Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Thursday, August 11, 2016

Cara Menciptakan Pupuk Cair Untuk Sayuran Gampang Dan Praktis

Cara Membuat Pupuk Cair untuk Sayuran gampang dan simpel - Pupuk sangkar yakni Salah satu jenis dari pupuk organik. Selain diberikan eksklusif ke tanaman, pupuk jandang juga sanggup dijadikam sebagai pupuk cair.  Kandungan di dalam pupuk kandang menjadijan tumbuhan sehat sebab mengandung nitrogen cukup dan juga sanggup meningkatkan mikroba dalam tanah.

Caranya yaitu:
Tempatkan 1 sekop kotoran ayam, sapi, kambing dan lain-lain ke dalam kantong goni.
Tambahkan juga 2 sendok makan molases/ gula pasir atau gula merah.
Tambahkan Juga 1 sendok makan pupuk urea sebagai sumber nitrogen sebagai pendukung proses dekompisisi kotoran ternak oleh bakteri.
Setelah semua materi di atas telah dimasukkan maka ikat karung goni lalu masukkan dalam baskom dengan volume 5 galon dan isi dengan air.
Biarkan pupuk kandang terurai selama kurang lebih satu minggu, aduk sesekali untuk melepaskan gas yang tebentuk akhir proses fermentasi.
Setelah seminggu maka air didalam wadah sanggup dipakai sebagai pupuk cair untuk tanaman. Sedangkan yang didalam karung goni sanggup di jadikan kompos.
Gunakan pupuk cair ini dengan di campur memakai air dengan perbandingan 1:9, artinya 1 pupuk cair dicampur dengan 9 air bersih. Penggunaanya disiramkan ditanah disekitar tumbuhan setiap seminggu sekali.
Praktis bukan cara buatnya ??
Yul dipraktekim dirumah masing-masing, semoga ketergantungan kita dengan pupuk kimia sanggup berkurang sehingga akan menjaga tanah dari kerusakan dalam jangka panjang.

Sekian artikel memgenai Cara Membuat Pupuk Cair untuk Sayuran gampang dan praktis, semoga bermanfat.

Previous
Next Post »

Post a Comment