Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, August 12, 2016

Cara Budidaya Buah Manggis Dari Biji Supaya Cepat Berbuah

Buah manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah yang ketika ini digemari masyarakat, buah ini selain mempunyai rasa yang lezat ternyata dipercaya juga banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan ketika ini banyak riset yang telah mengambarkan manfaat dari kulit buah manggis, beberapa manfaat dari buah manggis diantaranya: Mencegah kanker, Mencegah Infeksi, Mengontrol tekanan darah, kaya akan antioksidan, dan lain sebagainya.


Untuk membudidayakan tanaman buah manggis sanggup dilakukan melalui biji (generatif) dan juga melalui sambung pucuk (vegetatif). Beberapa pendapat menyebutkan bahwa menanam manggis dari biji akan tetap menghasilkan buah yang sama dengan induknya, namun pohon buah manggis akan usang menghasilkan buah. Minimal pohon manggis akan berbuah pertama pada umur 10 tahun dari penanaman kalau dibudidayakan dengan memakai biji. Untuk menghasilkan pohon manggis yang cepat berbuah sanggup dilakukan dengan cara sambung pucuk, berikut beberapa langkah menanam pohon buah manggis yang benar semoga cepat berbuah:

Menyiapkan Bibit Manggis

Untuk menyiapkan bibit buah manggis dengan cara sambung pucuk tidak berbeda jauh dengan cara menanam buah durian dan juga cara budidaya pohon buah srikaya. Untuk melaksanakan sambung pucuk anda harus menyemai biji buah manggis terlebih dahulu di polybag, sesudah biji tumbuh dan mempunyai diameter batang sekitar 1 cm, maka langkah selanjutnya ialah mengambil pucuk dari pohon manggis yang sudah terbukti berbuah. Usahakan ukuran ucuk dari pohon yang sudah berbuah sama dengan diameter bibit semain yang akan dijadikan pohon bawah.

Lakukan pemotongan pada batang bibit semaian dengan kepingan rata, kemudian belah pada bab tengahnya (sehingga membentuk aksara V). Selanjutnya sayat pucuk pohon manggis yang sudah berbuah membentuk aksara "V" juga sehingga sanggup disatukan ke batang bawah. Masukkan pucuk pohon manggis dari bantang yang berbuah tadi ke dalam sayatan batang bawah, kemudian ikat dengan memakai tali secara berpengaruh (jangan hingga menjadikan bibit patah). Jangan lupa untuk memotong daun-daun dari pucuk yang disambung. Kemudian tutuplah sambungan dengan memakai plastik transparan. Letakkan pada area yang teduh, dan lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Plastik sanggup dibuka kalau bibit sudah mulai mengeluarkan tunas daun.

Jika anda tidak ingin repot, anda sanggup membeli bibit pohon manggis dari kios-kios jual tanaman dan bibit. Pilihlah bibit yang ada bekas sayatannya untuk memastikan bahwa bibit benar-benar hasil sambung pucuk. Kemudian yang niscaya bahwa pilihlah bibit yang berkualitas baik dan tidak diserang hama atau jamur.

Menyiapkan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran  60cm x 60cm dan kedalaman 50cm, isi lubang tanam dengan memakai adonan tanah dan pupuk kandang hingga 2/3 bab terisi. Jika anda ingin membudidayakan buah manggis dalam sekala besar, maka buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang 10m dan isilah juga dengan adonan tanah dan pupuk kandang. Biarkan lubang tanam selama 1 bulan sebelum ditanami untuk memastikan bahwa pupuk kandang menyerap dengan baik.

Menanam Bibit Buah Manggis

Setelah bibit buah manggis hasil sambung pucuk mempunyai daun yang banyak dan mempunyai tinggi batang sekitar 70cm, maka pindahkan bibit pohon mangis ke lubang tanam yang telah disediakan. Bukalah polybag semaian dengan cara merobek secara perlahan dan masukkan bibit ke lubang tanam. Tutup lubang dengan memakai tanah yang ada disekitar lubang, kemudian padatkan. Lakukan hal yang sama hingga semua lubang tertanami.

Melakukan Perawatan Pohon Manggis

Perawatan yang dilakukan ialah menyulam bibit manggis yang mungkin tidak tumbuh ketika ditanam, dan melaksanakan pencucian lahan tanam pohon manggis. Pemupukan sebaiknya dilakukan kembali sesudah tumbuhan berumur 6 bulan sesudah tanam, dan usahakan untuk terus melaksanakan pemupukan minimal 1 tahun sekali dengan pupuk kandang.

Itulah beberapa langkah budidaya pohon buah manggis semoga cepat berbuah, silahkan anda menentukan antara cara menanam pohon buah manggis dengan biji atau dengan cara metode sambung pucuk. Pohon buah manggis hasil sambung pucuk akan berbuah pada umur 7 tahun sesudah penanaman, kalau anda beruntung maka pohon manggis akan menghasilkan buah pertama pada umur tanam 5 tahun.

Previous
Next Post »

Post a Comment