Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, August 13, 2016

Cara Gampang Menanam Bengkoang Di Kebun Berbuah Banyak



Bengkuang atau sering disebut juga dengan bengkoang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam jenis umbi-umbian. Kandungan air yang terdapat pada buah bengkuang membuatnya terasa segar. Selain kesegarannya, ternyata buah bengkuang juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti:
  • Antioksidan bagi tubuh, kandungan vitamin C pada bengkuang sanggup berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.
  • Mencerahkan kulit, mencegah penuaan, menjaga wajah tetap segar, dan melembabkan kulit, sehingga tidak jarang bengkuang menjadi materi bagi kosmetik.
  • Menyembuhkan Maag, kandungan alkali pada bengkuang sanggup mengurangi dan sanggup menyembuhkan maag.
  • Selain kaya manfaat, bengkuang juga sanggup menjadi sumber penghasilan bagi para petani. Budidaya tumbuhan bengkuang dalam sekala besar sanggup memperlihatkan laba finansial bagi petani. Selain dijual sendiri, bengkuang biasanya dicari para pengumpul.

Selain sebagai materi kosmetik dan buah-buahan, ketika ini bengkuang banyak diolah menjadi keripik dan olahan makanan lain. tentunya ini akan meningkatkan undangan akan materi baku buah bengkuang. Biaya penanaman dan perawatan bengkuang juga tergolong murah, alasannya yaitu tumbuhan ini tidak memerlukan perawatan yang banyak menyerupai tumbuhan lainnya.

Cara menanam bengkuang sanggup dilakukan dengan cara berikut:

Menyiapkan Benih Bengkoang

Benih bengkuang sanggup diperoleh dari buah polongnya, namun anda harus benar-benar merencanakan untuk pembibitan. Karena buah polong diperoleh dari tumbuhan bengkoang yang berbunga dan berbuah, jikalau anda berniat untuk mengambil ubinya maka bunga-bunga bengkoang harus dipangkas. Jika tidak dipangkas bunganya, bengkoang tidak akan keluar ubinya (hanya akar). 

Oleh alasannya yaitu itu persiapkan pohon bengkuang yang tumbuh subur dan pohonnya bagus, biarkan berbunga dan menghasilkan buah polong jikalau diperuntukkan sebagai bibit. dan pangkas tumbuhan bengkuang yang berbunga jikalau ingin diambil ubinya.

Pilih biji polong yang sudah bau tanah (kulit polongnya sudah coklat kehitaman), buka kulitnya dan jemur biji bengkuang selama sehari. Jika ingin dipakai dalam jangka lama, jangan buka kulit polong. Cukup jemur beserta kulitnya.

Menyiapkan Lahan Tanam

Mempersiapkan lahan harus benar-benar diperhatikan tingkat kegemburan tanahnya, alasannya yaitu bengkuang hanya sanggup berkembang baik di tanah yang gembur. Perkembangan ubi bengkuang akan sangat baik pada jenis tanah yang mengandung pasiran. Untuk mempersiapkan lahan tanam yang baik bagi pertumbuhan bengkoang, lakukan penggemburan dengan memakai cangkul atau bajak.

Buatlah tegalan memanjang dengan ukuran lebar 1 meter, taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos pada lahan yang disiapkan sambil diaduk-aduk. Setelah semua luasan lahan telah dibentuk tegalan (tanggul), langkah selanjutnya yaitu menanam bibit bengkuang.

Menanam Bibit Bengkuang

Penanaman bibit bengkuang dilakukan dengan menciptakan lubang dengan tongkat kayu yang diruncingkan (tugal) dengan jarak 20 - 30 cm antar tanaman. Masukkan bibit bengkuang sebanyak 1-2 biji per lubang. dan tutup dengan menekan tanah secara perlahan. Tanaman bengkoang akan tumbuh dan menjalan sekitar umur 2 minggu.

Perawatan tumbuhan Bengkoang

Tanaman bengkoang yang telah tumbuh dan menjalar harus rajin dilakukan pemotongan pucuk daun pada semua tumbuhan bengkoang. hal ini bertujuan supaya ubi bengkoang sanggup berkembang. Biasanya pemotongan pertama dilakukan pada ketika umur 1 bulan, dan diteruskan secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Pada awal penanaman jikalau kondisi cuaca tidak hujan, lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari. Namun jikalau ekspresi dominan hujan tidak perlu disiram juga tidak apa, alasannya yaitu tumbuhan bengkoang tahan terhadap kondisi air yang minim.

Lakukan pemupukan pada usia tumbuhan menginjak 3 minggu, pupuk yang dipakai yaitu pupuk kandang. diusahakan yang mempunyai sekam-sekam supaya menjadi materi makanan bagi tumbuhan bengkuang.

Penyiangan rumput-rumput liar juga harus rutin dilakukan supaya tidak mengganggu pertumbuhan bengkuang. Pembasmian hama juga harus dikakukan supaya pertumbuhan bengkuang subur.

Pemanenan bengkoang

Bengkoang yang baik akan sanggup dipanen pada umur 5 bulan, dan hasil yang dikatakan sukses akan menghasilkan panen sebanyak 7 - 9 ton per hektar. Maka penghasilan sanggup dilihat 9 ton dikali dengan harga perkilo.

Sangat menjanjikan bukan budidaya bengkuang, tentunya yang perlu diperhatikan yaitu cara menanam bengkuang yang benar, cara perawatan bengkuang, dan pemupukan. Selain kaya manfaat ternyata bengkuang sanggup menjadi solusi bagi pertanian.

Previous
Next Post »

Post a Comment