia, contohnya sanggup berbicara dan berjalan. Contohnya, dongeng Si Kancil, Dongeng Buaya dan kerbau, Dongeng Kancil dan Buaya serta Dongeng Kancil Mencuri Timun.
  • Sage, yaitu dongeng yang mengandung unsur sejarah atau kisah kepahlawanan. Contohnya kisah Jaka Tingkir, Ramayana, Si Buta Dari Gua Hantu.
  • Legenda/Cerita Rakyat, yaitu dongeng yang menceritakan wacana insiden alam atau suatu tempat. Contohnya, legenda Rawa Pening dan Legenda Danau Toba.
  • Mite/Mitos, yaitu dongeng yang berkaitan dengan iman masyarakat wacana dewa-dewa dan mahluk halus. Contohnya, mitos Nyi Roro Kidul, Wewe Gombel dll.
  • Parabel, yaitu dongeng yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Parabel juga sanggup berupa dongeng pendek dan sederhana yang mengandung pesan yang tersirat atau pedoman hidup. Contohnya, dongeng Si Maling Kundang.
Itulah beberapa macam jenis-jenis dongeng yang kerap kali menjadi materi mata pelajaran Bahasa Indonesia. biar bermanfaat dan sanggup menjadi suplemen pengetahuan bagi kita semua atau sekedar mengingatkan kita pada dingklik sekolah waktu kita masih kanak-kanak dulu.


Previous
Next Post »

Post a Comment