Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Saturday, August 20, 2016

Cara Menanam Buah Naga, Inilah 10 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Buah Naga

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Naga

Budidaya Tanaman Buah Naga sudah banyak dilakukan orang, beberapa alasannya dan alasan mereka membudidayakan buah naga antara lain lantaran pohon buah naga bisa dijadikan tanaman hias yang bisa ditata sedemikian rupa sesuai kehendak kita, gampang dalam perawatan lantaran tanaman buah naga merupakan jenis tumbuhan kaktus yang tentu saja tahan dengan cuaca panas, kemarau dan kekurangan air, lantaran Hobby dan yang terakhir yaitu lantaran memang untuk dijadikan ladang penghasilan dalam arti mereka menanam tanaman buah naga dalam jumlah besar di lahan yang luasnya hingga ukuran hektar dan dirawat dengan intensif biar sanggup memperoleh hasil buah naga yang optimal.




Awalnya buah naga terkenal di China lantaran buah naga ini dianggap sebagai tumbuhan khusus dan erat dengan banyak sekali ritual budbahasa yang ada di China. Buah naga dianggap oleh rata-rata penduduk china bisa membawa berkah bagi kehidupan mereka. Sebagaimana simbol hewan naga yang sangat dihormati di China, buah naga sering diletakkan erat dengan patung naga setiap program peringatan atau ritual budbahasa mereka.

Buah naga masuk dalam keluarga tumbuhan kaktus yaitu marga hylocereus dan Selenicereus. Tanaman ini sudah menyebar luas ke hampir seluruh penjuru dunia. Pertama kali dikenal, tanaman buah naga berasal dari Meksiko, dan dari sinilah buah naga menyebar ke USA kemudian merambah ke negara-negara Asia termasuk di dalamnya ke Indonesia.

Indonesia yang beriklim tropis dan didaerah tertentu mempunyai cahaya matahari yang berlimpah menjadi sangat cocok untuk habitat tumbuh buah naga ini. Pembudidayaan buah naga dalam jumlah besar sudah banyak dilaksanakan ibarat di Pasuruan, di Probolinggo dan beberapa di daerah-daerah pantai. Bahkan diaerah yang agak masbodoh ibarat Malang, buah naga jenis tertentu bisa tumbuh dengan baik.

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Naga
Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah naga:
  • Kalori 60 kkal 
  • Protein 0,53 gram 
  • Serat 0,71 gram 
  • Karbohidrat 11,5 gram 
  • Kalsium 134,5 mg
  • Zat Besi 0,65 mg 
  • Fosfor 87 mg 
  • Vitamin C 9,4 mg
  • Kadar air 90%  
  • Vitamin B1, B3 dan B12
Inilah 10 Alasan Kita Harus Mengonsumsi Buah Naga

1. Buah naga mempunyai kandungan Fosfor dan Kalsium yang tinggi.
Seperti diketahui, untuk bisa normal, metabolisme badan sangat memerlukan mineral temasuk didalamnya badan sangat membutuhkan Fosfor juga Kalsium yang berfungsi untuk:
  • Menormalkan tonus dan kepekaan.
  • Menormalkan fungsi sistem saraf sebagai transmisi saraf.
  • Berfungsi sebagai zat pengaktif enzim (lipase. ATPase).
  • Mempengaruhi proses permeabilitas membran.
  • Sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan memperkuat kondisi tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis pada manula.
  • Berguna bagi metabolisme pada sel aktif dalam tubuh.
  • Bersenyawa dengan P dan Mg membentuk potongan tulang yang keras.
  • Sebagai katalisator dalam darah untuk membentuk trombin dan protrombin.
2. Buah Naga Sumber antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas


Buah naga yaitu sumber antioksidan yang manis dan bisa mencegah kanker lantaran kemampuan dari antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab banyak sekali macam penyakit kanker

3. Mencegah Diabetes
Buah naga bisa mencegah diabetes lantaran kandungan seratnya yang tinggi sanggup menghambat perembesan gula dalam darah dan bisa menurunkan resiko terkena diabetes type 2.

4. Mempertahankan dan meningkatkan sistem Imune Tubuh
Kandungan nutrisi yang manis dalam buah naga secara keseluruhan bisa meningkatkan sistem kekebalan badan sehingga tidak gampang terjangkit penyakit.

5. Mencegah Serangan Jantung dan Penyakit Kardivaskuler dan Hipertensi

6. Sebagai Sumber Tenaga dan Pembangun Sel Tubuh
Kandungan protein dalam buah naga yaitu penting sebagai pembangun sel-sel tubuh, sedangkan karbohidrat dalam buah naga yaitu sumber tenaga.

7. Mencegah Penuaan Dini

8. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

9. Memperkuat Fungsi Sistem Syaraf

10. Untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Itulah 10 alasan mengapa anda wajib mengkonsumsi buah naga untuk menjaga kesehatan dan mencegah banyak sekali macam penyakit berbahaya ibarat diabetes, penyakit jantung, Tekanan darah tinggi, kanker usus dan lain-lain.

Bagaimana cara membudidayakan buah naga yang paling mudah?
Anda bisa membudidayakan tanaman buah naga ini dengan memakai stek batang. Tanaman ini bisa ditanam di Polybag atau pot kalau anda tidak mempunyai lahan yang luas. Syarat utamanya tumbuhan ini butuh tiang penyangga batangnya dengan ketinggian tertentu biar kita gampang dalam merawatnya.

Sebelumnya terlebih dahulu anda harus kenali 3 jenis buah naga dibawah ini:
  1. Buah naga sepesies Hylocereus undatus, yaitu buah naga dengan daging putih akan tumbuh baik pada ketinggian kurang dari 300 mdpl.
  2. Sedangkan buah naga spesies Hylocereus costaricensis, yaitu buah naga dengan daging super merah (super red) tumbuh baik pada ketinggian 0-100mdpl.
  3. Sementara itu buah naga spesies Selenicereus megalanthus, yaitu buah naga dengan kulit kuning, daging putih tanpa sisik, akan tumbuh baik pada tempat masbodoh dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl.
Untuk menanam dilahan sebagai tiangnya anda bisa memakai pipa pralon yang diisi cor semen setinggi kira-kira 1,5 meter atau juga bisa eksklusif memakai tiang cor-coran. Tanam 3 - 4 bibit stek buah naga melingkar pada pipa atau tiang panjat yang telah ditanam dilahan dan ikat tumbuhan dengan kawat melekat pada tiang biar tidak gampang goyang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



Jika tanaman buah naga sudah setinggi tiang maka batangnya akan mulai menjalar kemana-mana, disini diharapkan pemangkasan batang tumbuhan biar tidak terlalu panjang. Pemangkasan juga berfungsi untuk merangsang pembentukan bunga dan buah.

Pemupukan bisa dilakukan secara terencana ibarat kita memupuk tumbuhan lain. Pemupukan terencana dilakukan minimal 2 bulan sekali. Yang perlu diperhatikan yaitu jangan terlalu banyak menunjukkan air pada buah naga lantaran proteksi air yang berlebihan kemungkinan bisa menghambat pembentukan bunga dan buah tetapi hanya akan menumbuhkan semakin banyak cabang. Dalam kondisi panas yang normal tanaman buah naga cukup disiram 5 - 7 hari sekali.

Berikut poin simpel budidaya buah naga:
  • Siapkan Stek Bibit, potong 2 - 3 ruas batang tanaman buah naga yang sudah tua, satu stek bibit bisa maksimal 3 ruas batang.
  • Siapkan Lahan dan Tiang Panjat
  • Siapkan Kompos Sebagai Pupuk dasar
  • Pemupukan rutin 2 bulan Sekali
  • Penyiraman bisa dilakukan 2 - 3 hari sekali kalau kondisi sangat panas, kalau kondisi cuaca normal bisa cukup 5 - 7 hari sekali.
  • Bila perlu lakukan penyulaman atau penggantian tumbuhan yang kurang baik/layu/mati pada 1 ahad semenjak penanaman hingga umur 2 bulan.
  • Jika sudah mulai berbunga, seleksi bunga untuk satu tumbuhan cukup sisakan 5 - 7 tangkai bunga yang paling besar dan jangan biarkan 1 tanamana buah naga mempunyai bungan terlalu banyak lantaran hasil buahnya akan buruk dan kecil-kecil
  • Buah bisa dipanen (sudah matang) biasanya pada umur sekitar 2 bulan semenjak berbunga dengan asumsi berar perbuah yaitu antara 400 - 650 gram. Ciri yang paling terang untuk buah matang yaitu kedua pangkal buah sudah mengkerut atau mengering serta mahkota buah naga telah mengecil dan warna kulit buah menjadi mengkilat dan kemerahan.

Previous
Next Post »

Post a Comment