Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, August 12, 2016

Panduan Lengkap Cara Menanam Timun Suri Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Timun Suri Yang Baik dan Benar -Timun Suri atau sering juga disebut timun betik merupakan salah satu tanaman buah dari jenis labu-labuan, buah timun suri banyak dimanfaatkan sebagai materi pembuatan minuman. Buah ini banyak dijumpai terutama pada bulan ramandhan, alasannya ialah banyak masyarakat yang memanfaatkan buah timun suri sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Buah Timun suri bantu-membantu tidak mirip dengan mentimun yang biasa dijumpai, buah timun suri lebih ibarat buah blewah dan melon hanya saja bentuknya lonjong mirip timun.

Timun suri selain segar untuk minuman, ternyata buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari buag timun suri bagi kesehatan diantaranya: Memperlancar pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula, mencegah kanker, menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Untuk membudidayakan Tanaman Timun Suri tidak jauh berbeda dengan cara menanam buah blewah dan juga cara menanam buah melon. Prinsip pengelolaan lahan tanam juga hampir sama. Berikut beberapa langkah cara menanam buah Timun Suri yang mudah.

Menyiapkan Bibit Timun Suri

Bibit Timun suri sanggup diperoleh di kios-kios pertanian, baca dan periksa kemasan bibit dengan benar. Jangan hingga ada kerusakan kemasan dan kadaluarsa.

Periksa juga syarat tumbuh dari Timun Suri yang ada, sesuaikan dengan kondisi di tempat anda. Pada dasarnya tanamannya Timun Suri sanggup tumbuh dengan gampang di semua tempat tropis baik dataran rendah maupun tinggi.

Selain membeli dari kios pertanian, anda juga sanggup menyiapkan benih timun sendiri. Ambil buah timun suri yang benar-benar tua, belah dan ambil bijinya. Jemur biji timun suri pada terik matahari selama 1 hari hingga kering dan lendir-lendir di bijinya hilang. Sebelum ditanam, biji-biji timun suri ini harus direndam dalam air hangat selama 1 malam, semoga mempermudah proses percambahan biji.

Bibit Timun Suri sanggup eksklusif di tanam ke lahan tanam permanen, tapi juga sanggup dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Namun semoga tidak repot sebaiknya biji Timun Suri sanggup eksklusif ditanam ke lahan tanam permanen.   

Menyiapkan Lahan

Lahan tanam harus digemburkan terlebih dahulu memakai bajak atau cangkul, sehabis itu bentuklah bedengan dengan ukuran lebar 80cm dan ketebalan 40 cm. Taburkan pupuk kandang secara merata dan kalau ada jerami sisa panen padi sanggup juga ditebarkan di atas tegalan. Jika anda menginginkan pelatik mulsa, pasanglah pelastik mulsa untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput di area tanam blewah. Biarkan lahan taman selama seminggu sebelum ditanami. 

Buatlah tegalan yang sama dengan jarak 1 meter dari tegalan sebelumnya, hingga semua lahan tamat dibuatkan tegalan. Biarkan lahan tanam yang telah diolah selama 1 ahad semoga tanah lebih stabil dan pupuk kandang tercemapur sempurna. 

Menanam Biji Timun Suri

Seperti halnya menanam kedelai di sawah atau menanam jagung, biji blewah ditanam dengan proteksi tugal (kayu yang diruncingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak 100 cm x 100cm antar lubang tanam. Jika anda memakai pelastik mulsa, maka sebelum menciptakan lubang tanam sebaiknya anda menciptakan lubang pada mulsa terlebih dahulu dengan memakai besi bundar yang dipanaskan.

Masukkan 2 biji timun suri pada setiap lubang, lalu lakukan penutupan dengan memakai tanah dan padatkan dengan menekan memakai kaki. Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal ekspresi dominan penghujan, semoga anda tidak perlu repot untuk melaksanakan penyiraman.

Melakukan Perawatan Tanaman Timun Suri

Lakukan penyulaman maksimal 1 ahad sehabis bibit timun suri sudah tumbuh, hal ini dimaksudkan semoga tumbuhan sulaman tidak tertinggal jauh pertumbuhannya dari yang lain.

Setelah tumbuhan timun suri mulai berbuah, buatlah bantalan untuk buah-buahnya semoga tidak eksklusif melekat dengan tanah. Alas buah sanggup memakai jemari padi yang tamat dipanen atau memakai rumur-rumput yang dicabut dan dikumpulkan. 

Masa Panen Timun Suri

Buah timun suri sanggup dipanen sehabis 3 bulan - 3,5bulan dari penanaman (sekitar 70 hari). Pemanenan dilakukan dengan memotong tangkai buahnya memakai pisau panen.

Setelah dipanen, lakukan pembersihan dengan memakai air bersih. Hal ini betujuan semoga buah timun suri tidak kotor.

Itulah beberapa langkah cara menanam tumbuhan timun suri yang baik dan benar. Selain ditanam di kebun, timun suri juga sanggup dibudidayakan di pot atau polybag dengan setiap polybag ditanami 1 biji timun suri saja. Selain kaya manfaat bagi kesehatan dan lezat untuk minuman, timun suri juga sanggup menghasilkan laba secara finansial. Hal ini dikarenakan undangan timun suri semakin meningkat terutama pada bulan ramadhan atau puasa.

Previous
Next Post »

Post a Comment