Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, August 12, 2016

Panduan Cara Gampang Menanam Belimbing Wuluh Di Pot

Cara Menanam Belimbing Wuluh di Pot - Belimbing wuluh merupakan jenis buah belimbing yang banyak dimanfaatkan sebagai materi masakan, buah belimbing wuluh mempunyai rasa yang asam. Buahnya terasa renyah ketika digigit dan mengandung banyak air, selain sebagai materi masakan, buah belimbing wuluh juga sering dikonsumsi eksklusif ketika kondisi segar. Namun biasanya akan dipadukan dengan penggunaan garam atau sambal sebagai petis/rujak.


Buah belimbing wuluh yang mempunyai rasa asam ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : mengobati batuk, mengatasi diabetes, mencegah hipertensi, mengobati sariawan, dan lain sebagainya. Untuk budidaya belimbing wuluh yang benar sanggup dilakukan dengan cara stek batang, anda harus melaksanakan beberapa langkah berikut:
  1. Pilih pohon belimbing wuluh yang telah terbukti berbuah lebat
  2. Potong salah satu batangnya yang tidak terlalu muda dan juga jangan terlalu tua
  3. Rendam batang belimbing wuluh yang dipotong ke dalam larutan perangsang pertumbuhan akar selama 1 malam.
  4. Siapkan media tanam berupa pot besar, isi dengan adonan tanah gembur dan pupuk kandang.
  5. Tancapkan penggalan batang belimbing wuluh eksklusif ke pot
  6. Lakukan penyiraman, serta usahakan penanaman dilakukan awal ekspresi dominan hujan semoga kondisi lingkungan lembab sehingga batang belimbing wuluh tidak kering.
Selain sanggup ditanam di dalam pot, belimbing wuluh biasanya dibudidayakan di halaman rumah. Cara yang dilakukan hampir sama dengan cara menanam belimbing wuluh di pot, hanya saja medianya yuang berbeda. 

Namun sebelum menanam belimbing wuluh eksklusif di tanah halaman rumah sebaiknya lakukan penggemburan terlebih dahulu dengan cara mencangkul. Kemudian berilah pupuk kandang sembari menggemburkan tanah. Setelah final barulah penggalan batang belimbing wuluh yang telah direndam larutan perangsang akar sanggup ditancapkan ke tanah secara langsung.

Itulah beberapa langkah sederhana menanam belimbing wuluh di pot dan juga budidaya belimbing wuluh di halaman rumah yang benar. Belimbing wuluh tidak memerlukan perawatan khusus, cukup lakukan pencucian rumput liar yang tumbuh di sekitar pohonnya. Pohon belimbing wuluh akan menghasilkan buah pada umur sekitar 3 tahun dari penanaman, buah belimbing wuluh tidak mengenal musiman sehingga hampir sepanjang tahun pohon belimbing wuluh akan berbuah.

Previous
Next Post »

Post a Comment