Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Sunday, August 14, 2016

Ternyata Daun Karet Kebo Dapat Untuk Mengobati Stroke Alami Lho

Karet Kebo, itulah julukan yang didapat tumbuhan ini oleh orang-orang sekitar. Meskipun ada kata "Kebo" tapi bukan berarti ini tumbuhan yg suka berkubang di kubangan menyerupai binatang "Kebo". Tanaman ini merupakan tumbuhan berdaun besar dan tebal. Daun muda berwarna merah hati sesudah cendekia balig cukup akal menjadi hijau tua, kuncup daun muda tertutup dengan selaput bumbung (ocrea) berbentuk kerucut tajam berwarna merah muda. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Ficus elastica ini mempunyai akar tunggang yang sanggup memperkuat dan mengokohkan badan tumbuhan ini. Selain itu Ficus elastica ini mempunyai akar gantung atau akar udara menyerupai pada tumbuhan satu marganya yaitu Ficus benjamina.

 itulah julukan yang didapat tumbuhan ini oleh orang Ternyata Daun Karet Kebo Bisa untuk Mengobati Stroke Alami Lho
Daun Karet Kebo Bisa untuk Mengobati Stroke
Cara berkembang biak tumbuhan indoor berdaun lebar ficus karet kebo yaitu dengan :
  1. stek khusus (yaitu dengan perlakuan sungkup selama 1 bulan) 
  2. Cangkok, teknik cangkok mempunyai kelebihan akan menghasilkan tumbuhan yang tidak gampang layu, serta daunnya tidak rontok. 

Karet kebo sanggup ditemukan tumbuh liar atau dipelihara sebagai tanaman hias, atau juga ditanam di pot. Ia sanggup ditemukan hingga 500 m dpl. Diyakini, tumbuhan ini berasal dari India.

Karet kebo mempunyai rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa materi kimia terkandung dalam karet kebo diantaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Akar dan kulit kayu mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Daun mengandung saponin, polifenol, dan tanin. Efek farmakologis yang dimilikinya antara lain melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit atau analgentik.

Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat herbal yakni dari akar dan batangnya. Akarnya sanggup dipakai untuk mengobati bisul, maag, amenorrhoea sekunder, dan rematik sendi.

Untuk pengobatan bisul, basuh akar secukupnya hingga bersih, kemudian giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, kemudian bubuhkan di kawasan yang sakit. Pengobatan amenorrhoea sekunder, basuh higienis 40 gram akar karet kebo, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersusa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Untuk pengobatan maag, basuh higienis 35 gram akar karet kebo, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Untuk pengobatan rematik sendi, basuh higienis 30-50 gram akar karet kebo, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Sedangkan untuk pemanfaatan batang, batang tumbuhan disadap hingga keluar getahnya, kemudian getahnya di oleskan pada bab yang sakit, kemudian dibalut kasa pada bab yang luka.

Perbanyakan karet kebo sanggup dilakukan dengan setek batang. Perawatan karet kebo sangat mudah. Tanaman ini hanya perlu disiram secara teratur. Nah, Anda tertarik mengaplikasikannya di rumah? (berbagai sumber)

Kini daun karet kebo ini sudah banyak dipakai orang untuk pengobatan stroke alami dengan cara :
  1. Daun daun karet kebo ini dicincang-cincang kemudian dijemur
  2. setelah dijemur daun karet kebo tersebut dimasak dengan 3 gelas air dengan panci tanah liat ( 3 gelas menjadi 1,5 gelas)
  3. Air rebusan daun karet kebo tersebut diminum 2x rutin selama seminggu 

Previous
Next Post »

Post a Comment