Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, August 13, 2016

Cara Gampang Menanam Mentimun Hidroponik

Cara menanam mentimun hidroponik sanggup dijadikan cara lain dalam menanam dan membudidayakan mentimun dari penanaman secara biasa (menggunakan media tanah). Prinsipnya yakni dengan menawarkan nutrisi (dalam bentuk larutan nutrisi) dengan cara disiram, ditetes, dialiri, atau disemprotkan pada media tumbuh tanaman.
Caranya sebagai berikut :



Sediakan bibit mentimun
Bibit mentimun sanggup dihasilkan dari proses penyemaian biji timun. Anda sanggup menyemai sendiri bibitnya dengan cara persemaian dan pembibitan hidroponik. Anda harus memperhatikan benar-benar proses ini, sebab beda tanaman, beda pula perawatannya.

Pemindahan bibit ke media tanam
Sebelum memindahkan bibit, pastikan kita sudah menyiapkan media tanamnya. Sediakan saja media roockwol. Gunakan teknik apung dengan pot kecil berisi media tanam dan wadah besar berisi larutan nutrisi.
Pilih bibit yang unggul, yaitu bibit sudah memiliki dua daun dan batang yang sehat. Pada dikala memindah bibit hati-hati jangan hingga merusak batang, daun dan akar. Masukkan akar pada air dan goyangkan semoga bersih. Iris rockwool setengah dan selipkan akar kedalamnya.

Perawatan
Perawatan yang dilakukan yaitu pengecekan nutrisi dengan cara penggantian nutrisi secara bersiklus dan pengaturan pH air secara teratur. Pemangkasan batang dan daun yang kurang anggun dan yang tidak diperlukan. Ikat batang utama dengan penopang semoga batang tumbuh dengan lurus dan kuat. Pengendalian hama dan penyakit sanggup dilakukan dengan cara manual dan pestisida.

Masa panen
Gunakan alat pemotong (gunting atau pisau) dikala mengambil buah semoga menjaga batang dari kerusakan.

Sekian artikel cara menanam mentimun hidroponik dari saya, semoga bermanfaat untuk anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment