Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, November 15, 2018

Si Kambing Dan Singa

Scud Story yaitu Portal Edukasi yang memuat artikel wacana Cerita Dongeng  Si Kambing dan Singa
Scud Story yaitu Portal Edukasi yang memuat artikel wacana Cerita Dongeng Si Kambing dan Singa, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Di belantara yang jauh disana, Hiduplah sekawanan hewan yang beraneka ragam jenisnya. Mulai dari Singa, Gajah, Harimau, Kelinci, Kancil, Kura-kura, Elang, dan lain sebagainya. Siang itu cuaca tampak cerah, udara berhembus pelan dengan sinar mentari yang hangat. Tampak Si kambing renta berjalan mondar-mandir mengenakan kulit singa yang beliau temukan. Dia sangat gembira melihat domba-domba berlarian ketakutan ke padang rumput, sementara si bajing berlompatan naik ke dahan paling tinggi sambil menggerutu marah. Bahkan rubah bersembunyi di lubang persembunyiannya, matanya yang bundar menatapnya dengan curiga dan ketakutan. "Hahahahaha.... Mereka semua tertipu!" kata si kambing Tua terkekeh-kekeh dan terpingkal-pingkal. Dia berjalan kian kemari dengan senang. Betapa pintarnya aku, pikirnya.

Tetapi tiba-tiba ada kegemparan di hutan dan seekor singa gagah melangkah ke tepi hutan. Untuk beberapa saat, si raja hutan mengamati kelakuan si kambing renta itu, yang masih berjalan dengan berlagak, merasa sangat gembira dengan kepintarannya. Dia tidak menyadari siapa yang kini ada di belakangnya. Sang singa mendengus keras, rahangnya yang besar menganga lebar. Giginya tajam berkilauan. Lalu ia mengaum menyerupai dengan garang.

Mendengar auman di belakangnya, Si Kambing menoleh penasaran. Seketika Kambing renta itu melompat kaget menjatuhkan pakaian singanya kemudian lari terbirit-birit ke dalam hutan. Semua hewan kecil tertawa terbahak-bahak dari balik semak-semak. Singa palsu itu tidak angker mereka lagi ketika singa yang orisinil hadir.Sementara Kambing Tua bersembunyi di balik pokon sambil gemetaran menahan takut yang luar biasa. Kini beliau benar-benar kapok dan menyadari kesalahanya.

Pesan Moral dongeng Dongeng Fabel Si Kambing dan Singa adalah : Janganlah kita menggandakan atau mengaku-aku sebagai orang lain. Tidak ada hal yang baik kalau kita meniru-niru orang lain, apalagi untuk menipu dan menindas yang lebih lemah. Jadilah diri sendiri, yang orisinil tentu lebih baik daripada yang akal-akalan atau mengaku-aku.

Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita.


Previous
Next Post »

Post a Comment