Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, June 7, 2013

Download Gratis Ebook Naskah Drama Cindua Mato Karya Wisran Hadi

Siapa yang tak kenal dengan Cindua Mato. Jika Anda dekat dengan dongeng Kaba dan Tambo, maka pastilah kenal dengan tokoh yang satu ini.

Dan barangkali ada teman-teman pembaca yang ingin mementaskan drama yang bersangkut paut dengan tokoh Cindua Mato dan Bundo Kanduang, maka , kali ini akan sedikit membuatkan naskah drama Cindua Mato karya Wisran Hadi yang dicuplik dari buku Empat Sandiwara Orang Melayu karya Wisran Hadi yang berdasarkan sangat elok untuk dipentaskan.

Oh iya, sebagai gosip tambahan, Wisran Hadi dilahirkan di Padang, Sumatera Barat, Juli 1945. Tahun 1977-1978 mengikuti International Writing Program di Iowa University, Amerika Serikat. Karya-karyanya: Simalakama (1975), Anggun Nan Tongga (1978), Putri Bungsu (1978), Tamu (1996), Imam (1977). Sejumlah naskah dramanya berikut ini memenangkan Sayembara Penulisan Naskah Drama Dewan Kesenian Jakarta: Gaung (1975; hadiah ketiga), Ring (1976; hadiah harapan), Cinduo Mata (1977; hadiah harapan); Perguruan (1978; hadiah kedua), Malin Kundang (1985; hadiah harapan), Penyeberangan (1985; hadiah ketiga), Senandung Semenanjung (1986; hadiah perangsang), Pewaris (1981). Pada 1991 Pemerintah Republik Indonesia menganugerahinya Penghargaan Penulis Sastra. Wisran Hadi tutup usia pada tanggal 28 Juni 2011 dalam usia 66 tahun Padang, Sumatera Barat.

Wisran Hadi dikenal sebagai pelanggan pemenang sayembara penulisan naskah sandiwara Dewan Kesenian Jakarta dari tahun ke tahhun. Ia sangat dekat dengan aneka macam mitos yang hidup dan diyakini masyarakat etnik Melayu dan Minangkabau. Keakrabannya dengan aneka macam mitos menyerupai Hikayat Hang Tuah, Kaba Cindua Mato, mitos Dara Jingga, dan Gading Cempaka memungkinkan ia melihat bahwa mitos yang diyakini masyarakat itu harus diberikan interpretasi baru. Dengan perenungan, aliran dan pemahaman yang dalam dari mitos itu, Wisran menuliskan mitos gres dalam bentuk sandiwara Senandung Semenanjung, Dara Jingga, Gading Cempaka, dan Cindua Mato.

Langsung saja, bagi yang berminat untuk membaca Naskah Drama Cindua Mato Karya Wisran Hadi ini, silahkan download Naskah Drama Cindua Mato Karya Wisran Hadi ini secara gratis. Caranya, klik button download di bawah ini:




Previous
Next Post »

Post a Comment