Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, August 13, 2016

Cara Mengobati Burung Kenari Yang Sakit

Cara mengobati Burung Kenari Yang Sakit - Musim penghujan memang kerap sekali mengakibatkan berkembangnya bibit penyakit, termasuk diantaranya yaitu penyakit pada Burung Kenari. Keluhan yang sering terjadi yaitu Burung kenari menjadi tidak bersemangat, terlihat duka dan banyak berdiam di lantai kandang. Seperti halnya jenis burung peliharaan lainnya , Burung kenari juga rentan terhadap penyakit terutama bila kondisi sangkar tidak dijaga kebersihannya, selain itu kondisi perubahan cuaca juga berperan terhadap terserangnya penyakit pada burung kenari peliharaan.

Cara mengobati Burung Kenari Yang Sakit  Cara Mengobati Burung Kenari Yang Sakit
Cara Menangani Burung Kenari Yang Sakit - Untuk mencegah terjadinya efek yang lebih parah, perlu penanganan yang sempurna terhadap burung kenari yang sedang sakit. Pelajari dengan benar ciri-ciri yang diperlihatkan dari sakit yang diderita burung kenari peliharaan Anda, ini akan sangat membantu biar Anda sanggup mengambil tindakan yang cepat dan tepat.

Tips Langkah-Langkah Mencegah Burung Kenari Agar Tidak Cepat Sakit

Burung kenari yang terjangkit penyakit biasanya akan terlihat murung, tidak mau bergerak aktif ibarat biasanya, dan sering berada di lantai kandang. Penyakit semacam ini sering disebut dengan Panyekit duka oleh sebagian banyak penggemar Burung Kenari. Untuk mencegah serangan penyakit duka pada burung kenari sanggup dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Lakukan Penjemuran Secara Rutin

Penyakit duka pada Burung Kenari biasnya disebabkan cuaca hirau taacuh yang terjadi pada demam isu penghujan, kondisi lembab pada sangkar mengakibatkan burung kedinginan dan gampang terjangkit oleh bibit penyakit ibarat virus dan bakteri. Lakukan penjemuran burung kenari setiap pagi hari, lakukan pada jam 07.00 - 09.00 setiap harinya. Hal ini bertujuan biar Burung Kenari merasa hangat.

2. Lakukan Pembersihan Kandang Secara Teratur

Kondisi kadang yang kotor akan meningkatkan kemungkinan Burung Kenari terjangkit penyakit, Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pencucian sangkar secara rutin pagi dan sore. Terutama pada demam isu penghujan, sangkar akan gampang lembab, pastikan sangkar tetap terawat kebersihan dan tidak lembab sehingga bibit penyakit tidak gampang datang.

3. Saat Malam Hari, Berilah Kerodong pada Kandang/Kurungan

Memasang epilog pada kandang/kurungan pada malam hari atau dikala cuaca hirau taacuh sanggup membantu burung kenari peliharaan menjadi hangat, oleh lantaran itu pemasangan kerodong/punutup kurungan sangat dianjurkan ketika burung kenari peliharaan Anda mengalami sakit.



4. Berilah Makanan Yang Sehat

Pemberian variasi masakan yang sehat sanggup membantu burung kenari dalam menangkal penyakit yang datang, berilah sayuran dan masakan berprotein ibarat telur puyuh secara bergantian untuk selingan masakan utama. 

Cara Mengobati Burung Kenari Yang Sedang Sakit  Murung

Jika langkah-langkah pencegahan di atas sudah dilakukan namun burung kenari masih saja sakit, lakukan langkah-langkah pengobatan biar burung kenari peliharaan tidak mati. Berikut beberapa langkah cara mengobati burung kenari yang sedang sakit.

1.Berilah Multivitamin Atau Obat

Pemberian multivitamin akan sangat membantu burung kenari memulihkan staminanya dikala kurang bersemangat, belilah multivitamin di toko-toko yang menjual keperluan untuk burung peliharaan. Campurkan multivitamin pada air minumnya. Jangan lupa untuk memberi air minum dari air yang sudah direbus, jangan air dari kran atau sumur secara langsung.

Jika pinjaman multivitamin belum juga menyembuhkan penyakitnya, maka langkah pengobatan perlu dilakukan. Berikan obat yang sesuai yang mengandung antibiotik dan vitamin, obat ini banyak dijual di toko-toko yang menjual pakan burung. Pemberian obat harus segera dilakukan biar burung kenari Anda tidak mati.

2. Berilah Makanan Yang Bisa Menghangatkan Badannya


Setelah pinjaman obat, bantulah pemulihan stamina burung kenari dengan menunjukkan masakan yang sanggup menghangatkan badannya. Jenis pakan ini sanggup didapat dengan gampang di kios-kios penjual pakan burung, sebagai pola yaitu niger seed. Makanan satu ini akan menunjukkan kehangatan pada tubuh burung yang memakannya. Ini sangat direkomendasikan diberikan ketika cuaca hirau taacuh dan kondisi burung kenari dalam keadaan sakit.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengobati burung kenari biar tidak sakit murung, cara pemeliharaan yang rajin akan sangat membantu burung kenari terhindar dari sakit murung, cara sederhana ibarat membersihkan sangkar secara rutin, menjemur burung pada pagi hari, dan menunjukkan kerodong pada kurungannya akan sangat membantu burung kenari bertahan terhadap kondisi cuaca dan serangan penyakit. Tidak lupa juga berikan masakan selingan ibarat sayuran, buah apel dan telur puyuh untuk menjaga staminanya tetap prima.

Previous
Next Post »

Post a Comment