Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, August 13, 2016

Panduan Lengkap Cara Merawat Kaktus Biar Tidak Busuk

CARA MERAWAT KAKTUS -- Tanaman kaktus menjadi primadona dalam dunia tanaman hias. Banyak penggemar tanaman hias beramai-ramai menanam tumbuhan ini di taman rumahnya. Namun sayangnya banyak yang tidak sukses dalam merawat tumbuhan kaktus ini. Banyak yang gagal dalam menanam kaktus ini sebab tumbuhan kaktus basi dan karenanya mati. Namun bukan berarti merawat kaktus semoga tumbuh dengan baik itu susah. Merawat tumbuhan kaktus gotong royong gampang-gampang susah. Intinya yaitu bagaimana mengerti dan memahami bagaimana tumbuhan kaktus bisa tumbuh dengan baik di alam aslinya.


Cara Merawat Kaktus

Berikut ini beberapa tips dalam merawat dan menanam tumbuhan kaktus semoga tumbuh dengan baik dan tanpa busuk:
1. Jangan Berlebihan dalam Menyiram
Kesalahan yang sering dialami oleh penggemar tumbuhan kaktus yaitu memperlihatkan air yang berlebih dengan melaksanakan penyiraman yang rutin. Ini merupakan kesalahan yang cukup fatal. Karena intinya tumbuhan kaktusmerupakan flora yang hidup di habitat kering. Karena hidup di kawasan kering tumbuhan kaktus mempunyai kemampuan menyimpan cadangan air yang banyak di daunnya yang menggembung. Pada dikala kekurangan air tumbuhan kaktus memanfaatkan air dalam cadangan tersebut.

2. Tempatkan Pada lokasi Yang terkena Sinar Matahari
Selain itu tumbuhan kaktus sangat menyukai sinar matahari menyerupai di habitat aslinya yaitu  gurun pasir yang panas dan mempunyai sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, sebab daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati. Inilah yang menciptakan tumbuhan kaktus membusuk kalau terlalu banyak meyiram air.

3. Pemilihan Bibit Kaktus dan Penanaman
Saat akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik yaitu dalam menentukan bibit dan cara menanam. Bibit kaktus sanggup ditanam dari biji atau dari anakan sendiri. Anda sanggup menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tumbuhan ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.

4. Diangin-anginkan dan Penyemprotan
Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak basah dan tidak mati. Menyiram kaktus tidak sama dengan tumbuhan biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan memakai botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.

5. Pemupukan Tanaman Kaktus
Kaktus juga harus diberi pupuk semoga tanamannya berkembang dengan baik menyerupai tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tumbuhan biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus memakai pupuk organik (pupuk NPK) yang sanggup anda dapatkan di toko tanaman hias. Pupuk ini diberikan ke media tanamnya.

6.Mengganti Media Tanam Kaktus
Mengganti  media tanam pada tanaman kaktus perlu dilakukan apabila kaktus tidak memperlihatkan pertumbuhannya sama sekali. Caranya yaitu dengan membuang media tanam kemudian gunting semua akar halus pada tumbuhan kaktus. Jika sudah, tumbuhan kaktus harus dikeringkan selama 1-2 ahad ditempat yang cukup mendapat sinar matahari.

Selanjutnya sehabis tumbuhan kaktus dibersihkan, kaktus ditanam lagi memakai media tanam yang baru. Biarkan lagi selama 2-3 ahad tanpa perawatan atau tanpa disiram air. Setelah 2-3 ahad barulah disiram kembali.

Menanam dan merawat tumbuhan kaktus memang gampang-gambang mudah, namun kita harus teliti dalam merawatnya terutama dalam hal penyiraman. Jangan lupa membersihkan pot dari segala macam kotoran dengan teratur. Jika sudah dirawat dengan baik tumbuhan kaktus ini bisa tumbuh bagus dan indah.


Previous
Next Post »

Post a Comment