Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, August 13, 2016

Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik Dan Benar

Hewan kelinci ketika ini sudah banyak dibudidayakan dan digandrungi oleh beberapa komunitas penggemar Kelinci Hias. Hewan Kelinci intinya merupakan binatang liar, namun seiring berjalannya waktu banyak orang yang menangkap dan memeliharanya sehingga kelinci bermetamorfosis binatang yang jinak. Beternak kelinci sanggup dibilang gampang-gampang susah, binatang yang satu ini perkembangbiakannya cukup cepat, namun tingkat maut akhir penyakit juga sanggup dibilang menjadi tantangan yang berat jikalau ingin memelihara kelinci. Beternak kelinci selain bertujuan untuk diambil dagingnya, ketika ini sudah banyak dibudidayakan kelinci untuk binatang peliharaan sebagai kelinci hias. Tentunya ini sanggup menjadi peluang bisnis yang sanggup meningkatkan harga jual kelinci di pasaran.

 Hewan kelinci ketika ini sudah banyak di<b><a href=budidayakan dan digandrungi oleh beberapa komunitas Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" border="0" height="428" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ2-ehgFVR6ndHOTXlS7xSZ5ytW0L6pwAZ3RxJDnxKRnRbvLcdSxzXNKgO2lfzD_Plvun6-GzBpMdHU4jVunOAsIyOXiK_6NtUrq0WeFCBO8vubNgchQMg_9daBbeeI0YEpL7e-U6MeXY/s640/girl-1410440_1920.jpg" title="Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" width="640" />



Jenis - Jenis Kelinci Hias - Semakin maraknya Kelinci dijadikan peliharaan sebagai Kelinci Hias tentunya akan meningkatkan harga jual, namun kelinci ibarat apa yang layak dijadikan sebagai kelinci Hias. Sebenarnya tidak ada jenis kelinci khusus yang dijadikan Kelinci Hias, semua kelinci berpeluang menjadi kelinci hias jikalau dirawat dengan cara yang benar. Bentuk dasar dari kelinci memang sudah cukup menggemaskan dengan bulu-bulunya, hanya saja ada kelinci dengan perawatan baik dan perawatan yang kurang maksimal. Ada beberapa jenis kelinci yang lazim dibudidaya sebagai Kelinci Hias, diantaranya:

Anggora

Jenis kelinci Anggora merupakan Jenis Kelinci Hias yang banyak dibudidaya, bentuk kelinci anggora ini cukup anggun sekali dengan bulu yang tebal dan halus.

 Hewan kelinci ketika ini sudah banyak di<b><a href=budidayakan dan digandrungi oleh beberapa komunitas Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" border="0" height="320" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8DKa4Q2DvmRN2_sdh-vRlrTi3k9NyEBrsbtFRFpmSnLx6OowbzV48ZgxsnprI_Uq84DX2SEkmyYGjDdvZfPJIfzI5M2ETi0LxtDa3Qst5nxVtTYRpT624rM76ADWOjokEp_5xTDXn9-0/s320/Kelinci+Anggora.jpg" title="Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" width="239" />
Source : Wikipedia
Dutch

Kelinci Dutch berasal dari negeri Belanda, kelinci memikat para penggemar Kelinci Hias alasannya yakni warna bulunya cukup variatif. Ada yang berwarna hitam-putih, Cokelat-putih, abu-abu, atau perpaduan lainnya. Bulu kelinci jenis Dutch juga cukup pendek tidak ibarat jenis kelinci hias lainnya.

 Hewan kelinci ketika ini sudah banyak di<b><a href=budidayakan dan digandrungi oleh beberapa komunitas Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" border="0" height="254" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjALEqg_dQKfT2BxBlCd__6KbKWBHCWYq7EE5XAHMQ7mp-U8Bbxen2m64GM7zD3SlIPaUCO9fnYU4hYjfExUSP3QBDIF1WWxuGYMcb-9AtnN3nkPzw9BwDMsUIOhJ3bMED6zxoF42-97XQ/s320/Kelinci+Dutch.jpg" title="Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" width="320" />
Source : wikipedia

Flemish Giant

Kelinci Dutch berasal dari negeri Belanda, kelinci memikat para penggemar Kelinci Hias alasannya yakni warna bulunya cukup variatif. Ada yang berwarna hitam-putih, Cokelat-putih, abu-abu, atau perpaduan lainnya. Bulu kelinci jenis Dutch juga cukup pendek tidak ibarat jenis kelinci hias lainnya.

 Hewan kelinci ketika ini sudah banyak di<b><a href=budidayakan dan digandrungi oleh beberapa komunitas Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" border="0" height="212" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBwiPnWYAPVA-po2-CcgMg9JBwb8kurEafGwQRwDOxE2EerPvpWsBt0JWDEsuPAd0EaIKjOWwo3nyCJA5pjhkVa1oPwPIBiw6GQb_oznhMZB9IyoWwL53EEliVC2WnyWC5AY_8X8hmlLY/s320/Kelinci+Flemish_giant_fawn_doe.jpg" title="Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" width="320" />
Source : wikipedia
Havana

Kelinci Jenis ini sudah banyak dikembang biakkan dan terbilang jenis kelinci hias yang cukup tua. Jenis kelinci ini sudah dikembang biakan di Belanda semenjak tahun 1800an dan sudah tersebar ke penjuru dunia.

 Hewan kelinci ketika ini sudah banyak di<b><a href=budidayakan dan digandrungi oleh beberapa komunitas Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" border="0" height="240" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhel1SfaqMOGW_O0Mx5kmjxuG2MTmcj7OJp7Xld3H-FnK1SGp4FKKRgmg4w_nlA3DGjW6whowt-DmpOCqc415sPcLqYUMAH64RFqNf5MplPoD2IJYYMC2X6_fsX3JdD79H-K6ua1eZSELk/s320/Kelinci+Havana.jpg" title="Cara Beternak Kelinci Hias Bagi Pemula Yang Baik dan Benar" width="320" />
Source : Wikipedia


Bagaimana Cara Terbaik Merawat Kelinci Hias..?

Memelihara kelinci hias memang sanggup dibilang gampang-gampang susah, namun jikalau anda sudah memahami cara perawatan kelinci hias yang baik dan benar tentunya beternak kelinci hias tidaklah begitu sulit. Untuk budidaya kelinci Hias di rumah sanggup anda lakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Pemilihan Bibit

Untuk memelihara kelinci hias dari kecil, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahuku jenis kelinci tersebut. Jika membeli dari petshop pastikan dengan benar anakan kelinci tersebut berasal dari indukan kelinci jenis apa. Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya anda melihat eksklusif indukannnya. Lihatlah jenis Indukannya dan apakah Induknya merupakan induk kelinci yang sehat.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika menentukan anak kelinci hias yakni jangan membeli anakan kelinci yang masih terlalu kecil, sebaiknya pilih anak kelinci hias yang sudah berumur minimal 3 bulan. Biasanya jikalau dibawah umur tersebut, anak kelinci rentan mati.

2. Pembuatan Kandang

Kandang yang baik bagi kelinci tentunya diubahsuaikan dengan cita-cita Anda masing-masing, namun yang erlu diperhatikan yakni jenis sangkar kelinci ibarat apa yang Anda sukai dan diperuntukkan untuk sangkar di dalam ruangan atau di luar ruangan. Hal ini tentunya akan sangat kuat terhadap bentuk sangkar kelinci yang sesuai.

Kandang kelinci yang baik dan sehat yakni sangkar kelinci yang sanitasinya baik, rasio luasan terhadap jumlah kelinci cukup, dan kebersihan terjaga. Jika Anda ingin memelihara kelinci di dalam rungan maka nilai estetika juga sangat perlu diperhatikan semoga sangkar kelinci sesuai dengan konsep ruangan Anda.

Pada artikel sebelumnya terkait Kandang Kelinci Sederhana dan sehat sudah dipaparkan bagaimana meilih sangkar kelinci dan jenis-jenisnya. Untuk menjaga kesehatan Kelinci Hias perlu dilakukan pencucian sangkar minimal 1 ahad sekali, jikalau anda mempunyai waktu banyak maka pencucian sangkar kelinci sanggup dilakukan 2 hari sekali. Dan sediakan baki daerah istirahat kelinci serta berikan air higienis untuk kelinci minum.

3. Pemilihan Makanan

Banyak peternak kelinci pemula bertanya-tanya perihal jenis makanan apa yang cocok bagi kelinci Hias. Kelinci merupakan binatang Herbivora (pemanakan tanaman), rumput-rumputan merupakan makanan kesukaan kelinci. Anda cukup menunjukkan rumput-rumput yang segar kepada kelinci hias Anda. Namun juga perlu diselingi dengan sayuran ibarat Wortel dan kangkung.

Untuk tunjangan makan Kelinci Hias dengan kangkung sebaiknya Anda perlu menjemur Kangkung tersebut terlebih dahulu. Hal ini bertujuan semoga kadar air dalam kangkung sanggup berkurang, penjemuran tidak perlu terlalu lama, cukup hingga kangkung layu dan sedikit menguning. Jika kangkung segar diberikan, maka duduk kasus yang muncul yakni kotoran Kelinci akan lembek / mencret.

Pemberian makan juga sebaiknya diberikan pada malam hari mulai dari jam 6 hingga malam, hal ini semoga menyesuaikan kebiasaan kelinci makan di malam hari. Pada siang hari anda sanggup memberinya pelet atau dilepas di halaman rumah.

Itulah beberapa tips Cara merawat Kelinci Hias Bagi pemula, kunci dari keberhasilan beternak kelinci hias yakni dengan menjaga sangkar semoga tetap bersih. JIka sangkar kotor maka bibit penyakit akan simpel berkembang, ini yang menyebabkan kelinci terjangkit kudis dan rentan mati.

Previous
Next Post »

Post a Comment