Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, August 11, 2016

Sangat Menarik Catat Ya !! Banyak Sekali Jenis Tanaman Unik Pengusir Nyamuk

JENIS TANAMAN PENGUSIR NYAMUK -- Tanaman hias ternyata tidak semata-mata berfungsi mempercantik taman rumah saja. Ada banyak sekali macam kegunaan tanaman hias selain itu antara lain penyerap racun dan Pengusir Nyamuk. Terkadang ketika kita menciptakan taman di rumah kita, lingkungan dipenuhi oleh rimbunnya pepohonan. Rimbun pepohonan di rumah ini menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk bersembunyi. Nah kalau ingin lingkungan rumah anda asri sekaligus bebas dari nyamuk, mungkin anda perlu menanam jenis-jenis tumbuhan yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman Hias pengusir nyamuk bekerjsama banyak sekali, namun yang sangat terkenal ialah bunga lavender. Tanaman hias pengusir nyamuk ada yang bisa ditempatkan di dalam ruangan dan bisa juga ditempatkan pada luar ruangan.

Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Berikut ini ialah jenis-jenis tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai pengusir nyamuk :
1. Tanaman    Lavender
Tanaman Lavender Berfungsi Mengusir Nyamuk

Fungsi tanaman hias  Lavender sebagai pengusirs nyamuk  memang sangat populer. Tanaman  Lavender mempunyai aroma segar dan khas yang berasal dari minyak esensial pada daunnya. Yang menbuat bunga lavender bisa menjadi pengusir nyamuk ialah pada aromanya. Aroma Lavender yang khas ini tidak disukai nyamuk bahkan dibenci,ehingga tidak akan mendekati kawasan yang ditanami lavender. Selain bisa mengusir nyamuk, lavender juga cocok dijadikan tanaman hias alasannya ialah bunganya yang berwarna ungu cerah dan juga ketahanannya di kawasan yang kering.

2. Tanaman Tapak Dara Atau Geranium
Tapak dara Atau Geranium Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Tapak dara atau Geranium ini mengandung geraniol dan sitronelol yang sanggup mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium sanggup dengan gampang terbang memenuhi udara, layaknya pengharum ruangan yang menguap.

Untuk menyebabkan Tanaman Tapak Dara Atau Geranium ini sebagai pengusir nyamuk, bisa ditanam di dalam pot atau eksklusif ditanam di tanah. Tempatkan di tempat yang gampang terkena tiupan angin, ketika daun-daun Geranium bergesakan, aroma zat yang ada di tumbuhan ini akan tercium, menciptakan nyamuk menjauh dari ruangan.

3.  Tanaman   Zodia
Zodia, Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Zodia merupakan tumbuhan Pengusir nyamuk yang habitat aslinya ialah pulau Papua. Tanaman Zodia ini  termasuk ke dalam Rutaceae atau suku jeruk-jerukan. Seperti halnya lavender, zodia juga mempunyai minyak esensial dalam daunnya yang aromanya tidak disukai nyamuk.  Daunnya yang ramping memanjang dan berwarna hijau cerah menyebabkan zodia cocok dijadikan tanaman hias perhiasan kebun.

4.     Rosemary
Rosemary

Daun rosemary kering sering dipakai untuk adonan kuliner Barat alasannya ialah aromanya yang khas. Rosemary mempunyai bentuk meruncing dengan bunga-bunga kecil berwarna putih yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Agar rosemary Anda tumbuh maksimal, pastikan tumbuhan ini menerima sinar matahari secara langsung.

5. Tanaman Akar Wangi
Tanaman ini sanggup mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk Aedes Aegypti. Tanam akar wangi di pekarangan rumah untuk mencicipi manfaatnya. Tanaman akar wangi bisa di tanam eksklusif pada tanah atau bisa juga ditanam di pot.

6. Rosemary
Bunga Rosemary menghasilkan amis menyerupai aroma minyak kayu putih. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk alasannya ialah mengacaukan penciumannya. Tanaman ini sanggup ditanam ke dalam pot atau tanah. Di bersahabat jendela. Untuk pemanfaatannya, ambil daunnya yang berbentuk jarum dan digosokkan ke kulit.

7. Kecombrang
Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera eliator; sinonim Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa) ialah sejenis flora rempah dan merupakan flora tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai materi sayuran. Bunga ini juga sanggup mengusir nyamuk. Nama lainnya ialah kincung (Medan) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa, harga tanaman ini cuma 1500/satuannya.

8. Tanaman Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito, flora yang berasal dari Belanda ini merupakan musuh nyamuk dan serangga alasannya ialah mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Tidak membutuhkan perawatan khusus, tumbuhan ini sangat menyukai sinar matahari dan air yang cukup.

9.  Marigold
Warnanya yang cerah dan bunganya yang gampang tumbuh dengan lebat menciptakan marigold sering dipakai sebagai tanaman hias. Orang Indonesia biasa menyebut marigold sebagai bunga tahi kucing alasannya ialah aromanya yang tidak sedap. Aroma tidak sedap ini ternyata ampuh juga untuk mengusir nyamuk.

10.  Lemon grass Atau Serai Wangi
Serai Wangi, Tanaman Pengusir Nyamuk

Kita mengenal lemon grass atau serai sebagai bumbu penyedap pada masakan. Ternyata, minyak esensial citronellal yang ditemukan dalam daun serai berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami. Tanaman serai ini selain bermanfaat, juga mempunyai bentuk yang unik untuk dijadikan tanaman hias.

11.   Ageratum
Bunga ageratum mempunyai warna biru keunguan yang sangat manis dengan kombinasi merah muda di bab tengahnya. Anda bisa menjadikannya tanaman hias dengan menanamnya dalam pot dan meletakkannya di teras rumah. Bunga ageratum mempunyai kandungan coumarin yang aromanya dibenci nyamuk.

Menanam Tanaman Pengusir nyamuk merupakan cara alami dan sehat dalam mengatasi duduk masalah nyamuk di rumah. Selain bermanfaat menciptakan rumah menjadi asri dan segar menanam jenis tumbuhan pengusir nyamuk membuat nyamuk menjauh dari rumah kita, Kita tidak perlu khawatir nafas menjadi sesak alasannya ialah aroma obat nyamuk.

Previous
Next Post »

Post a Comment